Olaplex Ternyata Bukan Hanya untuk Rambut Diwarnai Lho!

olaplex family

 

Di akhir 2019, saya dikejutkan dengan masuknya Olaplex ke retail Sephora, terutama Sephora SEA. Bukannya produk ini adalah produk professional yang ditujukan hanya untuk rambut yang rusak dan dicat? 

 

Rasa penasaran saya makin muncul karena Olaplex kini memiliki begitu banyak varian hingga No.7. Padahal setahu saya sih, Olaplex hanya memiliki No.1 Bond Multiplier, No. 2 Bold Perfector, dan No.3 Hair Perfector dan hanya bisa digunakan di salon profesional seperti yang dilakukan Kak Ochell di artikel ini. Ternyata, setelah diperhatikan, brand yang memiliki motto: “rebuild broken bonds” ini memiliki klaim untuk memperbaiki ikatan molekular pada rambut yang rusak akibat proses kimiawi, termal, dan mekanikal, melindungi rambut dari kerusakan, dan memperkuat helai rambut. Nah, berarti Olaplex dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat catokan dan penggunaan ikatan rambut yang terlalu kasar dong?

Yup, saat ini Olaplex memiliki beberapa jenis produk yang dapat kamu dapatkan di Sephora SEA dan digunakan di rumah. Yuk, kenalan dengan jenis produk-produk Olaplex agar kamu tahu manfaatnya satu persatu!

Olaplex No.1 Bond Multiplier

olaplex1

Produk ini berisi konsentrat berbasis air dari bis-aminopropyl diglycol dimaleate yang diaplikasikan pada bleacher dan pewarna rambut. Namun, salon profesional lebih suka mengaplikasikannya langsung ke rambut untuk membantu mencegah terjadinya kerusakan rambut dan memperbaiki rambut yang rusak akibat proses kiwiawi seperti bleach, smoothing, dan perm. Salah satu alasan Olaplex No.1 tidak dijual bebas ke konsumen adalah untuk mencegah penyalahgunaan bleaching, sehingga untuk melakukan bleaching sebaiknya kamu ke salon profesional untuk meminimalisir kerusakan.

Olaplex No. 2 Bond Perfector 

olaplex 2

Nah, produk yang satu ini digunakan sesaat setelah produk kimiawi dibersihkan dari rambut dan dibiarkan selama 20 menit. Kebanyakan orang akan merasa rambutnya terasa kering, maka akan ditambahkan kondisioner untuk membantu memberikan rasa lembut. Hal ini disebabkan karena No. 2 Bond Perfector mengandung banyak protein yang kemudian mengembalikan ikatan rambut yang rusak untuk rambut yang kuat, sehat, dan berkilau.

Olaplex No. 3 Hair Perfector 

olaplex 3

Dulunya, produk ini juga hanya bisa didapatkan di salon profesional dan dapat dibawa pulang untuk membantu membuat rambut lebih lembut. Kini, Olaplex No.3 dapat dibeli dengan bebas di ritel. Oh iya, produk ini bukan conditioner ya! Produk ini lebih mirip seperti hair mask intensif yang dapat mengurangi kerusakan rambut dan membuat rambut lebih kuat. Cara penggunaannya cukup mudah, aplikasikan pada rambut yang lembap sebelum berkeramas dan didiamkan minimal 10 menit. Ada yang bilang semakin lama semakin bagus, hingga ada yang membiarkannya semalam suntuk untuk hasil yang maksimal. Saya sih menyarankan setidaknya 30 menit saja untuk hasil yang optimal.

Olaplex No.4 Bond Maintenance Shampoo

olaplex4

Tidak mau melewatkan kesempatan, Olaplex juga hadir dalam bentuk perawatan harian yaitu shampoo. Olaplex No. 4 sendiri mengklaim mampu melindungi dan memperbaiki rambut yang rusak, rambut bercabang, frizziness dengan cara menyambungkan kembali ikatan yang rusak. Shampoo yang sangat melembapkan ini akan membuat rambut lebih mudah diatur, berkilau, dan sehat setiap kali digunakan.

Olaplex No.5 Bond Maintenance Conditioner

olaplex 5

Melanjutkan penggunaan shampoo, Olaplex juga mengeluarkan No. 5 Bond Maintenance Conditioner yang juga melindungi dan memperbaiki rambut yang rusak. Hanya saja, conditioner lebih terfokus di melembapkan rambut dan memberikan kilau alami pada rambut. Banyak review yang mengatakan bahwa conditioner ini membantu mengembalikan kilau rambut yang hilang akibat perawatan kimiawi dan termal, tanpa membuat rambut menjadi lepek.

Olaplex No. 6 Bond Smoother 

olaplex 6

Leave-in conditioner ini bekerja sebagai krim penata yang juga mampu mengurangi frizz, melembapkan, dan melindungi rambut hingga 72 jam tanpa membuatnya lepek. Ternyata formula high-concentrated ini juga mampu melindungi rambut yang di-blow dry lho. Sudah pasti leave-in conditioner ini masuk ke wishlist saya si pemilik rambut singa!

Olaplex No.7 Bonding Oil 

olaplex 7

Hampir mirip seperti Olaplex No.6, minyak pelembap rambut ini mampu memberikan kilau, kelembutan, dan membuat warna rambut lebih ‘hidup’. Selain itu juga mampu mengurangi anak rambut yang terbang dan melindungi rambut dari panas hingga 230 derajat! Sebenarnya keduanya hampir mirip, tinggal kamu sesuaikan saja sesuai kebutuhan: No.6 untuk rambut yang banyak anak rambut atau No. 7 untuk rambut yang sering dicatok dan terlihat kering.

Oh iya, Olaplex juga bebas dari silicone, sulfates, phthalates, DEA, aldehydes, dan cruelty-free! Memang sih masih ada kandungan fragrance, tapi Olaplex did a great job of their formulations! Olaplex juga mengatakan bahwa semakin sering menggunakan Olaplex, semakin mudah rambutmu menjadi familiar. Think Olaplex like gym session for your hair. The more you do it, the better it will be.

Tentunya kamu butuh memahami kebutuhan rambutmu dengan produk Olaplex yang akan kamu gunakan, karena Olaplex berbeda dengan perawatan rambut biasa. Saya sendiri menyarankan untuk mencoba Olaplex No. 3 dan No. 6 untuk penggunaan sehari-hari, terutama bagi kamu yang mengecat rambut, mencatok rambut setiap hari, bahkan bagi ibu-ibu yang rambutnya rentan kusut akibat ditarik-tarik si kecil. Kamu sudah coba Olaplex belum? Kalau sudah, share pengalaman kamu di kolom komen di bawah ya!

 

Foto: Courtesy of Olaplex.com.