Rekomendasi Toko Online Menjual Produk Ramah Lingkungan

Rekomendasi-Toko-Online-Ramah-Lingkungan

Sebagai February-baby, bulan ini spesial buat saya karena ada hari ulang tahun dan Valentine’s Day. Nah, setiap tahun mantra-nya selalu sama, yaitu ingin menjadi orang yang lebih baik. Namun, tahun ini saya perjelas tujuannya menjadi lebih baik kepada bumi dengan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Untuk itu, sekalian saja berbagi rekomendasi toko online lokal buat kamu yang lagi mencari kado untuk orang tersayang ‑ yang nggak hanya minim sampah tetapi juga unik dan bermanfaat. Psstt, ingat beli yang perlu saja ya!

Demi-Bumi

demibumi

Dengan tampilan website yang user friendly dan visual yang minimalis, Demibumi wajib dikunjungi karena sebagian besar produknya diproduksi sendiri dengan kemasan yang menarik dan ilustrasi kreatif. Contoh: tas jaring katun pengganti plastik sekali pakai untuk belanja buah di supermarket, tisu kain, reusabale cotton pads, sikat gigi bambu dan juga produk hasil upcycle dari bahan sisa industri.

Mengutip dari halaman Tentang Kami, “Demibumi berharap untuk menyebarkan kebaikan kepada orang banyak dan berusaha memberikan solusi untuk mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari.”

Sustaination

SustainShop by Sustaination

Saat berkunjung ke website Sustaination kita akan menemukan banyak koleksi lengkap produk ramah lingkungan dari untuk bayi sampai dewasa, contohnya: bugs repellent spray, natural balm, sikat cuci piring, loofah atau sponge alami, sampai sedotan boba! Kalau kamu tertarik menggunakan menstrual cup, Sustaination juga adalah stockist resmi OrganiCup pertama di Indonesia.

Namun yang menarik tidak hanya menjual produk namun juga memiliki blog yang memuat artikel menarik yang berhubungan dengan climate change dan tips minim sampah. Malah, website ini juga mengajak kita untuk lebih bijak dalam beberlanja dengan tagar #ThinkBeforeYouBuy. Keren!

Zero-Waste-ID

Zero Waste Indonesia

Komunitas zero waste online pertama di Indonesia ini didirikan pada tahun 2018 dengan tujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk menjalani gaya hidup nol sampah (Zero Waste Lifestyle). Pada halaman shop ada banyak kurasi produk minum sampah yang menarik seperti cotton bud dari bambu, masker bubuk natural, sampai yang paling menarik adalah sebuah komposter untuk mengolah sampah organik sendiri di rumah.

Di website ini juga memiliki blog seputar zero waste dan informasi event menarik yang memiliki tema minim sampah, upcycle, sampai kampanye tukar baju sebagai solusi sampah fesyen dan limbah tekstil di Indonesia.

Cleanomic

Cleanomic

Saya baru akhir-akhir ini kenal Cleanomic yang punya misi: to support clean economy & low carbon lifestyle in Indonesia. Selain itu, juga menjual produk perlengkapan rumah ramah lingkungan dan membuka kelas online yang topiknya menarik banget seperti daur ulang minyak jelantah menjadi aromaterapi dan masih banyak lainnya. Duh saya jadi kepingin ikutan nih kalau berbau wewangian!

Produk yang ada dijual di Cleanomic juga sangat beragam, contohnya: ikat rambut, dompet kartu, tempat pensil, yang merupakan hasil upcycle. Nah yang menarik lagi hasil upcycle filter kopi yang dijadikan notebook, this is so cool! Cleanomic juga mempunyai artikel bermanfaat seputar tips dan ajakan untuk mengurangi jejak karbon sampai rekomendasi film tentang lingkungan.

Jujur, saya bangga banget dengan keempat website di atas karena memiliki keunikan masing-masing dan value yang bisa dibagikan kepada pengunjung websitenya jadi bukan sekedar jualan saja. Kalaupun nggak belanja, setiap website ini worth to visit biar dapat pencerahan dalam mengaplikasikan gaya hidup ramah lingkungan.

Jadi, kamu tertarik untuk beli kado di toko online yang mana nih? Yuk, jadi konsumen bijak dengan membeli barang yang benar-benar dibutuhkan.

Happy shopping!

 

Foto: Dok.Female Daily/Ankayama.