dryness

Pilihan Produk untuk Mengatasi Tekstur Kulit Akibat Keratosis Pilaris

seo-img-article

Cara Mengatasi Keratosis Pilaris, Bercak Merah Pada Kulit

Walaupun bisa hilang dengan sendirinya, rasanya nggak pede ya, kalau kulit bertekstur karena keratosis pilaris. Berikut ini rangkaian produk yang bisa membantu mengurangi tampilan keratosis pilaris pada kulit.

Beberapa bulan belakangan ini, saya merasakan tekstur kulit di bagian tangan saya menjadi aneh. Kasar dan berbintik di bagian pori-pori tempat folikel rambut berada. Saya baru tahu, kalau kondisi kulit yang saya alami biasa dikenal dengan nama keratosis pilaris atau penyakit kulit ayam.

Di Skincare 101, sudah pernah ada tentang keratosis pilaris yang dibahas bersama dokter kulit. Secara singkat, keratosis pilaris ini sebenarnya bukan penyakit yang mengganggu sih, karena nggak menimbulkan rasa perih, gatal ataupun kemerahan yang berlebihan. Kondisi kulit ini terjadi akibat penumpukan keratin atau protein padat yang fungsinya melindungi lapisan kulit. Keratin ini menebal di bagian permukaan kulit, di mana terdapat folikel rambut sehingga lubang pori menjadi tersumbat.

Kenapa hal ini bisa terjadi pun, belum diketahui dengan jelas. Tapi biasanya sih, keratosis pilaris,  banyak dialami karena faktor genetik dan berkaitan dengan kondisi kulit lainnya seperti, eksim yang memang sudah sempat saya alami dua tahun yang lalu. 

Pada kasus saya, keratosis pilaris muncul pada cukup banyak daerah kulit di tangan dan kaki. Kalau diingat-ingat, pemicu timbulnya keratosis pilaris pada saya, karena cuaca dingin dan udara yang cenderung kering. Tapi saya juga harus mengakui, kalau saya pun terlalu sering mandi menggunakan air panas dan lupa menggunakan body lotion. Kebayang lah ya, gimana keringnya kulit dalam kondisi seperti itu?

Di artikel ini saya coba share beberapa produk body care yang saya gunakan untuk perlahan mengurangi tampilan keratosis pilaris pada kulit : 

Sabun mandi yang lembut dan mengandung mild exfoliant

Serupa dengan perawatan saat mandi untuk kulit eksim, sabun mandi yang boleh digunakan adalah sabun mandi lembut yang nggak mengandung zat yang berpotensi menjadi iritan untuk kulit. Sebaiknya hindari dulu sabun dengan kandungan antibakterial, alkohol, parfum ataupun kandungan aktif lainnya. Biasanya saya menggunakan sabun dengan kandungan melembabkan seperti : Leivy Double Moisturising Shower Cream Goat’s Milk, Lervia Shower Cream Milk and Avocado, atau The Body Shop Wild Argan Oil Shower Gel.

sabun untuk keratosis pilaris

Sebagai selingan, kamu juga bisa menggunakan sabun dengan mild exfoliant atau body scrub yang mengandung partikel scrub yang kecil untuk membantu meluruhkan tumpukan keratin. Penggunaannya cukup dua kali seminggu dan jangan menggosok terlalu kasar. Jangan sampai kulit kita malah terluka. 

exfoliant untuk keratosis pilaris

Rekomendasi produk yang bisa digunakan di antaranya : Aveeno Positively Radiant Exfoliating Body Wash, CeraVe Salicylic Acid Body Wash, Wardah Soft Body Scrub with Strawberry, Kojie San Skin Lightening Soap Kojic Acid atau St. Ives Smooth & Glow Apricot Exfoliating Body Wash.

Pelembab oil-based yang tebal

Sebagai pertolongan pertama untuk kulit keratosis pilaris, pelembab heavy duty jadi salah satu yang wajib kamu miliki. Kamu juga harus lebih memperhatikan tipe pelembab yang kamu gunakan dan mengganti pelembab water-based menjadi pelembab yang oil-based. Karena pelembab dengan bahan dasar oil lebih bisa menahan kadar kelembaban di kulit dibanding yang bersifat water-based. Selain itu mungkin kamu juga harus lebih sering mengaplikasikan pelembab di kulit. Misalnya setelah mandi, di siang hari jika berada di ruangan ber-AC, dan malam hari menjelang tidur.

pelembab untuk keratosis pilaris

Beberapa rekomendasi produk pelembab yang sesuai untuk tugas ini adalah : Bio Oil Dry Skin Gel, Avene Eau Thermale XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cream, Original Source Vanilla & Raspberry Rapidly Moisturizing Body Oil atau The Body Shop Wild Argan Oil Body Lotion.

Produk anti-inflamasi untuk mengatasi kemerahan

Pada beberapa orang, keratosis pilaris bisa menimbulkan kemerahan dan bikin kulit jadi nggak nyaman. Atau seperti yang saya alami, sering kali perasaan gatal muncul karena permukaan kulit yang terlalu kering. Untuk berjaga-jaga sebaiknya selalu sedia skincare dengan ingredients yang sifatnya soothing dan anti-inflamasi seperti Calendula, Centella Asiatica, Chamomile, atau Aloe Vera.

produk soothing untuk keratosis pilaris

Produk dengan bahan tersebut yang bisa kamu coba misalnya : St. Ives Naturally Soothing Body Lotion, The Body Shop Almond Milk & Honey Soothing and Restoring Body Lotion, dan Vaseline Intensive Care Aloe Soothing Lotion

Selain perawatan menggunakan produk yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya hindari udara yang terlalu dingin dan kering, ataupun mandi dengan air panas terlalu lama agar kondisi kulit keratosis pilaris nggak semakin memburuk.

Jika kamu memang butuh treatment khusus, sesuai yang disampaikan dr. Arini kamu bisa mencoba datang ke klinik untuk melakukan mikrodermabrasi, chemical peeling, laser peeling, ataupun hair removal treatment untuk membantu mengurangi keratosis pilaris. Selamat mencoba!

azaliardn

azaliardn

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment