banner-detik

dryness

[GIVEAWAY DAY 15] Trik Pakai Powder Foundation untuk Kulit Kering

seo-img-article

Meski praktis untuk on-the-go, powder foundation bisa jadi produk yang tricky buat pemilik kulit kering. Dengan cara ini, hasilnya akan lebih kelihatan skin-like!

Make Over Powerstay 2

Beberapa tahun lalu, powder foundation sempat on the rise. Saya masih ingat salah satu ‘racun makeup‘ pertama saya adalah MAC Studio Fix Powder yang dipakai teman saya waktu masih SMP kelas 8. Yup, my life has revolved around beauty even back then LOL. Powder foundation ini hasilnya seamless banget di wajah dan nggak terlihat heavy. Masih wajar lah untuk dipakai untuk makeup sehari-hari karena hanya bikin wajah kelihatan lebih fresh dan nggak greasy. Produk ini juga hampir selalu ada di tas atau makeup pouch untuk touch-up di tengah hari. Sayangnya pemilik kulit kering biasanya nggak terlalu melirik nih produk makeup yang satu ini. Salah satu alasannya tentu saja karena nggak ingin kulitnya kelihatan jadi terlalu matte dan malah jadi dull. 

Nope, nggak perlu khawatir. Kamu tetap bisa kok pakai powder foundation meski punya kulit kering. Coba trik ini ya agar hasilnya kelihatan lebih skin-like.

Baca juga: Rekomendasi Skincare Wajib Buat Kulit Kering | Skincare 101

Moisturize well

Semua selalu bermula dari kanvasnya. This step is what will make or break your whole look. Pastikan kulitmu sudah terhidrasi dengan baik. Bisa pilih pelembap yang emollient dan mengandung bahan-bahan yang nourishing seperti squalane misalnya. Aplikasikan lebih di area yang ekstra kering, tapi tetap tunggu sampai menyerap optimal. A little tackiness is still fine, asalkan jangan saat masih benar-benar masih ‘basah’ ya agar nggak patchy.

Pakai concealer favoritmu

Powder foundation umumnya memberikan light-medium coverage, walaupun memang ada juga sih yang bisa di-build sampai medium-high. Namun, kalau kamu ingin coverage-nya maksimal untuk menutupi redness, under-eyes gelap, atau PIH misalnya, kamu bisa pakai concealer andalanmu di area tersebut, kemudian set dengan powder foundation. It’s a no-brainer, really. 

Jangan lupa highlighter

Ekspektasi saat pakai powder foundation adalah hasil akhir flat matte yang bikin wajah kelihatan kurang berdimensi. But it shouldn’t always be that way. Dengan menambahkan sedikit highlighter di tulang pipi, look kamu jadi terlihat lebih natural. Beberapa MUA juga kasih tips untuk kasih sedikit subtle highlighter di ujung hidung. Kalau kamu mau mencoba cara ini, pastikan highlighter-mu punya shimmer yang halus ya.

Spritz some setting spray

Setting spray punya tiga fungsi saat dipakai setelah powder foundation, terutama kalau kamu pilih yang kandungannya hydrating. Yang pertama tentunya akan memberikan hidrasi ekstra ke wajah selain dari moisturizer. Kedua, setting spray bisa membuat powder foundation kelihatan less powdery dan lebih menyatu sama kulit atau skin-like. Terakhir, makeup-mu jadi lebih tahan lama dan nggak gampang kelihatan patchy setelahnya. Step ini bisa kamu ulang beberapa kali juga di tengah hari.

Baca juga: Rekomendasi Moisturizer Ringan untuk Kulit Kering

Di hari ke-15, Female Daily punya ULTIMA II Procollagen 2 Way Foundation buat kamu! Caranya, kamu tinggal komen apa sih tiga produk makeup yang wajib ada di makeup pouch-mu? Ditunggu sampai 17 Desember 2019 jam 17.00 ya!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment