fitnfab

3 Tips Memilih Sportswear yang Tepat untuk Olahraga Favoritmu

seo-img-article

3 Tips Memilih Sportswear yang Tepat untuk Olahraga Favoritmu

Beda jenis olahraga, beda pula tipe sportswear yang harus kamu kenakan. Supaya nggak salah beli, ikuti tips berikut ini ya untuk memilih sportswear yang tepat.

Di awal tahun, biasanya banyak yang sedang semangat untuk lebih rajin berolahraga. Kalau biasanya kamu menolak diajak lari sepulang dari kantor atau baru lirik-lirik kelas olahraga dari Instagram aja, i think it’s now the right time to finally try the class you’ve been eyeing! Nah biar olahraganya lebih maksimal, jangan lupa untuk memilih sportswear sesuai jenis aktivitas yang kamu pilih. Sportswear atau activewear yang kita kenakan, akan sangat berpengaruh pada performa kita selama berolahraga lho!

Kalau kamu masih bingung cara memilih sportswear seperti apa yang tepat untuk dikenakan, keep reading! Karena saya akan bahas, cara menentukan pakaian olahraga yang sesuai untuk aktivitas kamu! 

Pilih sportswear dengan bahan yang bebas keringat

Sebaiknya, untuk jenis olahraga dengan gerakan intens, pilih jenis bahan baju yang sifatnya moisture-wicking dan sweat-wicking. Bahan dengan teknologi ini, bekerja dengan menarik keringat dan kelembapan dari permukaan kulit, ke permukaan kain sehingga cepat menguap. 

Pakaian dengan bahan cotton, biasanya bersifat menyerap keringat tapi nggak cepat mengering, sehingga bisa terasa berat dan basah. Makanya nggak disarankan untuk mengenakan tipe kain cotton, untuk olahraga yang intense. Sementara untuk tipe olahraga yoga atau pilates, pakaian dengan bahan cotton masih cocok untuk digunakan.

cara memilih sportswear 5

 

cara memilih sportswear 1

Nah, kalau kamu menyukai tipe olahraga dengan gerakan intens dan bikin tubuh bak bermandikan keringat, kamu sebaiknya mencari sportswear dengan kain yang breathable, seperti polypropylene, polyester, lycra, spandex, COOLMAX dan SUPPLEX. Terutama untuk olahraga seperti lari, pound fit, HIIT dan SBZ. Pastikan jenis kain yang dipilih, bisa bikin kita tetap nyaman selama bergerak, ya. Untuk tipe olahraga yang intens, sportswear dengan material rubber-based dan plastic-based is a big no no, jangan sampai kulit tubuh kita jadi iritasi, karena keringat terlalu lama mengendap di pakaian.

cara memilih sportswear 4

Baju olahraga longgar atau skin-fit?

Sama halnya seperti memilih bahan yang tepat, pemilihan bentuk sportswear juga sebaiknya disesuaikan dengan jenis olahraga yang akan kita lakukan. Sebetulnya nggak masalah kok, kalau kita merasa lebih nyaman dengan baju yang longgar dan panjang jika digunakan untuk olahraga yang tepat.

Biasanya sih, untuk olahraga lari atau bersepeda nggak disarankan untuk menggunakan tipe baju dan celana yang baggy, karena ada kemungkinan pakaiannya tersangkut di pedal sepeda atau membuat aktivitas lari jadi terasa lebih berat. Untuk tipe olahraga seperti yoga dan pilates lebih baik memilih activewear yang dengan tipe fitted fabric, namun bersifat stretchy sehingga nggak membatasi gerakan tubuh.

Intinya, wearing the right kit, allows us to focus on our fitness activity, without too much distractions. Kebayang kan kalau pakaian olahraga yang dikenakan, terasa mengganggu karena terlalu sempit atau lengket? Pasti olahraga pun jadi nggak fokus dan ingin cepat-cepat selesai. Nah, biasanya setiap brand akan memberikan informasi, untuk masing-masing sportswear dengan cara menempatkannya di kategori work-out yang spesifik. Hal ini bertujuan untuk membantu kita, supaya nggak salah membeli produk. Misalnya ada legging khusus running atau traininghijab untuk renang, atau sports bra yang bisa digunakan secara general untuk semua aktivitas olahraga.

 

cara memilih sportswear 2

Sportswear fungsional yang tetap fashionable

Selain mencari workout kit yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan olahraga sehari-hari, nggak ada salahnya membeli sportswear yang menurut kita menarik, dan akan terlihat bagus ketika dikenakan. Asalkan pakaiannya nyaman dan kamu memang sudah paham fungsinya, then go for it! We need to look and feel good during workout, supaya jadi semangat untuk lebih rutin berolahraga. 

Kalau kamu punya saran seputar memilih sportswear, boleh ditambahkan di kolom komentar ya. Selamat hunting sportswear

azaliardn

azaliardn

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment