Hypochlorous Acid: Zat Ajaib yang Terjangkau untuk Jerawat

KEBIASAAN YANG BIKIN JERAWAT SUSAH SEMBUH

Siapa sangka kalau pembersih mainan anak bayi dapat menjadi solusi jerawat dan kulit kemerahan? Ini dia manfaat hypochlorous acid yang perlu kamu ketahui.

Berawal dari membaca salah satu artikel dari Into The Gloss mengenai facial spray, saya mengetahui sebuah zat baru dalam beauty glossary saya–hypochlorous acid. Awalnya sih saya nggak tertarik dengan hypochlorous acid itu, tapi setelah melakukan research mendalam, eh kok penasaran?

Hypochlorous acid sendiri adalah asam lemah yang terbentuk saat klorin larut di dalam air.  Berbeda dengan sodium hypochloride (klorin dalam pemutih), hypochlorous acid tidak memiliki muatan listrik. Nah lho, jadi pelajaran kimia banget ya? Hypochlorous acid sendiri dihasilkan oleh tubuh untuk membantu sistem imun dalam tubuh. Intinya, hypochlorous acid ini mampu mengoksidasi bakteri dan mikroorganisme lainnya dalam waktu detik.

Bahkan pada sebuah penelitian*, hypochlorous acid ini memiliki kemampuan antimikronial, anti peradangan, dan bahkan berhasil membunuh bakteri E. coli hanya dalam waktu 12 detik! Maka dari itu, hypochlorous acid sendiri biasanya digunakan untuk perawatan luka, gatal akibat ruam, luka pada penderita diabetes, dan permasalahan kulit lainnya pada manusia maupun hewan yang telah disetujui oleh FDA. Oh iya, hypochlorous acid ini aman untuk kulit, bayi, membran mata, bahkan tertelan sekalipun. Hal ini dikarenakan hypochlorous acid mampu membedakan bakteri patogen dengan bakteri baik alami dari kulit.

Nah di artikel Into The Gloss tersebut, penulis melakukan prosedur fraxer, di mana laser fractional photohermolysis tersebut mampu merangsang produksi kulit baru yang lebih bagus–ya mirip-mirip dengan mikrodermabasi. Prosedur albatif yang menyebabkan downtime lebih lama ini membuat sang penulis tidak bisa menggunakan apa-apa di wajahnya tetapi harus menjaga wajahnya tetap bersih. Akhirnya sang penulis menggunakan Tower 28 SOS Spray–yang memiliki kepanjangan Save Our Skin dan Super Oxidized Solution. Tower 28 SOS Spray sendiri hanya mengandung 3 bahan: water, sodium chlorida (garam), dan hypochlorous acid.

Setelah melakukan prosedur fraxel kedua dan menggunakan hypochlorous acid, penulis mendapati kulit yang merah dan terkelupas jadi lebih cepat sembuh. Bahkan dia menyemprotkannya ke area yang baru saja di-piercing, dan menyarankan untuk menyemprotnya di kulit yang baru dioperasi, luka, lecet, bahkan pada jerawat yang dipecahkan!

Screen Shot 2020-01-19 at 08.36.16

Rasa penasaran saya semakin tidak berbendung, langsung saja saya cari produk yang mengandung hypochlorous acid ini di marketplace dan saya menemukan beberapa penjual hyprochlorous acid spray tanpa merk. Beruntung punya teman sesama copywriter dan kebetulan sedang hamil, yang bilang bahwa ada pembersih peralatan bayi bernama Acquassimo yang mengandung hypochlorous acid. Saya pun langsung squeal with joy dan langsung beli spray itu tanpa pikir panjang!

WhatsApp Image 2020-01-19 at 09.07.05

Acquassimo sendiri hanya mengandung water dan hypochlorous acid 10-30ppm yang membuat Acquassimo memiliki aroma khas kolam renang. Di produknya tertulis bahwa produk ini aman untuk hampir seluruh bahan, kecuali metal, dermatologically tested, aman untuk kulit sensitif, aman jika tertelan, dan tidak perlu dibilas. Bahkan Acquassimo ini dapat digunakan di dalam diffuser saat sedang sakit untuk membunuh airborne germs.

Ternyata hypochlorous acid itu gak bohong alias benar-benar ajaib! Kebetulan saya beli karena dua alasan: 1. wajah saya iritasi akibat penggunaan facial wipes. 2. anak kucing saya sedang terkena jamur dan infeksi mata. Saya gunakan Acquassimo di wajah saya sebagai facial mist bersama dengan La Roche Posay Serozinc agar mirip seperti kandungan pada Tower 28 SOS Spray, kemudian facial oil. Lalu saya juga menggunakannya sebagai bilasan terakhir saat memandikan kucing. Hasilnya? Kulit saya jadi tidak perih dan tubuh anak kucing saya langsung kering dari jamur! Saya juga menggunakannya untuk membersihkan tangan dan jerawat punggung suami saya. Benar-benar serbaguna!

JERAWAT PUNGGUNG

Kadang kita menganggap remeh segala sesuatu yang kita anggap terlalu ‘kimiawi’, tentunya produk ini sudah saya beritahu ke beberapa orang, tetapi mereka beranggapan bahwa saya aneh karena menggunakan pembersih mainan anak untuk wajah. But believe me, you can’t beat the power of science. Acquassimo ini bisa dibeli di marketplace maupun toko bayi dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp65.000 untuk ukuran 40ml atau Rp100.000 untuk ukuran 100ml. Buat kamu yang punya masalah dengan kulit iritasi dan jerawat, coba deh beli hypochlorous acid spray ini dan rasakan manfaatnya!

 

Foto: Dok. Female Daily / Raissa Sabrina

Sumber:

J Del Rosso, MO. N Bhatia, MD. 2018. Status Report on Topical Hypochlorous Acid: Clinical Relevance of Specific Formulations, Potential Modes of Action, and Study Outcomes. United States of America: US National Library of Medicine National Institute of Health.

L Wang, PhD, M Bassiri, PhD, R Najafi, PhD, K Najafi, MD, J Yang, BS, B Khosrovi, PhD, W Hwong, BS, E Barati, BS, B Belisle, PhD, C Celeri, MS, and MC Robson, MD. 2007. Hypochlorous Acid as a Potential Wound Care Agent. United States of America: US National Library of Medicine National Institute of Health.