banner-detik

makeup

Gimana Cara Merawat Kelopak Mata Kering?

seo-img-article

KELOPAK MATA KERING 2

Siapa di sini yang juga punya masalah dengan kelopak mata kering seperti saya? Kalau masalah ini lagi kambuh, riasan mata mata saya jadi kelihatan flaky dan berantakan.

Setelah banyak baca dan cari tahu, ternyata banyak juga yang mengalami kelopak mata kering, sampai-sampai kulit kelopak matanya terasa gatal dan parahnya, mengelupas pelan-pelan. Karena itulah saya jadi ingin membahas nih lebih dalam bagaimana sih cara mengatasi kelopak mata kering ini. Kita mulai dari bahas penyebabnya dulu yuk!

Apa sih penyebab kelopak mata kering dan mengelupas?

Tanpa punya masalah ini pun, setiap orang pasti mengalami kulit kering. Tapi jika kelopak mata kamu kering dan mengelupas tergolong yang parah banget, ini pasti dipicu sama hal-hal tertentu, seperti jenis eczema (eksim) seperti dermatitis atopik. Kondisi ini umumnya terjadi karena adanya gangguan pada lapisan kulit luar yang bisa disebabkan karena alergi, atau berada di perubahan suhu yang cukup drastis, udara yang lebih lembab sehingga menimbulkan dry patches, merah, gatal, bersisik. Ditambah lagi, kondisi skin barrier di kelopak mata juga lebih tipis dibandingkan kulit di bagian tubuh dan wajah. Makanya, area mata itu rentan banget sama masalah eczema (eksim). 

KELOPAK MATA KERING 3

Penyebab eksim di kelopak mata yang paling umum, biasanya disebabkan karena alergi dan iritasi. Banyak hal yang kita sentuh bisa dengan mudahnya ditransfer ke kulit mata kita, seperti hal-hal yang nggak kepikiran, misalnya kandungan nikel setelah memegang koin atau menyentuh gagang pintu, atau kandungan akrilat di nail polish kita.

Kalau soal iritasi, kadang juga bisa disebabkan dari riasan mata seperti pigmen di eyeshadow, hairspray, sampai kebiasaan mengucek mata pun bisa jadi salah satu penyebab.

Cara merawat kelopak mata kering dan mengelupas

Jika kamu nggak begitu yakin apa sih penyebab kelopak mata kering, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungi dokter kulit. Dokter akan melakukan beberapa patch test untuk melihat apakah kamu memiliki alergi yang selama ini nggak diketahui. Meski begitu ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk merawat eksim kelopak mata ini, di antaranya:

1. Kurangi perawatan kulit dan pemakaian makeup

KELOPAK MATA KERING 4

Pertama, mulailah dengan menghindari pemakaian produk skincare dan makeup sebanyak mungkin untuk menjaga area kelopak mata tetap bersih dan kering. Gunakan hanya pelembap saja di kelopak mata, bila perlu. Setelah kondisi mata mulai membaik, gunakan skincare atau makeup satu per satu dan jangan sekaligus. Kenapa? Jika suatu saat terjadi iritasi lagi, kamu bisa mengidentifikasi produk apa yang membuat kulit kamu jadi sensitif dan mulai mengeliminasi pemakaian produk tersebut. 

Penting lho untuk “merampingkan” pemakaian eye makeup. Tinjau lagi dengan seksama, apakah kamu perlu pemakaian semua produk mata setiap hari dari mulai primer, eyeshadow, eyeliner hingga maskara. Karena produk-produk ini memiliki bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi dan alergi. 

2. Ganti krim mata dengan ointment untuk sementara waktu

Beberapa krim mata memiliki bahan aktif yang kuat di dalamnya, seperti retinol. Nah, bahan-bahan seperti ini memang bermanfaat untuk mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan, tapi ia juga dapat memperburuk area mata sensitif di beberapa orang, termasuk saya.

Jika saya sedang mengalami kelopak mata kering seperti ini, saya mengganti pemakaian eye cream untuk sementara waktu dengan ointment sederhana seperti Vaseline Petroleum Jelly atau Lucas Papaw.

LUCAS PAPAW OINTMENT 

Selain itu, seorang dermatologis bernama Dr. Zeichner merekomendasikan untuk mencoba salep hidrokortison 1% yang dijual bebas, dua kali sehari selama seminggu. Jika nggak membantu, segera hubungi dokter kulit kamu untuk penanganan lebih lanjut.

3. Setelah mata kamu terasa lebih baik, mulailah lebih selektif memilih produk

Seringkali kita nggak menyadari apa yang mungkin mengiritasi kelopak mata kita atau memicu reaksi alergi. Di sinilah kegunaan patch test yang kamu lakukan di dokter kulit. Kamu akan mengetahui bahan yang perlu kamu hindari penggunaannya mulai saat ini. Mungkin aja ini termasuk bahan-bahan seperti retinoid dan pengelupasan kulit. 

Karena itu yang kamu perlukan saat ini adalah menggunakan bahan-bahan yang melembapkan, menenangkan, dan melembabkan di sekitar mata Anda. Coba Neutrogena Hydro Boost Eye Gel-Cream atau Clinique Moisture Surge Eye 96-Hour Hydro Filler Concentrate.

NEUTROGENA HYDROBOOST GEL CREAM

Oh iya, periksa juga tanggal kadaluwarsa pada produk perawatan kulit dan makeup Anda karena seperti yang terjadi pada beberapa orang, pemakaian produk yang telah melewati tanggal kadaluwarsa lebih mungkin menimbulkan iritasi. Friendly reminder: Produk mata — atau produk apa pun deh — jika sudah mulai terlihat, terasa atau tercium berbeda dari seperti awal pembelian, mungkin saja sudah terkontaminasi atau kadaluwarsa. Lebih baik mahal membeli produk baru yang masih fresh, daripada harus membayar biaya dokter atau perawatan yang pastinya LEBIH MAHAL lagi, kan?

 

Foto: Courtesy of Lucas Papaw, Neutrogena, Freepik.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment