banner-detik

beauty school

Apa sih Kandungan Kojic Acid Itu?

seo-img-article

APA ITU KOJIC ACID

Kita pasti sudah akrab banget sama kandungan asam seperti salicylic, glycolic dan hyaluronic. Tapi kini ada kandungan asam baru yang belakangan ini menarik perhatian, namanya kojic acid.

Jika dilihat dari asalnya, ia merupakan keluarga AHA, yakni bahan aktif yang dapat mencerahkan wajah kamu dan bisa mengobati efek kerusakan akibat sinar matahari dan hiperpigmentasi. Apabila kamu termasuk prone (rawan) banget mengalami hiperpigmentasi (muncul bintik-bintik di kulit atau freckles), lanjutkan membaca ya, karena kamu akan mengetahui kojic acid lebih dalam. 

Apa itu kojic acid?

Kojic acid merupakan AHA. Namun jika dilihat dari kegunaan, perannya itu jauh melebihi eksfoliasi karena ia berfungsi sebagai penekan tirosin, yang mencegah produksi melanin pada kulit. Melanin adalah pigmen yang bekerja secara alami di kulit kita, yang cenderung akan berubah warna setelah terkena paparan sinar matahari. Semakin banyak melanin maka semakin gelap area kulit kita. Karena itulah kojic acid mulai sering muncul dalam produk-produk pencerah kulit untuk melawan kerusakan akibat sinar matahari dan hiperpigmentasi.

Saat bekerja di kulit, kojic acid akan menekan tirosin, sebuah enzim yang membantu tubuh kita untuk menghasilkan melanin. Nah, ketika jalurnya “tersumbat” maka kulit kamu akan nggak reaktif terhadap luka akibat sinar UV.  Nggak cuma itu, jika skincare kamu memiliki kandungan kojic acid, ia akan menstimulasi pembaruan sel kulit, mencegah pembentukan pigmentasi dan memecah pigmentasi yang ada.

Kapan saat tepat memakai produk kojic acid? 

Kamu bisa menggunakannya pagi dan malam, namun jika kamu menggunakannya saat pagi hari, kamu perlu ekstra waspada. Jangan sampai terlalu kena sinar matahari yang berlebihan ya! Penting juga untuk selalu melindungi kulit dengan sunscreen sejak pagi sampai sore hari. Walaupun kamu sudah pakai bahan yang tepat untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi, namun pemakaian yang konsisten adalah kunci untuk memudarkan pigmentasi. Ingat, sebagian besar produk perawatan wajah akan selalu memberikan hasil terbaik jika kamu menggunakannya setiap hari. 

Skincare apa saja yang mengandung kojic acid?

Kojic acid bisa kamu temukan dalam kandungan di beberapa perawatan wajah dan tubuh, termasuk pembersih, serum, dan pelembap. Buat tahu lebih banyak produk-produk dengan kandungan kojic acid, kamu harus rajin membaca label kemasan saat berbelanja, atau buka website brand skincare favorit. Beberapa produk di bawah ini bisa kamu coba:

 1. SkinCeuticals Phyto+ Botanical Gel For Hyperpigmentation

SKINCEUTICALS PHYTO+ BOTANICAL GEL FOR HYPERPIGMENTATION

2. La Roche-Posay Mela D Pigment Control

LA ROCHE-POSAY MELA-D PIGMENT CONTROL

 

3. Kojie San Skin Lightening Soap

KOJIE SAN SKIN LIGHTENING SOAP

4. Dr.Dennis Gross Skincare Clinical Grade IPL Dark Spot Correcting Serum

 

Dr.Dennis Gross Clinical Grade Dark Spot Correcting Serum

 

Gimana? Apakah kamu tertarik dengan bahan pencerah satu ini?

 

Foto: Freepik.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment