Alat Humidifier Berpengaruh Nggak Sih Buat Kondisi Kulit?

humidifier 2

Masuk musim hujan, siap-siap juga deh berhadapan sama masalah kulit kering dan menambah rutinitas skincare yang menghidrasi kulit. Ini yang ditawarkan alat humidifier buat kulit kamu.

Okay, secara teknis seharusnya di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan. Tapi, udara di luar tampaknya masih panas-panas aja. Walaupun begitu, mungkin dalam hitungan minggu lagi siap-siap deh udara yang sedikit dingin (plus berangin) bakal kita hadapi. Ini juga berarti, kita harus mulai siap-siap juga buat berhadapan sama masalah kulit kering, dan menambah rutinitas skincare yang menghidrasi kulit. Nah, biasanya fungsi ini juga yang ditawarkan alat humidifier buat kulit kita. Memberi kelembapan ekstra yang dibutuhkan kulit. Buat kamu yang punya alat ini, saya jadi ingin membahas apa benar alat humidifier ini membawa perubahan pada kondisi kulit?

Pakai-Pelembap-Bikin-2

Bagaimana kelembapan bisa berpengaruh pada kulit?

Walaupun kamu nggak ngerasa ada perbedaan pada kondisi kulit, namun kelembapan udara itu dapat memengaruhi tingkat hidrasi dan skin barrier kamu. Ketika udara lebih lembap, maka penguapan kelembapan di kulit akan sulit terjadi. Proses inilah yang menjaga kulit jadi lebih kenyal dan halus. Jadi, kalau kelembapannya rendah, maka otomatis penguapan akan lebih mudah terjadi dan akhirnya inilah yang menyebabkan efek buruk pada kulit, seperti kekeringan hingga muncul tanda-tanda penuaan. Dalam sebuah studi ilmiah 2007 di Jepang tentang kelembapan ruangan terhadap kulit, menyatakan bahwa penurunan kelembapan ruangan hingga 30%  secara signifikan memang bisa mengurangi elastisitas kulit dan memperdalam garis-garis halus. 

Apakah alat humidifier membantu?

Menggunakan alat pelembap udara (humidifier) ini ternyata sangat membantu mencegah efek negatif perubahan udara pada kulit kita. Saya yakin kalian juga pasti penasaran sama cara kerjanya, kan? Nah, humidifier ini tuh merupakan sebuah tool atau perangkat (ada yang portabel dan ada yang tidak) untuk bantu mengendalikan kondisi udara di ruangan kita. Humidifier ini memang bekerja dengan cara mendorong kelembapan dari udara kembali ke kulit kita, sehingga bisa membantu memjaga skin barrier supaya tetap seimbang. Kalau kita perhatikan, humidifier memang mengeluarkan uap air ke udara, hal itu lah yang membantu meningkatkan kelembapan di area sekitar kita, sehingga dapat memperlambat atau menghentikan penguapan uap air dari kulit.

Dyson humidifer

Menggunakan alat humidifier ini bisa bermanfaat banget jika kamu mulai aware dengan tanda-tanda kelembapan kulit yang rendah, atau jika kulit sudah mulai terasa kering. Kamu yang memiliki masalah kulit seperti eczema atau psoriasis juga bisa merasakan dan melihat perbaikan kondisi kulit dengan menggunakan alat ini. Supaya hasilnya lebih optimal, ada baiknya kalian menggunakan alat humidifier ini pada malam hari karena memang dalam kondisi kulit yang biasanya sudah bersih dan siap untuk tidur.

Jadi, apakah kamu butuh alat humidifier?

Tergantung dari seberapa ingin kulit kamu terjaga kelembabannya. Jika kondisi kulit kamu cenderung kering alami, atau bermasalah dengan dehidrasi kulit, alat humidifier ini bisa secara konsisten bantu meningkatkan hidrasi kulit secara lebih optimal. Tapi tetap ya, jangan lupa juga untuk tetap merawat wajah dan melakukan pembersihan yang baik, supaya hasilnya lebih maksimal. Alat ini juga bisa membuat hidup sedikit lebih nyaman jika memang kalian memiliki dry patches di seluruh tubuh, seperti eksim atau psoriasis.

psoriasis

Kalian bisa coba gunakan humidifier portable atau yang banyak dikenal dengan nano spray, atau humidifier ruangan seperti milik Dyson di atas. Merasa Dyson terlalu mahal? Panasonic, Phillips dan banyak brand dengan harga terjangkau lainnya juga mengeluarkan humidifier yang bisa kalian miliki. Tapi ingat ya, pastikan untuk rajin membersihkan alat ini, supaya uap air yang keluar juga tetap segar, bukan menghantarkan bakteri pada kulit.

Tetapi jika kamu nggak pernah khawatir dengan kelembapan kulit yang rendah, atau nggak pernah bermasalah dengan kulit kering, maka menggunakan produk pelembap saja juga cukup kok untuk menjaga kulit tetap lembut dan terhidrasi. 

Kalau kalian pengguna humidifier juga atau merasa belum butuh sama produk satu ini?

 

Foto: Dok. Dyson & Female Daily