Olahraga Bikin Jerawat di Punggung Makin Parah? Ini Tips Mengatasinya!

JERAWAT DI PUNGGUNG KARENA SUKA OLAHRAGA 1

Meskipun hormon dan faktor genetik juga berperan dengan munculnya masalah ini, namun beberapa langkah ini bisa kamu coba untuk mengatasi jerawat di punggung saat olahraga. 

Kalau kamu cukup sering aktif olahraga, kamu pasti tahu masalah jerawat juga sama halnya dengan otot, bisa mudah bertambah. Hehehe… Siapa di sini yang mengalami masalah ini juga? Senasib ya kita! Nggak apa-apa kok, makanya saya mau bahas di sini.

Bacne sebutan populernya, alias back acne a.k.a. jerawat di punggung, merupakan benjolan yang terasa nyeri ketika kamu menggunakan pakaian seperti tank top ketat atau baju renang. Apalagi buat pemilik kulit acne-prone, kamu pasti udah biasa menghadapi break out wajah, dada ataupun punggung dalam waktu bersamaan. Meskipun hormon dan faktor genetik juga berperan dengan munculnya masalah ini, namun beberapa langkah ini bisa kamu coba untuk mengatasi jerawat di punggung saat olahraga. 

Apa penyebab jerawat punggung?

JERAWAT DI PUNGGUNG KARENA SUKA OLAHRAGA 3 - 550

Sebelum membahasnya lebih dalam, kita belajar dulu yuk kenapa sih bacne ini muncul? Menurut Joshua Zeichner, seorang dokter kulit bersertifikat di New York city, faktor penyebab jerawat di punggung muncul ternyata sama aja kayak jerawat yang ada di wajah. Ia bisa disebabkan dari sel kulit yang menyumbat folikel kulit sehingga mengakumulasi jumlah minyak dan pertumbuhan bakteri. Secara kolektif ini dapat menyebabkan peradangan di pori-pori, atau yang kita sebut dengan jerawat. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Produk untuk Atasi Jerawat Punggung

Nah, parahnya, sesi workout yang berkeringat bisa membuat hal tersebut terjadi. Keringat itu secara nggak langsung berhubungan dengan jerawat, lho. Apalagi jika keringat kamu berlebih, ini bisa menjebak kotoran dan minyak yang menyebabkan peradangan dan terjadi jerawat. Sudah begitu, posisinya yang sulit dijangkau pakai tangan pun bikin kamu tambah malas lagi kan untuk merawatnya? 

Trik mencegah jerawat punggung

Pilih pakaian olahraga yang tepat

JERAWAT DI PUNGGUNG KARENA SUKA OLAHRAGA 2

Carilah material busana olahraga yang mudah menyerap keringat dan bisa mengunci kelembapan dalam waktu lama, seperti bahan dry fit yang cukup populer di kalangan bahan jersey olahraga karena kemampuan penyerapannya yang tinggi. 

Tanggalkan pakaian olahraga segera setelah selesai olahraga

Keringat dan bakteri dapat menyumbat pori-pori dan membuat kamu lebih rentan berjerawat. Nggak cuma saat olahraga saja, bahkan jika kamu mengenakan ransel yang berat dan berkeringat ketika memakainya, punggung kamu bisa jadi gampang berjerawat. Nah, gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat ya. 

Langsung mandi setelah olahraga

JERAWAT DI PUNGGUNG KARENA SUKA OLAHRAGA 4

Kenapa? Karena mandi cepat membantu kamu menghilangkan keringat, kotoran, dan minyak dari kulit. Jika fasilitas olahraga kamu nggak menyediakan kamar mandi, tenang, kamu bisa menggunakan handuk basah untuk membilas kulit yang berkeringat. 

Coba pembersih yang mengandung salicylic acid

Salicylic acid adalah beta hydroxy acid yang dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dan mengelupas sel-sel mati dari permukaan kulit dan menjaga pori-pori kulit kamu tetap bersih. Banyak brand yang menawarkan pembersih yang dirancang khusus untuk seluruh tubuh. Selain itu kamu mungkin perlu berinvestasi juga pada spons mandi yang didesain dengan gagang panjang untuk bisa menggosok area-area yang sulit dijangkau. 

Gunakan produk dengan kandungan benzoyl peroxide

JERAWAT DI PUNGGUNG KARENA SUKA OLAHRAGA 5

Jika kulit kamu jadi memerah, berjerawat, gunakan produk dengan kandungan benzoyl peroxide yang dapat menurunkan kadar bakteri penyebab jerawat, mengobati jerawat dan mencegah berkembangnya jerawat baru. Produk yang saya rekomendasikan adalah: Peter Thomas Roth Acne Face and Body Scrub dan Neutrogena Body Clear Acne Body Wash.

Cek ke dokter kulit segera

Jerawat di punggung bisa meninggalkan jaringan parut permanen, lho. Oleh sebab itu segera kunjungi dokter kulit jika masalah ini nggak kunjung berhenti dan kamu mendapatkan perawatan efektif jika pengobatan di rumah tidak berhasil.

Semoga jerawat di punggungmu cepat teratasi ya!

 

Foto: Courtesy of Peter Thomas Roth, Neutrogena, Freepik.com