Swatch Lengkap & Review Emina Creamy Tint | Lipstick Monday

Lip cream atau lip tint? Emina Creamy Tint punya hasil akhir yang unexpected.

Emina1

Dibandingkan bullet lipstick yang klasik, belakangan ini lip cream dan lip tint memang lebih diminati. But the beauty world is always evolving quickly dan sekarang kelihatannya banyak brand yang merilis lip mousse. Salah satunya adalah Emina Creamy Tint. Dari namanya sudah lumayan bikin bertanya-tanya ya. Sebenarnya ini lip cream atau lip tint sih? Tanpa perlu bingung-bingung lagi, langsung saja simak review lengkapnya ya.

 Packaging

Seperti produk-produk Emina lainnya, Creamy Tint memiliki kemasan kecil dengan kesan cute dan youthful. Kali ini warna yang mendominasi adalah salmon pink dan millenial pink yang menutupi hampir seluruh bagian kemasan. Hanya ada sisa sedikit part transparan untuk melihat warna produk di bagian bawah. Desainnya seperti tube liquid lipstick kebanyakan, hanya saja lebih pendek dan chubby. Isinya pun relatif lebih sedikit dari liquid lipstick lainnya, yaitu 3,6ml. Hadir dengan arrow applicator, pengaplikasian Creamy Tint jadi lebih precise tanpa perlu dipping berkali-kali. Aplikator jenis ini kayaknya lagi diminati ya sama berbagai brand lokal yang bikin liquid lippies.

Baca juga: Lipstick Velvet Akan Menggeser Trend Liquid Lipstick?

emina creamy tint

Aroma

Emina Creamy Tint nggak memiliki aroma apapun. Di ingredients list-nya pun juga nggak tertulis fragrance. Jadi cocok buat yang sensitif dengan fragrance dalam produk makeup.

Formula

The million dollar question, is it a cream or a tint? Sejujurnya menurut saya Emina Creamy Tint ini formulanya lebih cocok dibilang lip mousse. Lebih thick dari lip cream dan whipped. Teksturnya benar-benar lembut dan bisa menutupi bibir dengan sempurna tanpa harus berkali-kali swipe. Hasil akhirnya menurut saya benar-benar velvet matte, bahkan pas sudah set rasanya powdery kalau disentuh jari. Creamy Tint ini play time-nya nggak lama, jadi kurang cocok untuk bikin ombre lips karena hasilnya akan kelihatan kurang seamless. Kalau malam sebelumnya saya pakai lip sleeping mask dan kondisi bibir lagi well-hydrated, velvetty finish ini bisa bikin garis bibir jadi blurred. Formulanya konsisten di setiap warna, termasuk warna-warna bold-nya yang nggak patchy.

Pilihan Warna

Ada lima warna yang bisa kamu pilih, yaitu 01 Brick Town, 02 Peach Crush, 03 Sunbeam, 04 Wild Berry, 05 Cherry Soda. Dari kelima warna ini, sebenarnya hanya ada satu warna ‘aman’, 01 Brick Town. Sisanya adalah warna bold dengan undertone pink dan orange. 

emina swatch

right to left: 01 Brick Town, 02 Peach Crush, 03 Sunbeam, 04 Wild Berry, 05 Cherry Soda

Brick Town

The crowd pleaser! Warna MLBB ini jadi incaran banyak orang, bahkan sering sold out. Nggak heran sih karena warna ini aman dan cocok di banyak skintone. Medium nude dengan sedikit hint pink, cukup netral untuk dipakai sehari-hari, namun juga punya depth yang bikin cocok untuk special occasions.

Peach Crush

Warna peach yang vibrant ini punya sedikit base putih, jadi kelihatan lebih flattering di kulit light-light medium. Memberikan efek brightening ke kulit.

Sunbeam

Bright coral orange yang cocok dipakai buat makeup look yang simple, tapi tetap statement. Personally, it’s my least favorite shade.

Wild Berry

Fuchsia dengan hint ungu. Vibrant banget dan nggak terlihat vampy. Cocok buat dipakai liburan ke pantai dengan skin-like complexion.

Cherry Soda

My personal favorite! Warna merahnya unik karena ada sedikit hint coral, namun juga agak muted. Bonusnya, langsung bikin gigi terlihat lebih putih.

Pigmentation & Longevity

Seperti saya sudah bahas sebelumnya, pigmentasi dari Emina Creamy Tint benar-benar intens. Ketahanannya pun juga lumayan bisa diandalkan. Untuk warna bold seperti 05 Cherry Soda, di bibir saya tahan banget meski sudah makan siang dan banyak minum air. Namun untuk bibir bagian dalam, jadi ada garisnya. Transfer nggak sih? Setelah benar-benar set, lip tint ini 98% transferproof. Terlihat sedikit stain yang samar banget di punggung tangan saya saat dicoba kiss-test. Di gelas pun juga begitu. Karena saya rajin banget pakai lip balm, setelah pemakaian berjam-jam pun nggak terasa terlalu kering, walaupun ya nggak bisa dibilang hydrating juga sih.  It’s a matte lip product after all. Tapi formula lip tint ini benar-benar ringan. Tint-nya dari mana sih? Saat dihapus dengan micellar water, masih ada efek staining yang tertinggal di bibir, terutama untuk warna-warna bold.

Kamu akan suka kalau…

Emina Creamy Tint patut kamu coba kalau kamu penasaran sama tren velvet lips dan efek bibir yang telihat lebih full. Jangan lupa buat pakai lip balm atau lip sleeping mask sebelumnya agar hasilnya kelihatan lebih smooth. 

Final Verdict

Saya sih suka banget sama Emina Creamy Tint ini! Apa lagi shade Cherry Soda. Tapi buat pecinta warna MLBB mungkin opsinya jadi terbatas ya dengan pilihan warnanya, tapi produk ini menarik banget buat yang lagi ingin coba-coba warna bold. Harganya pun super affordable, yaitu Rp.44.000 dan bisa dengan mudah kamu temui di drusgtore atau pun department store. Saya akan kasih rating 8/10!

Sudah cobain juga? Warna favorit kamu yang mana?