banner-detik

female daily network

[GIVEAWAY DAY 11] Cara Mengontrol Minyak Berlebih di Wajah Oily!

seo-img-article

Screen-Shot-2019-07-10-at-2.08.50-PM-e1562782259784

Buat kamu yang punya kulit berminyak, mungkin terkadang kamu merasa hal ini bisa mengganggu keseharianmu! Yuk cek cara merawatnya! 

Kalau kamu masih bingung bagaimana jenis kulit berminyak, dan apakah kulit kamu termasuk jenis ini, kamu bisa cek beberapa ciri-ciri dominan pada kulit wajah berminyak. Ciri-ciri tersebut biasanya berupa penampilan wajah yang shiny atau greasy, pori-pori yang jelas terlihat pada wajah, kulit terlihat tebal dan kasar, sering muncul jerawat, serta sering muncul komedo. Kalau kamu mengalami ciri-ciri berikut, most likely kulitmu adalah jenis kulit yang berminyak! Tapi jangan khawatir, kulit berminyak bisa dirawat dengan skincare routine yang tepat juga lho. Berikut adalah beberapa tips-nya:

1. Rajin Cuci Muka

Cleanser Untuk Kulit Iritasi Female Daily

Baca juga: FD Little Notes: Tips Skincare untuk Kulit Berminyak 

Kalau kamu rajin mencuci wajah, kamu bisa mengurangi jumlah minyak yang ada di wajahmu. Jangan lupa cuci wajahmu dengan menggunakan air hangat dan sabun yang gentle untuk membersihkan wajah hingga ke bagian pori-pori. Jangan cuci wajah dengan menggunakan air panas, hindari sabun yang mengandung fragrance, added moisturizer, ataupun harsh chemicals, karena produk-produk tersebut dapat membuat wajahmu jadi kering hingga dehidrasi. Wajah yang dehidrasi akan mengeluarkan lebih banyak minyak dari sebelumnya! Last but not least, hindari mencuci wajah dengan menggunakan loohfah atau handuk kasar. Setiap gesekan yang terjadi di wajah bisa memicu keluarnya minyak.

Kalau kamu sudah melakukan beberapa tips-tips di atas tapi tetep nggak mempan buat kamu, kamu bisa coba menggunakan sabun cuci muka mengandung acid, yang cocok digunakan untuk kulit berminyak seperti:

  1. saliciylic acid
  2. glycolic acid
  3. beta-hydroxy acid
  4. benzoyl peroxide

Tapi beberapa acid yang ada di atas bisa mengakibatkan iritasi untuk beberapa jenis kulit. Jadi, jangan lupa lakukan patch test dulu ya!

2. Gunakan Toner

EXFOLIATING TONER

Toner astringent, terutama yang mengandung alkohol bisa menyebabkan kulit jadi kering. Tapi  beberapa toner yang mengandung astringent alami seperti witch hazel bisa memberikan efek soothing pada wajah. Witch hazel juga berfungsi sebagai anti-inflamattory, jadi banyak orang dengan oily skin yang menggunakan witch hazel sebagai pilihan toner mereka. So i recommend witch hazel toners buat kamu yang punya oily skin!

Tapi balik lagi, nggak semua cocok menggunakan witch hazel. Kalau wajahmu terasa tingling atau gatal ketika menggunakan astringent toners, bisa jadi ini merupakan tanda-tanda iritasi yang dapat memicu wajahmu semakin berminyak. So once again, jangan lupa patch test!

Baca juga: 6 Rekomendasi Produk untuk Kulit Berminyak

3. Tepuk-tepuk Wajah

Jika kamu ingin mengeringkan wajah setelah mencuci atau menggunakan toner, gunakan handuk yang lembut, kemudian tepuk-tepuk wajah untuk mengeringkannya. Ingat, jangan di gosok! Be gentle on your skin. Kalau kamu terlalu kasar atau menggosok wajah terlalu keras, bisa-bisa wajahmu malah mengeluarkan semakin banyak minyak!

4. Gunakan Blotting Paper

Salah satu peralatan wajib yang harus kamu bawa supaya wajahmu nggak berminyak adalah gunakan blotting paper, atau kertas khusus yang didesain untuk menyerap minyak berlebih di wajah. Memang sih, blotting paper nggak bisa mengontrol jumlah produksi minyak pada wajahmu. Tapi setidaknya bisa membuat wajah kita nggak terlalu kelihatan ‘mengkilat’ akibat minyak!

5. Gunakan Face Mask!

philocaly

Beberapa jenis masker wajah sangat berguna untuk kulit yang oily. Beberapa jenis dan ingredients face mask yang direkomendasikan untuk kulit oily meliputi:

  1. Clay: Clay mask yang mengandung ingredients seperti smectite atau bentonite bisa menyerap minyak, mengurangi shininess, serta mengurangi level sebum tanpa membuat wajah menjadi iritasi.  Gunakan maksimal 1-2 kali seminggu agar wajah nggak kering, jangan lupa gunakan moisturizer setelah menggunakan clay mask!
  2. Honey: Raw Honey punya sifat yang antibacterial serta manfaat sebagai antiseptik. Menggunakan masker madu selama 10 menit bisa mengurangi jerawat serta minyak wajah, serta menjaga kelembapan kulit.
  3. Oatmeal: Menggunakan masker yang mengandung oatmeal dapat membersihkan wajah secara lebih menyeluruh! Secara, jerawat ditimbulkan akibat kotoran yang tersumbat di pori-pori, so menjaga kebersihan wajah sangat penting. Oat juga mengandung komponen antioksidan dan anti-inflammatory yang bisa menenangkan kulit yang iritasi.

6. Gunakan Moisturizer

Gel Moisturizer Cruelty Free Female Daily

Baca juga: Review Pelembap Lengket Tapi Ampuh di Kulit Berminyak

Menggunakan moisturizer untuk kulit berminyak malah akan membuat kulit jadi semakin berminyak? Nggak juga kok! Kuncinya adalah kamu harus memilih moisturizer yang tepat buat kulit berminyakmu. Gunakan moisturizer yang oil-free, yang bisa membuat kulit tetap terasa lembut tanpa membuatnya menjadi greasy, contohnya adalah moisturizer yang mengandung aloe vera. Beberapa orang memilih pure aloe gel sebagai moisturizer, tapi hati-hati terhadap ingredient seperti denaturated alcohol, yang dapat membuat wajah menjadi kering!

7. Gunakan Oil Control Powder

Last but not least, hal yang paling bikin geregetan kalau punya kulit berminyak adalah makeup yang cepat luntur! Karena makeup akan lebih cepat hilang apabila terkena oil, bukan air. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa menghapus minyak pada wajahmu dengan menggunakan blotting paper terlebih dahulu, kemudian coba gunakan oil control powder untuk touch up sekaligus mengontrol produksi minyak wajah berlebih.

innisfree-pore-blur-powder-pact-primer

Belum punya oil control powder? No worries! Karena Female Daily masih berlanjut dengan 23 days Giveaway selama bulan Desember! Di hari ke 11 ini, FD bakalan bagiin Innisfree Pore Blur Pact secara GRATIS! Caranya gampang, kamu tinggal berikan komentar tentang permasalahan kulit kamu yang berminyak, serta rutinitas apa yang biasanya kalian lakukan untuk mengatasi kulit berminyakmu. Jangan lupa share artikel ini ke temanmu juga ya!

Periode giveaway akan ditutup sampai tanggal 13 Desember 2019, Pukul 05.00 sore. So, good luck!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment