banner-detik

lifestyle

Mindful Shopping di Musim Liburan, Bisa Nggak Ya?

seo-img-article

fresh makeup (3)

Libur telah tiba! Pasti banyak banget sale yang menggoda kan? Apakah kamu sudah melakukan mindful shopping?

Selain merencanakan liburan, di akhir tahun juga banyak banget diskon-diskon besar dari beauty brand yang menggoda iman. Mulai dari Black Friday dan Cyber Monday di akhir November, diskon 12.12, sampai sale lainnya yang dibuat sambil menghitung hari menuju 2020. Iklannya pun di mana-mana. Nggak usah keluar rumah, cukup buka media sosial sambil tiduran di kamar saja sudah bisa lihat promonya dan langsung belanja.

Di saat-saat kayak gini, banyak kan yang jadi beli barang-barang yang sebenarnya nggak diperlukan atau justru belanja in bulk buat nyetok produk favorit? I’ve been guilty of doing that as well. Dari tahun 2016 sampai 2017, rasanya nggak pernah deh melewatkan Black Friday Sale karena merasa kalau nggak belanja sekarang tuh akan rugi deh. Ujung-ujungnya saya malah berakhir dengan tujuh cream eyeshadow dari Colourpop yang jarang disentuh dan kalau kata Marie Kondo ‘they don’t spark joy anymore’. Ini semua adalah aftermath dari belanja yang nggak mindful alias kalap. I’m left with guilt, regret, and lots of stuff I don’t need. Makanya mulai tahun 2018 saya memutuskan untuk melakukan mindful shopping, bahkan di musim sale seperti saat ini.

Baca juga: Cara Menghemat Pengeluaran untuk Kebutuhan Kecantikan

Where to start?

Sebelum terlanjur kalap belanja, coba perhatikan dulu beauty products yang ada di koleksimu. Cek makeup pouch, vanity, dan kamar mandi. Produk apa saja sih yang sudah kamu punya sekarang? Mana saja yang sering dipakai? Ada yang sudah mau habis? Atau justru baru dicoba beberapa kali? You can write them down if you want, tapi bikin mental note pun nggak masalah juga. Mau lebih advanced dan bikin Excel sheet boleh juga.

Dari sini, kamu bisa lebih sadar akan beauty products apa saja yang sudah kamu punya. Kalau memang ada yang sudah habis atau rusak, sah-sah saja kok untuk repurchase saat lagi sale. Pastikan saja kamu nggak ikutan belanja hanya karena FOMO. Again, been there, done that. 

Selain repurchase produk yang sudah jadi andalan, saat sale ini juga waktu yang ‘tepat’ untuk cobain makeup dan skincare baru kan? Untuk menghindari beli produk yang ujungnya malah nggak terpakai, kenali dulu ingredients apa saja yang memang cocok untuk kebutuhan kulitmu. Walau pun memang skincare dan makeup itu cocok-cocokan. But it’s still safer to get to know what your skin needs really well prior to shopping.

Approach seperti ini menurut saya lebih do-able dibandingkan dengan langsung terjun ke no-buy challenge karena kalau saya personally sih justru jadi lebih tergoda buat melakukan sesuatu ketika dilarang LOL. Pasti ada juga kan yang seperti ini? Hahaha. 

Selanjutnya, sebisa mungkin batasi diri kamu dari exposure tentang diskon-diskon itu. Saya ingat banget Holiday Season dua tahun lalu, yang saya lakukan saat baru melek dan mau tidur adalah ngecek promo e-commerce saking nggak mau ketinggalan diskon. Saya juga sempat hobi browsing katalog di shopping app. Alhasil, yang awalnya nggak punya niat belanja karena hanya ingin lihat-lihat saja, malah berakhir dengan macam-macam barang baru.

Kamu bisa mulai dari matiin push notification dari shopping apps atau masukin app itu di folder yang nggak langsung visible saat buka handphone. Lama-lama saya bahkan suka lupa punya shopping apps kecuali kalau memang benar-benar ada barang yang butuh dibeli.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Cara untuk Hemat Biaya Skincare

Setelah menerapkan mindful shopping seperti ini, dampak positif yang saya rasakan bukan hanya ke jumlah uang di rekening saja, tapi juga secara mental saya jadi nggak merasa pressured untuk selalu ikutan belanja dan nggak merasakan penyesalan akibat beli barang-barang yang nggak perlu.

Again, semuanya kembali lagi ke kamu. Kalau pun kamu tetap mau menikmati liburan dengan belanja karena itu yang bikin kamu senang, then that’s okay too. There’s no pressure :).

Tapi kalau sudah melakukan mindful shopping juga, boleh lho cerita di komen!

Enjoy your holiday!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment