Coba Tips Ini Agar T-Zone Nggak Over Oily!

Bagian T-Zone kamu sering over oily? Coba tips ini!

Mencegah T Zone Over Oily Budiartiannisa

T-Zone di area wajah memang selalu memproduksi minyak lebih banyak dibanding bagian lainnya. Namun terkadang melihat T-Zone yang terlalu berminyak memang tidak sedap dipandang ya. Selain itu kondisi yang over oily ini juga membuat jerawat lebih mudah datang karena dapat menyumbat pori bersamaan dengan bakteri. Berikut tips agar area T-Zone di wajah kamu tetap terkontrol kadar minyaknya.

Baca juga: 

Maskeran dengan chaccoal mask 

Untuk menyerap minyak berlebih di pori-pori sehingga tidak menyumbat dan menjadi komedo penyebab jerawat. Masker dengan kandungan charcoal akan menyerap minyak berlebih di area T-Zone. Selain itu, masker dengan kandungan charcoal dapat membantu menenangkan jerawat yang meradang di wajah dan membersihkan pori-pori secara total. Bagi yang kulitnya berminyak, ada baiknya untuk memakai charcoal sebelum makeup agar makeup lebih tahan lama.

Charcoal T Zone Oily Budiartiannisa

 Jangan skip moisturizer

“Kulit aku berminyak, jadi ngga perlu lagi pakai moisturizer”, sering dengar statement seperti ini? Bisa jadi kulitmu dehidrasi. Karena saat kulit kekurangan kadar minyaknya, dia akan otomatis memproduksi minyak alami di wajah. Hasilnya minyak alami muncul dengan sendirinya secara berlebihan, sehingga menjadi over oily. Jadi tetap gunakan moisturizer apapun jenis kulitmu ya. Pilih formula moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit. Gel moisturizer bisa dipilih untuk kulit berminyak dan kombinasi. Sedangkan tekstur cream untuk jenis kulit kering. Saat kelembapan kulit terjaga otomatis kulit tidak akan memproduksi minyak berlebih.

Moisturiser T Zone Over Oily Budiartiannisa

Gunakan toner dengan kandungan Salicylic Acid

Jangan sampai lupa menggunakan toner setelah mencuci wajah. Kamu bisa pilih yang ada kandungan Salicylic Acid. Jadi selain mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah, kandungan Salicylic Acid ini membantu membersihkan pori-pori secara maksimal dan sangat ampuh untuk mengatasi kadar minyak berlebih. Selain itu, Salicylic Acid juga membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah sehingga tidak menjadi sumbatan di pori-pori.

Deep cleansing facial wash

Agar kelenjar minyak nggak memproduksi minyak berlebih, wajib membersihkan pori-pori secara maksimal. Deep cleansing is a must. Gunakan deep cleansing facial wash agar pori-pori bersih sehingga produksi minyak juga terkendali. Untuk pemilik kulit kering cukup menggunakan deep cleansing facial wash di malam hari saja. Sedangkan kulit berminyak dan kombinasi bisa menggunakannya di malam dan pagi hari.

TZONE OILY FD BUDIARTIANNISA 1 BODY

Kurangi Makanan Berminyak

Selain perawatan kulit wajah yang disebutkan di atas, hal terakhir yang tidak boleh kamu lupa adalah mengurangi makanan berminyak. Makan gorengan memang enak, namun secara tidak sadar efeknya akan ke kulit kita juga. Jadi bila area T-zonesering over oily padahal sudah merawat wajah sebaik mungkin, coba cek makanan yang kamu konsumsi. Apakah terlalu banyak makanan yang berminyak?