beautypedia

Kenalan dengan Allantoin, Ingredient untuk Kulit Kering dan Sensitif

seo-img-article

Ingredient multifungsi ini masih jarang sekali dibahas padahal banyak ditemukan di produk skincare. Kenalan dulu yuk sama Allantoin!

allantoin pada skincare 1

 

 

Kebanyakan dari kita pasti sudah nggak asing dengan ingredients populer seperti Centella asiatica, retinol, Hyaluronic acid, dan beberapa ingredients lainnya. Sebenarnya ada banyak juga lho ingredients dalam produk skincare yang nggak kalah powerful, salah satunya Allantoin. Ingredient satu ini sama sekali nggak baru, bahkan terbilang mudah ditemukan pada produk skincare. Walaupun nggak mendapat spotlight seperti ingredients hits lainnya, ternyata Allantoin ini jagoan banget untuk merawat kulit kering dan bekas luka jerawat.

Allantoin, atau dengan nama lain aluminum dihydroxy allantoinate, sebenarnya secara natural sudah terdapat pada tubuh kita. Tapi saat ini kandungan Allantoin juga bisa ditemukan dari tanaman Comfrey atau dikembangkan secara sintetis di lab. Nah beberapa fungsi dari ingredient Allantoin di antaranya sebagai berikut:

 

 

 

Fungsi paling utamanya adalah menenangkan kulit, makanya kandungan ini sering digunakan di rangkaian skincare khusus kulit eczema, psoriasis, keratosis pilaris hingga kulit yang terdapat luka ringan. Allantoin secara gentle bisa membantu healing alias mengurangi tingkat stres kulit sehingga rasa gatal ataupun sakit bisa mereda. Penggunaannya juga diperbolehkan untuk kulit yang sensitif.

ALLANTOIN - INGREDIENT UNTUK KULIT KERING DAN SENSITIF

Sebenarnya cara kerja Allantoin untuk membantu proses healing kulit didukung oleh fungsi kedua ingredient ini, yakni dengan melepaskan sel kulit mati dan membantu turnover sel kulit baru. Bedanya dengan ingredients exfoliating lainnya, Allantoin sama sekali nggak bersifat abrasif bagi kulit, tapi justru membantu memperbaiki permukaan kulit pasca proses eksfoliasi.

Fungsi selanjutnya yang bikin ingredient ini jadi serba bisa adalah hydrating sekaligus moisturizing. Kalau biasanya kandungan exfoliating bikin kulit kering, Allantoin malah bisa membantu kulit jadi lebih terhidrasi dan lembap. The perfect balance in just one single ingredient!

ALLANTOIN - INGREDIENT UNTUK KULIT KERING DAN SENSITIF 2

Nah, dengan segala kemampuannya, Allantoin biasanya dapat ditemukan pada produk mild exfoliator, moisturizer, hingga scar-healing cream. Secara umum, kandungan ini non-toxic dan non-irritating, jadi cukup aman digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Bahkan seperti yang sudah saya sebutkan juga, ingredient ini cukup aman untuk kita yang punya skin conditions seperti eczema dan yang lainnya. Tapi walaupun relatif aman, tetap disarankan untuk melakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan produk dengan kandungan ini karena ada kemungkinan juga kulit kita bisa mengalami reaksi terhadap Allantoin.

allantoin pada skincare 3

Beberapa rekomendasi produk dengan kandungan Allantoin di antaranya :

  1. Derma-E Scar Gel
  2. Simple Soothing Facial Toner
  3. First Aid Beauty Ultra Repair Cream Intense Cream
  4. Nature Republic Real Comforting Mask Sheet
  5. Somethinc Hyaluronic B5 Serum
  6. Paula’s Choice Clear Extra Strength Acne Fighting Treatment 5% BP
  7. COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

 

ALLANTOIN - INGREDIENT UNTUK KULIT KERING DAN SENSITIF 4

Sebenarnya masih banyak banget lho, produk skincare yang mengandung ingredients Allantoin. Kalau kamu menjagokan ingredient multifungsi satu ini, boleh share pengalamanmu di kolom komentar ya!

 

Foto: Dok. Female Daily, Freepik.com

azaliardn

azaliardn

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment