banner-detik

toners mists

7 Rekomendasi Toner untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

seo-img-article

TONER UNTUK KULIT BERMINYAK DAN BERJERAWAT 2

Benar nggak sih, kulit berminyak dan berjerawat harus pakai toner dengan banyak active ingredients? 

Selain mengembalikan pH kulit setelah proses mencuci muka, produk toner dalam skincare routine juga membantu mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah dan mencegah tersumbatnya pori-pori. Beberapa toner juga bisa berfungsi sebagai humektan, penyegar kulit, sekaligus baik untuk menjaga kekuatan skin barrier lho. 

Tapi ternyata, kebanyakan orang dengan kulit oily dan acne-prone menggunakan produk yang terlalu mengiritasi kulit dengan kandungan alkohol dan actives lainnya yang justru menimbulkan masalah baru : breakouts dan kulit iritasi. Padahal kulit berminyak dan berjerawat tetap butuh produk yang nggak bikin drying dan terlalu keras lho, supaya bisa healing. Balance is the key to a healthy look.

Nah, berikut ini rekomendasi produk toner untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa kamu selipkan dalam rangkaian skincare sehari-hari.

The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

the ordinary glycolic acid

Sebagai exfoliating toner, kandungan Glycolic Acid 7% dalam toner ini cukup potent dan efektif untuk meregenerasi sel kulit dan mencegah oil build up di pori-pori. Selain ingredient acid, toner ini juga mengandung Tasmanian pepper berries dan aloe vera yang bisa menenangkan kulit sekaligus mengurangi potensi iritasi ataupun breakouts pada pemakaian. Kalau kamu baru mau mencoba produk exfoliating toner The Ordinary ini jangan lupa gunakan hydrating toner dan moisturizer setelahnya ya!

Klairs Supple Preparation Facial Toner

klairs supple preparation toner

Pernah dengar kan kalau kulit berminyak bisa jadi salah satunya disebabkan karena kulit mengalami dehidrasi? Karena terlalu kering dan kurang hidrasi makanya kulit terus menerus memproduksi minyak untuk melindungi lapisan terluar. Nah, di sinilah peran hydrating toner diperlukan untuk kulit oily.

Salah satu produk hydrating toner yang paling sering direkomendasikan adalah dari brand Korea, Klairs Supple Preparation Facial Toner. Toner ini punya kandungan Hyaluronic acid yang bisa menghidrasi kulit sekaligus menahan kelembapan di permukaan kulit. Selain itu masih ada kandungan Licorice Root Extract yang bisa berfungsi membantu mengatasi jerawat. Kalau jerawat di kulit cukup banyak dan terasa perih, kandungan Centella Asiatica dan Panthenol di dalam toner ini akan menenangkan kulit juga. Lengkap banget kan?

Thayers Rose Petal Witch Hazel Alcohol-free Toner

thayers witch hazel toner

Kandungan utama ini adalah Witch Hazel yang merupakan salah satu astringent alami yang bisa membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi minyak berlebih tanpa membuat kulit jadi terlalu kering. Kalau kamu sedang mengalami breakout berbentuk jerawat kecil di satu area tertentu di wajah, toner ini bisa membantu menguranginya sebelum jerawat tadi berubah jadi lebih besar dan terasa sakit. Walaupun produknya tidak mengandung alkohol sama sekali, tapi kandungan witch hazel dan parfum pada toner ini bisa berpotensi mengiritasi kulit bagi pemilik kulit sensitif. Jadi, jangan lupa untuk melakukan patch test terlebih dahulu ya!

La Roche-Posay Effaclar Clarifying Facial Toner

la roche posay effaclar toner

Kalau kamu mencari toner yang benar-benar bisa membasmi jerawat dan kulit yang sangat berminyak, produk dari La Roche-Posay ini bisa kamu coba. Mengandung dua kandungan eksfoliator yakni Glycolic  acid dan Salicylic acid, toner ini cukup ampuh membersihkan pori-pori secara maksimal dan bisa mengurangi blackhead hingga breakouts

Produk yang termasuk ke dalam seri Effaclar ini memang dibuat khusus untuk yang mencari produk untuk kulit berjerawat. Makanya nggak heran kalau toner ini dibekali beberapa kandungan acne-fighters yang ampuh. Nggak perlu takut produknya terlalu keras di kulit yang sensitif karena produk ini sudah dites secara langsung ke kulit sensitif dan direkomendasikan lebih dari 90.000 dermatologist di seluruh dunia.

Fresh Umbrian Clay Purifying Facial Toner

fresh umbrian clay toner

Produk kelima adalah clay-based toner yang juga punya fungsi oil-control tanpa menghilangkan kelembaban alami di kulit. Nah selain kandungan Umbrian Clay yang unik banget pada produk toner, produk dari brand Fresh ini juga punya ingredients menarik lainnya seperti lavender floral water, kulit kayu manis, dan ekstrak akar burnet yang bisa bikin kulit berminyak ataupun kombinasi jadi lebih seimbang.

ElsheSkin Acne Refresh Toner

elsheskin acne refresh toner

Salah satu toner lokal yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah ElsheSkin Acne Refresh Toner. Dalam produk toner ini ada dua kandungan aktif untuk menghalau jerawat yaitu Salicylic acid dan sulfur. Tapi, untuk kamu yang punya kulit berminyak tapi sensitif, mungkin harus agak berhati-hati karena toner ini masih mengandung alkohol di urutan ketiga ingredients list

Skin1004 Madagascar Centella Toning Toner

skin1004 centella asiatica toner

Saya merekomendasikan produk Skin1004 ini sebagai salah satu exfoliating toner yang cukup mild dan ramah untuk kulit sensitif. Kandungan actives pada toner ini nggak sekeras AHA atau BHA karena hanya mengandung Polyhydroxy Acid (PHA) yang sifatnya lebih mild karena punya molekul yang relatif lebih besar, sehingga penyerapan ke kulit pun nggak terlalu cepat.

Nah, salah satu alasan kamu akan suka dengan produk ini adalah karena ada star ingredient yang lagi naik daun, yaitu Centella Asiatica Extract untuk menghidrasi dan menenangkan kulit, serta Niacinamide yang bisa memperbaiki tampilan kulit yang kusam dan nggak sehat. 

Di antara 7 toner yang saya sebutkan di atas, ada nggak nih produk andalan kamu untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment