Sejarah Hair Styling Tools Dari Masa Ke Masa

Catokan

Di zaman serba modern ini, kayaknya istilah bad hair day udah nggak relevan lagi. Sejak lahir dan berkembangnya berbagai hair styling tools, rambut kalian bisa tetap outstanding setiap hari.

 

Dewasa ini, banyak banget variasi hair tools yang bisa kita pilih-pilih sesuai kebutuhan dan kualitas. Bahkan hair tools kini sudah dilengkapi dengan teknologi mutakhir yang memungkinkan aktivitas styling dengan menyebabkan kerusakan yang minimal.

Baca juga: Gimana Cara Merawat Rambut yang Sering Dicatok?

Tahu nggak sih, ternyata catokan bukanlah barang baru, lho. Kebiasaan menata rambut dengan bantuan logam panas sebetulnya sudah populer sejak zaman Babilonia, Yunani dan Mesir kuno sebagai penanda status sosial. Namun hair tools modern mulai populer di kalangan umum sejak abad ke-19.

Penasaran gimana sejarahnya awal dari perkembangan catokan dan curling iron elektrik yang kita pakai sekarang?

Abad ke-19

Foto: Wikipedia & genealogylady.net

Foto: Wikipedia & genealogylady.net

Pada tahun 1872, cikal bakal catokan modern pertama kali ditemukan dan digunakan. Marcel Greatau, a.k.a. Francois Marcel Grateau, seorang pria berkebangsaan Prancis memperkenalkan catokan pertama di dunia. Alat styling rambut pertama ini terbuat dari batang besi yang dipanaskan dengan alat pembakaran gas. Bentuknya konkav di satu sisi dan konvex di sisi lainnya. Mirip dengan curling iron modern.

Alat ciptaannya ini disebut juga dengan hair tong. Inovasinya membuat Greatau menjadi icon hair dressing yang mendunia. Ia pula lah yang melahirkan tren wavy hair pada zamannya yang dinamai “Marcel Wave” atau teknik Marcelling.

Sayangnya alat ini masih jauh dari kata aman, sehingga hair tong hanya boleh dioperasikan oleh profesional. Selain itu, hair tong juga banyak menyebabkan kerusakan rambut pada pemakainya. Bahaya banget kan, jika hair tong yang super panas mengenai kulit kepala? Ouch!

 Baca juga: Rekomendasi Catokan High End

Awal Abad ke-20

Inovasi hair tool terus berkembang.  Pada tahun 1909, Issac K. Shero mematenkan pelurus rambut yang terbuat dari dua pelat logam yang digunakan dengan cara dipanaskan dan dijepit/ditekankan ke rambut. Mirip dengan catokan modern yang umum kita gunakan. 

Masih di abad ke-20, Simon E. Monroe menciptakan alat pelurus rambut yang berbentuk seperti sisir logam. Pada tahun 1960 Simon E. Monroe pun mematenkan pelurus rambut ciptaannya.  

Ciptaan Monroe ini jadi cikal bakal electric comb yang banyak dipakai di era modern ini.  Namun, tentu saja sisir logam buatan Monroe ini nggak secanggih sisir elektrik yang kita kenal sekarang. Logam yang masih dipanaskan secara manual ini tentunya nggak bebas dari risiko kerusakan rambut dan luka bakar. 

Beberapa literatur menyebutkan pula bahwa alat catok pertama ditemukan oleh seorang lady berkebangsaan Skotlandia, Lady Jennifer Bell Schofield, pada tahun 1912. Lady Schofield diketahui terobsesi dengan gaya rambut yang berbeda dari tren rambut curly pada masa itu, dan kemudian menciptakan pelurus rambut. 

Namun, menurut penelurusan Racked, sama sekali tidak ditemukan catatan sejarah baik paten maupun informasi pribadi tentang Schofield. Penemu flat iron sesungguhnya, justru dilaporkan sebagai wanita asal Indianapolis, Ada Harris, yang telah mematenkan pelurus rambut versinya sejak tahun 1859. Sayangnya, temuannya ini nggak membawa namanya se-famous Marcel Greatau, bahkan ia nyaris terlupakan dari sejarah.

Foto: Freepik

Foto: Freepik

Maraknya penemuan hair tools di abad ini nggak membuat sembarangan orang pada masa itu mengakses alat-alat tersebut. Kebanyakan hair tools yang dipatenkan tersebut masih tersedia terbatas atau hanya diperbolehkan untuk digunakan oleh profesional saja. Makanya, pada tahun 1950-an berkembang tren meluruskan rambut dengan menggunakan seterika baju dikalangan wanita.

 

Ab2ad ke-21

Lucky for us, yang hidup di abad ke-21 ini. Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan, khususnya elektronik sudah giat melakukan pemutakhiran teknologi pada hair tools, diantaranya termasuk masalah keselamatan dan kualitas.

Di abad ke-21 ini, mulai berkembang styling tools elektrik yang bahkan menggunakan pelat yang terbuat dari keramik dan titanium. Dibandingkan pelat besi biasa, keramik dan titanium dinilai lebih aman karena dapat menahan kelembapan pada rambut saat dipanaskan.

Baca juga: Wajib Tahu: 3 Jenis Plat Alat Catok Rambut

Apa lagi, hair tools modern ini dilengkapi dengan kemampuan kontrol temperatur, sehingga kita nggak perlu khawatir lagi rambut bakak gosong! Nggak cuma flat iron atau catokan saja, hair tong modern, atau yang kita kenal sebagai curling iron atau hair wand, dan electric brush atau sisir elektrik pun, dewasa ini sudah jadi hair tools yang ramah untuk digunakan secara personal.

Di masa ini kita dapat menikmati kebebasan menata rambut dengan hair tools yang dijual bebas di pasaran dengan harga yang beragam dengan harga yang terjangkau, serta bebas dari rasa khawatir tentang kesehatan rambut.

 

Kira-kira, penasaran nggak sih di masa depan hair tools akan jadi secanggih apa?