banner-detik

lifestyle

Manfaat Meditasi yang Harus Kamu Tahu

seo-img-article

yoga

Di dunia yang bergerak sangat cepat, terkadang berdiam sejenak dan bermeditasi itu perlu. Berikut adalah beberapa hal tentang meditasi yang perlu kamu ketahui! 

Meditation atau meditasi adalah sesuatu sudah mulai sering di bahas dalam beberapa dekade terakhir. Buat beberapa orang, this is a great escape from daily stress. Tapi, banyak juga yang belum mengerti dan belum terbiasa melakukan meditasi, mostly karena banyak yang belum familiar dengan manfaatnya. So, apa sih sebenernya meditasi? Sama halnya dengan olahraga fisik, ada berbagai macam bentuk meditasi yang perlu kamu ketahui:

Focusing

Essentially, meditasi mendorong kamu untuk memfokuskan pikiranmu dengan cara-cara tertentu. Misalnya berkonsentrasi terhadap keindahan bunga, fokus mendengar sebuah sumber air, atau sekedar fokus mendengar nafas dirimu sendiri ketika inhale atau exhale. Fokus yang kamu lakukan ini bisa meningkatkan daya konsentrasi untuk keperluan sehari-hari, dan membantu kamu jadi jauh lebih relax after a long day at work.

Baca juga: Toxicity di Social Media, Nyata atau Tidak?

Enquiring

Nggak cuma untuk membantumu untuk fokus, meditasi juga bisa menjadi tempat di mana kamu bisa mengumpulkan kesadaran dan melakukan refleksi diri. Terkadang, saking terbawanya oleh kesibukan dan hiruk pikuk kehidupan, kita lupa untuk rewind tentang hal-hal yang mau kita improve, atau bahkan kita ubah. Dari posisi ini, kamu bisa mulai explore ide-ide tentang hidup, meditasi tentang hal-hal yang ingin mulai kamu lakukan, atau sekedar merenungkan lirik lagu yang kamu sukai.

meditation-apps-story-1574283265

Being

Terkadang, meditasi bisa berfokus kepada satu tujuan atau pikiran tertentu, tapi meditasi juga bisa jadi tempat di mana kamu bisa memfokuskan diri untuk berdiam diri, and that’s it! Nggak perlu ada agenda khusus ketika kamu melakukan meditasi. Saat inilah kita memberikan kesempatan bagi diri untuk membiarkan segala pikiran, perasaan, dan naluri negatif yang kita rasakan, perlahan-lahan menghilang. Salah satu cara yang tepat untuk sekedar bernafas, dan beristirahat sejenak dari segala macam bentuk stress yang ada.

Key of Meditation

Poin paling penting yang harus dilakukan ketika kamu ingin mulai meditasi adalah: discover all you want. Dengan mindset seperti ini, kamu bisa menemukan banyak kesempatan dan manfaat-manfaat tak terduga dari meditasi. Jadi, berdasarkan apa yang sudah kita bahas di atas, ada 3 macam jenis meditasi. Meditasi untuk menginspirasi, meditasi untuk fokus, dan meditasi untuk ketenangan. Each are for you to discover. 

Baca juga: Beautypedia: Flavonoid, Pelindung Kulit dari Efek Sinar UV

History of Meditation

Menurut para arkeologis, meditasi sudah ditemukan dari sejak ribuan tahun yang lalu, tepatnya 5000 hingga 3500 tahun sebelum Masehi. Awal mulanya ditemukan oleh para Buddhist di India, Taoist di China, Persia, dan Jepang, sebelum mereka hadir ke bagian Barat bumi. Tapi, seiring berkembangnya zaman, meditasi sudah menjadi bagian dari lifestyle atau gaya hidup. Kamu nggak perlu menganut kepercayaan seperti Buddhist atau Hindu untuk bisa melakukan meditasi. Kita bisa buat aturan tersendiri dalam bermeditasi, as long as you find it true with your own way of living.

yoga

Baca juga: Rahasia Penampilan Awet Muda ala Gwen Stefani

Science of Meditation

Last, mari kita bahas tentang meditasi dari segi ilmiah. Beberapa tahun terakhir, ada beberapa macam penelitian ilmiah yang membahas tentang mindfulnessMindfulness adalah sebuah kondisi yang melibatkan perhatian khusus terhadap keadaan di sekitar kita, salah satunya dengan cara bermeditasi. Sebuah penelitian neuroscience menyatakan bahwa kegiatan-kegiatan mindfulness bisa membawa perubahan signifikan pada kerja otak, mengurangi anxiety dan ketakutan, meningkatkan rasa kasih sayang, serta meningkatkan kemampuan kognitif dan kreativitas. Jadi, manfaat dari meditasi sudah diteliti secara ilmiah, dan nggak diragukan lagi manfaatnya, lho!

So, gimana menurut kamu? Kalau kamu sudah merasa terlalu occupied dengan pekerjaan, bahkan merasa stress karenanya, i think you should try meditating! Kamu akan melihat banyak perubahan yang terjadi seusai bermeditasi. Terkadang, kita perlu berhenti sejenak, untuk berjalan lebih jauh.

Selamat mencoba!

 

Foto: Dok. Female Daily/Bobby Firnanda, Freepik.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment