banner-detik

makeup

Urutan Pakai Beauty Product: Mana yang Duluan?

seo-img-article

URUTAN PAKAI BEAUTY PRODUCT - 3

Apa pun aliran makeup kamu, tim minimalis atau yang berlapis-lapis, hasil urutan pakai beauty product pasti akan memberikan efek yang berbeda-beda.

Meski sudah tergolong beauty guru sekalipun, pasti pertanyaan-pertanyaan “mana yang sebaiknya dipakai duluan ya?” itu akan selalu muncul setiap kali pakai beauty products. Buat kamu yang masih bingung mana yang duluan ya saat pakai beauty product, saya akan membahasnya di sini satu per satu. Semoga aja panduan kecantikan ini bisa memberikan pencerahan untuk kamu ya.

Mana yang duluan, pelembab atau serum?

Jawaban: serum. Karena secara logika, oleskan produk yang memiliki konsistensi ringan lebih dulu, baru kemudian yang lebih berat untuk memastikan keduanya dapat meresap sempurna. Kalau kamu memakai pelembap dulu sebelum serum, kamu hanya akan membuang-buang serum aja karena serum itu nggak akan bisa menembus pelembab. 

Untuk hasil yang terbaik, gunakan serum yang mengandung bahan aktif seperti antioksidan yang dapat melawan radikal bebas untuk mecegah penuaan dini, atau Hyaluronic acid untuk menjaga kadar air dalam kulit. Kemudian tunggu hingga satu menit agar serum dapat mengendap di permukaan kulit. Setelahnya, kunci hidrasi tersebut dengan pelembap. 

URUTAN PAKAI BEAUTY PRODUCT - 4

Mana yang duluan, eye makeup remover atau face cleanser?

Jawaban: eye makeup remover. Formula eye makeup remover terkonsentrasi secara khusus untuk menghilangkan makeup mata, kotoran dan partikel minyak yang membandel sehingga memudahkan pembersih untuk menjalankan tugasnya. Kalau kamu menggunakan face cleanser lebih dulu, kamu pasti bakalan terlalu bersemangat menggosok bagian mata untuk menghapus makeup-nya, padahal ini merupakan bagian yang sangat sensitif. Tekanan yang terlalu kuat dalam menyebabkan perubahan pigmentasi, garis-garis halus dan kerutan. 

Jika kamu pakai eye makeup remover dulu baru face cleanser, kamu dapat memastikan nggak ada residu eye makeup remover yang tertinggal. 

Mana yang duluan, night cream atau eye cream?

Jawaban: eye cream. Beberapa night cream mengandung bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi, seperti retinol dan vitamin C. Sementara, eye cream diformulasikan dengan lebih untuk diaplikasikan pada kulit halus di sekitar mata. Mengaplikasikan eye cream terlebih dahulu dapat membantu mengunci tugas night cream untuk kulit kamu. Nah, setelah mengaplikasikan eye cream, oleskan night cream pada area yang lebih kering dulu seperti pipi dan bibir atas. 

Mana yang duluan, sunscreen ata moisturizer?

Jawaban: moisturizer. Pikirkan seperti ini: moisturizer itu layaknya sebuah sweater, dan sunscreen seperti outerwear yang kamu pakai. Sunscreen bekerja sebagai lapisan pelindung luar kulit kamu, yang dapat menghalangi sinar matahari yang merusak kulit. Nah kalau kamu mengaplikasikan sunscreen terlebih dahulu baru pelembap, mungkin kamu akan memudarkan fungsi sunscreen saat mengusapnya. Ini artinya kamu nggak akan mendapatkan perlindungan sebanyak yang seharusnya. 

URUTAN PAKAI BEAUTY PRODUCT - 1

Mana yang duluan, concealer atau foundation?

Jawaban: foundation. Untuk hasil akhir yang terlihat alami, aplikasikan foundation terlebih dahulu kemudian blend. Ia dapat bertindak seperti filter, memudarkan imperfections dan menyamakan warna yang nggak rata. Karena concealer sifatnya lebih berat dan penuh coverage, maka ia berfungsi sebagai finisher untuk menutupi flaw yang ada di kulit seperti bekas jerawat — yang tidak bisa ditutupi oleh foundation

Mana yang duluan, lip liner atau lipstik?

Jawaban: lipstik. Cara yang klasik banget dilakukan adalah memakai lip liner dulu di tepian bibir, kemudian aplikasikan di seluruh bibir. Ini berguna untuk menciptakan batasan yang jelas, lebih simetris dan memberikan warna dasar untuk bibir. Namun karena formula lipstik saat ini telah memiliki daya tahan yang cukup awet, teknik ini mulai ditinggalkan. Oleh sebab itu, oleskan lipstik terlebih dahulu kemudian gunakan lip liner di sepanjang garis bibir untuk menambah definisi dan menciptakan ilusi bibir lebih tebal. 

URUTAN PAKAI BEAUTY PRODUCT - 2

Mana yang duluan, eyeliner atau shadow?

Jawaban: bisa keduanya. Jika kamu menggunakan eyeshadow lebih dulu, kamu akan membuat warna dasar yang lebih sempurna. Setelah itu eyeliner dapat bertugas untuk memberikan definisi tambahan pada mata. Bisa juga nih, buat alternatif kamu bisa menggariskan eyeliner di bagian ujung luar mata, kemudian tarik bagian ujungnya dengan menggunakan angle brush sehingga menghasilkan garis bayangan yang lebih hidup. Setelah itu, aplikasikan eyeshadow dengan warna yang kamu inginkan. 

 

Nah, sudah nggak bingung lagi kan tentang urutan pakai beauty product? Semoga membantu ya!

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment