banner-detik

haircare

[GIVEAWAY DAY 20] Maksimalkan Hair Mask Dengan 5 Trik Ini!

seo-img-article

mengganti-conitioner-dengan-hairmask-2

Nggak cuma perlu pakai kondisioner, aplikasi hair mask sebagai treatment tambahan juga bisa dilakukan supaya rambut jadi lebih sehat.

Sebenarnya bisa dibilang saya sendiri adalah orang yang jarang banget merawat rambut. Baru akhir-akhir ini saja jadi lebih concern karena kulit kepala gampang banget merah-merah dan jadi sensitif. Tapi, banyak banget teman-teman saya yang benar-benar peduli sama kesehatan dan keindahan rambutnya. Bahkan bisa sampai seminggu sekali pergi ke salon buat perawatan.

Karena kemarin sempat ngobrol soal masalah rambut, ada beberapa trik yang saya dapatkan dari mereka. Salah satunya adalah aplikasi hair mask buat kita yang nggak sering pergi ke salon buat merawat rambut. Walaupun secara pribadi saya nggak begitu suka maskeran di rumah (karena enaknya sambil dipijat oleh orang di salon), tapi beberapa waktu ini saya coba menerapkan beberapa triknya.

1. Aplikasikan Hair Mask Pada Rambut Kering

close-up on woman hand scratching her itchy hair

 

Biasanya kita mengaplikasikan hair mask pas rambut sudah basah. Tapi trik yang saya dapatkan dari teman saya, justru dia menggunakannya pas rambut masih kering. Hal ini tetap bakal membuat rambut menyerap nutrisi yang dimiliki oleh hair mask kalian, kok. Bahkan dengan trik seperti ini, kalian bisa melakukan kegiatan lain sambil menunggu masker mendistribusikan nutrisnya selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah itu, baru deh mandi dan mengaplikasikan sampo untuk memastikan tidak ada residu yang menempel.

2. Gunakan Sebagai Pengganti Kondisioner

Pas dulu saya sering banget eksperimen dengan warna rambut sampai harus di-bleach, otomatis ujung rambut jadi super kering. Pakai kondisioner buat merawat rambut dicat pun udah nggak ngaruh. Akhirnya pas ke salon dan ngobrol sama stylist di sana, saya disarankan buat menggunakan hair mask sebagai pengganti kondisioner. Bisa dipilih yang formulanya khusus untuk rambut diwarnai, atau yang untuk rambut rusak. Akhirnya setelah saya lakukan setiap saya keramas, ujung-ujung rambut pun jadi lebih lembut dan ‘jinak’. Menurut saya, teknik ini juga bisa dilakukan kalau kamu punya ujung rambut yang kering banget ataupun rusak.

3. Bisa Dipakai Sampai Kulit Kepala

perawatan rambut tradisional (3)

Normalnya, hair mask atau pun kondisioner memang sebaiknya tidak dipakai sampai kulit kepala. Hal ini bisa membuat kulit kepala justru semakin berminyak, dan rambut berasa lebih lepek setelah aplikasi hair mask. Tapi, ada pengecualian kalau kulit kepala kalian cenderung kering dan tekstur rambut kalian kering serta keriting. Aplikasi masker hingga kulit kepala ini memang dipercaya bisa membantu membuat kondisinya jadi lebih seimbang dan rambut jadi lebih halus. Walaupun begitu, aplikasikan sedikit demi sedikit dulu ya untuk memastikan tidak terlalu banyak residu yang nantinya menempel pada kulit kepala kalian. Sebaliknya, jika kulit kepala berminyak dan kalian punya fine hair, gunakan masker cukup pada ujung rambut saja.

4. Sisir Punya Peranan Penting

7 Step Hair Care -3

 

Supaya mempermudah proses meratakan hair mask pada seluruh bagian rambut, coba gunakan sisir bergigi jarang saat makseran. Pastikan juga kalian melakukan ritual ini dengan perlahan ya. Karena kondisi rambut saat sedang basah biasanya lebih rapuh. Jadi, untuk menghindari rambut mudah patah, sisir pelan-pelan sampai hair mask tersebar dengan merata.

5. Pakai Sebelum Tidur

tidur-3

Jujur, karena saya memiliki fine hair, trik ini nggak pernah saya lakukan. Jadi, menggunakan masker saat tidur baiknya dilakukan oleh kalian yang punya rambut kering, teksturnya tebal atau pun keriting. Lindungi juga rambut dan bantal kalian dengan menggunakan shower cap saat tidur. Hal tersebut juga akan mengunci panas yang dihasilkan oleh kulit kepala, sehingga masker bakal bekerja dengan lebih optimal. Setelah didiamkan semalaman, cuci rambut keesokan paginya menggunakan air dingin untuk mendapatkan helai yang lebih lembut. Kenapa tidak air hangat? Walaupun mencuci dengan air dingin akan membuat hair mask lebih sulit dibersihkan, tapi ini baik dilakukan untuk melindungi kulit kepala dan membuat rambut kelihatan lebih berkilau.

Seperti beberapa perempuan yang saya temui, pas rambut lagi panjang, gatal pengen potong pendek. Nah, giliran sekarang sudah pendek, malah pengen cepat-cepat panjang lagi hehe. Akhirnya saya pakai hair mask dari Kerastase  yang memang difokuskan buat bantu memanjangkan rambut lebih mudah. Namanya Kerastase Resistance Extentioniste Hair Mask. So far, karena baru pakai sekitar 2 minggu memang belum terlihat signifikan sih hasilnya, karena menurut klaimnya harus dipakai berbarengan dengan rangkaian produk lainnya, seperti serum, sampo dan kondisionernya. But I’m willing to wait and see the result.

kerastase

Buat kalian yang punya keinginan buat panjangin rambut lebih cepat seperti saya, kali ini saya mau kasih 1 hair mask Kerastase ini buat 1 orang pemenang. Caranya, cukup ceritakan di kolom komentar soal treatment rambut paling kalian suka dan efek yang kalian rasakan. Giveaway ini berlangsung sampai tanggal 22 Desember jam 16.00 ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment