banner-detik

bath n body

Tips Pakai Minyak Kelapa untuk Kecantikan Rambut Sampai Ujung Kaki!

seo-img-article

tips pakai minyak kelapa 2

Minyak kelapa sangat versatile untuk kebutuhan kecantikan kamu. Banyak banget khasiat minyak kelapa yang bisa kamu andalkan. Terutama saat musim dingin seperti ini, ketika kulit jadi lebih kering.

Sama seperti pohon kelapa yang sangat bermanfaat mulai dari daun, buah, batang, hingga akarnya, minyak kelapa yang merupakan salah satu olahan buah kelapa juga sama jeniusnya. Buat kecantikan, minyak ini bisa dipakai dari rambut sampai ujung kaki. Sebaiknya, kamu pilih virgin coconut oil ya, karena lebih murni, natural, dan hasilnya bisa dirasakan maksimal. Simak tips pakai minyak kelapa untuk kecantikan, mulai dari rambut sampai ujung kaki!

Rambut

tips pakai minyak kelapa 3

1. Untuk melembapkan rambut kering dan mencegah rambut bercabang

Aplikasikan minyak kelapa dari batang rambut hingga ujung rambut, diamkan selama 20-30 menit, lalu keramas seperti biasa. Lakukan setiap seminggu sekali. Rambut mengembang, kering, dan rusak pasti akan lebih lembut, sehat, berkilau, dan mudah diatur!

2. Untuk mengurangi ketombe, menenangkan scalp psoriasis, dan menyehatkan kulit kepala

Cmpurkan 2 sendok makan minyak kelapa dengan 5 tetes lavender essential oil. Pijatkan dengan lembut pada seluruh kulit kepala. Tidak perlu gunakan pada bagian batang rambut. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dan keramas seperti biasa. Lakukan setiap kali scalp psoriasis sedang meradang atau jerawat muncul. Minyak lavender akan membantu menenangkan kulit kepala, sementara minyak kelapa akan melembutkan dan menyuburkan rambut.

3. Agar rambut normal semakin sehat, subur, dan berkilau

Campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dengan segenggam krim hair mask atau krim creambath. Bubuhkan pada seluruh kulit kepala dan rambut, pijat lembut supaya menyerap dan kepala terasa lebih rileks. Diamkan selama 15 menit keemudian bilas.

Wajah

1. Sebagai masker untuk melembapkan dan mencerahkan kulit

Campurkan makan minyak kelapa dengan madu dan kopi bubuk secukupnya, aduk rata sampai membentuk pasta. Aplikasikan pada wajah dan leher, diamkan selama 15 menit, kemudian pijat dengan gerakan memutar ke atas, lalu bilas. Minyak kelapa akan membuat kulit halus dan kenyal, madu akan menutrisi, dan kopi berperan sebagai eksfoliator alami.

Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa saja, tanpa campuran apa-apa, sebagai masker. Diamkan selama15 menit, kemudian bilas. Kamu sebaiknya nggak memakai minyak kelapa sebagai serum atau face oil semalaman atau tanpa dibilas ya, karena meskipun ampuh melembapkan, minyak ini punya molekul yang besar sehingga susah meresap, lebih senang stay di permukaan kulit, — yang malah bisa bikin kamu berkomedo dan berjerawat karena pori-porinya tersumbat.

2. Pengganti eye and lip makeup remover

Minyak kelapa sangat ampuh untuk mengangkat makeup mata dan bibir yang berat atau susah dihapus, tanpa membuatnya menjadi kering atau iritasi. Tuangkan sedikit pada kapas, tekan-tekan lembut pada mata dan bibir, lalu lanjutkan dengan micellar water kemudian gunakan facial wash untuk mengangkat residunya.

Kamu juga bisa memakainya untuk seluruh wajah, tapi jangan harap minyak ini bisa jadi seperti produk cleansing oil  aada umumnya yang bisa di-emulsify. Kamu harus angkat dengan kapas sampai sempurna, lalu lanjutkan dengan facial wash. 

Tubuh

BODY BUTTER LOKAL

1. Untuk body masssage

Campurkan minyak kelapa dengan minyak zaitun atau lemongrass oil untuk sensasi pijatan yang lebih licin dan rileks. Setelah pijat, kulitmu akan lebih glowing dan halus!

2. Biar kulit nggak kering sebelum pakai body scrub

Beberapa body scrub terlalu kasar kalau langsung kena ke kulit, apalagi kulit yang kering. Bukannya mulus, kamu bisa jadi iritasi! Nah, buat mengatasinya, kamu bubuhkan dulu minyak kelapa pada seluruh tubuh, kemudian baru pakai body scrub dan gosok perlahan-lahan.

3. Untuk menyingkirkan kulit kasar 

Lutut, siku dan tumit kasar? Minyak kelapa bisa jadi jawabannya. Cukup bubuhkan secara rutin sebelum tidur supaya semalaman kulit area tersebut lebih terhidrasi dan bagian keringnya berangsur menghilang. Untuk bagian kaki, kamu bisa pakai kaus kaki setelah pakai minyak kelapa. Fungsinya untuk mengunci kelembapan di area tersebut, plus biar minyak kelapanya nggak lengket atau transfer ke sprei kasur kamu.

 

Itu dia beberapa tips pakai minyak kelapa untuk kecantikan. Yang mana yang pernah kamu coba? Share ya!

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment