banner-detik

uncategorized

5 hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Piercing

seo-img-article

piercing telinga

Kepikiran ingin menambah piercing? Berikut adalah 5 hal yang harus kamu tahu sebelumnya.

Sejak awal tahun 2019 lalu, saya hanya punya dua lubang anting di lower earlobe, namun kemudian saya mengumpulkan keberanian untuk menambah dua lubang baru. Untuk penambahan dua lubang baru ini, saya memutuskan untuk ke D’Paris, satu tempat legend untuk proses piercing. Awalnya saya hanya ingin menambah 2 lubang piercing saja, tapi pertahanan diri lemah, dan akhirnya saya pulang dengan 3 lubang piercing, di area upper lobe. 

Rasanya? Buat saya yang memiliki pain tolerance di level sedang, hahahaha (terjepit aja saya teriak heboh), saat jarum  ditusukkan ke telinga, saya sih nggak merasakan sakit yang gimana-gimana. Hanya, rasa sakit yang lumayan terasa itu, ketika anting mulai dimasukkan dan saat jarum itu dicabut. Setelah tahap ini sebenarnya sudah nggak merasakan sakit sih, hanya kuping menjadi merah dan terasa panas. 

Baca juga : Tren Piercing yang Kembali Populer

Nggak sampai dua minggu sejak piercing pertama, saya memutuskan untuk menambah piercing di area helix. Rasanya? Nggak jauh berbeda seperti yang sebelumnya, kok. Banyak orang yang mengira di area ini jauh lebih sakit, tapi bagi saya rasanya sakit dan panasnya tetap sama. Dua minggu setelah itu, saya tambah lagi, haha! Kali ini di area tragus kanan. Dan seminggu berselang, saya satu piercing lagi di orbital kanan. Alhasil, dalam waktu sebulan saya punya 6 lubang anting baru. 

Tahu nggak, kenapa saya sengaja bikin dalam waktu yang berdekatan? Perawatan setelah piercing itu, lebih memakan waktu banget dibandingkan rasa sakit ketika piercing. Untuk satu lubang di upper earlobe saja, baru akan bisa sembuh sempurna dalam waktu 2 minggu. Tapi untuk kasus saya, sebulan saja belum sembuh betul.

 

Nah, siapa tahu ada dari di antara kalian yang lagi pingin piercing dalam waktu dekat, kali ini saya mau share, beberapa hal yang perlu kalian tahu, sebelum melakukannya: 

piercing telinga

Siap-siap Nyeri Setelahnya

Tergantung di mana letak piercing kamu. Tapi kamu harus siap-siap untuk ngorbanin posisi tidur kamu selama beberapa hari ke depan. Kalo di kasus saya sih, untuk di bagian helix, saya merasakan sakit banget saat tidur selama 2 minggu. Bahkan sampai saat ini (9 bulan setelah piercing pun), saya masih suka merasakan ngilu kalau berbaring menindih piercing tersebut.  

Luka tindik butuh waktu lama untuk sembuh

Pertimbangkan deh, apakah ada kewajiban yang perlu kamu lakukan di beberapa waktu ke depan. Setiap piercing butuh waktu berbulan-bulan untuk sembuh total. Apakah kamu salah satu dari tim olahraga, tim paskibra,tim seni, atau pekerjaan kamu nggak mengizinkan kamu, untuk punya piercing lebih dari dua? Pikirkan lagi deh. Soalnya jika kamu mencabut anting sebelum keadaannya benar-benar sembuh, ini bisa berisiko menimbulkan luka hingga keloid. 

Waktu yang dibutuhkan untuk piercing bisa sembuh total berbeda-beda. Lagi-lagi tergantung, kamu piercing pada area mana. Untuk area earlobe, mungkin akan sembuh dalam waktu 1 bulan, tapi untuk area tulang lunak, butuh 9 hingga 1 tahun utnuk sembuh dengan sempurna. 

Perlengkapan pembersih 

Piercing baru, perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah terjadinya infeksi. Produk yang dibutuhkan hanya  air garam atau air infus. Selain untuk membersihkan, kedua produk ini berfungsi untuk mengurangi efek bengkak pada area piercing kita.

Perbedaan antara keloid dan infeksi

Pertama kali area orbital saya ditusuk, saya mengalami benjolan kecil di bagian belakang anting. Benjolan ini, selain bikin nggak nyaman juga nggak enak dilihat karena ia merah dan mengilap warnanya. Saya pikir itu infeksi, jadi saya kembali deh, ke tempat piercing dan ternyata benjolan ini adalah darah kotor yang tersumbat. Akhirnya di sana, benjolan ini di pencet, untuk mengeluarkan darah yang tersumbat tadi.

Namun, banyak kejadian luka piercing yang nggak dirawat dan dibersihkan dengan benar, bisa menyebabkan keloid (yang umumnya muncul tanpa rasa sakit). Kalau ini kamu alami, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter kulit agar mendapatkan penanganan segera.

Gimana, apakah kamu mau mencoba piercing telinga? Asalkan kamu sabar dan rela mengorbankan waktu untuk pemulihan sih, worth it bangetSaran saya, lebih baik kamu bikin beberapa lubang sekaligus supaya sakitnya dan penyembuhannya bisa terakumulasi dan dilakukan bersamaan. Good luck!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment