Proses Pembayaran dan Menebus Barang Impor di Bea Cukai

Online Shop Korea Female Daily

Pingin import produk makeup dari luar negeri, tapi takut dengan biaya pajak masuk yang katanya mahal? Berikut sedikit tips dan pengalaman saya mengurus barang impor.

Belanja produk dari luar negeri semakin mudah, karena makin banyak brand luar negeri yang menawarkan shipping ke Indonesia. Tapi sebenarnya gimana sih, regulasi biaya pajak masuk ke Indonesia dan perhitungannya? Ada yang bilang, impor barang sendiri ke Indonesia itu akan mahal, ribet, ditahan dan akan diminta surat BPOM. Tapi berdasarkan pengalaman saya, impor barang ke Indonesia, termasuk mudah dan nggak mahal kok untuk bayar pajaknya. Tapi, memang kalian harus mengikuti aturan impor barang masuk yang sudah ditetapkan oleh negara Indonesia.

Baca juga: Online Shop Khusus Skincare Korea, Ramah Lingkungan

Bea Cukai sudah menentukan harga maksimal untuk produk impor ke sini. Nilai maksimal tersebut adalah $75, sudah termasuk dengan ongkos kirim dari negara pembelian ke Indonesia. Bila kalian belanja dengan harga di atas ketentuan yang sudah dibuat oleh bea cukai, maka kalian akan dikenakan pajak masuk, dengan perhitungan yang ditentukan pemerintah. Kalau memang kalian belanja di bawah harga $75, biasanya paket kalian akan langsung dikirim kan ke rumah. Paling kalian hanya perlu menambah biaya Rp10.000 – Rp20.000, untuk biaya cek dan pengiriman barang saja. Yes, paket kalian akan dibongkar oleh bea cukai, untuk dicek apakah barang di dalam paket dan list invoice sudah sesuai atau belum.

Proses Pembayaran dan Menebus Barang Import di Bea Cukai-2

Lalu gimana dengan belanjaan yang melebihi batas maksimum? Kalau kalian belanja lebih dari $75, kalian akan mendapatkan surat dari POS Indonesia, yang berisikan panggilan pengambilan barang dan juga total biaya masuk yang harus dibayarkan. Tenang saja, biaya masuk yang harus kita bayar ini jelas kok perhitungannya. Bukan harga asal ‘ketok’ orang pajak. Jadi di dalam surat tersebut dijelaskan, isi barang, kapan harus diambil, pembayaran dan juga perincian pajak masuk tersebut.

Jadi, sewaktu kalian harus membayar pun, nggak ada rasa sakit hati seperti dibohongi, hehe. Berdasarkan kemarin saya membayar pajak masuk paket makeup Jeffree Star X Shane Dawson, saya harus membayar pajak masuk sebesar Rp697.000, dari total belanja saya, yaitu $166.21, atau kalau dirupiahkan jadi Rp2.432.150. Termasuk make sense kan ya, harga pajak yang perlu di bayar ini?

Seperti apa hitungan masuk pajak ini? Ada bea masuk 7.5%, PPN 10%, PPh 10%, dan bea pelalubeaan. Persenan ini akan dihitung dari harga barang yang kalian beli, yaitu dari harga dolar, yang kemudian akan dikalikan dengan kurs rupiah yang sedang berlaku saat itu.

Namun, kalau kalian mau kira-kira sendiri pajak masuk yang nantinya kalian harus bayarkan, sebenarnya Bea cukai sudah memiliki app sendiri, yaitu Mobile Bea Cukai. Sayangnya aplikasi ini baru ada di smartphone Andriod saja. Kira-kira, seperti inilah gambaran aplikasi penghitungan bea cukai memalui app:

Proses Pembayaran dan Menebus Barang Import di Bea Cukai-3

 

Lalu gimana dengan proses pengambilan barang? Seperti yang saya bilang di atas, proses pengambilan ini sangat cepat kok, nggak sampai satu jam, barang sudah diserahkan ke saya. Berikut tahap-tahap pengambilan barang di bea cukai:

1. Lakukan pembayaran bea cukai masuk yang sudah ditentukan. Untuk sistem pembayaran pajak ini bisa dilakukan dengan dua cara, satu dengan transfer ke rekening Bea Cukai yang sudah tertera di surat, atau membayar cash saat ingin menebus barang.

2. Jangan lupa bawa surat bea cukai yang kalian sudah terima. Dalam surat tersebut ada e-billing yang menjadi identitas paket kalian.

3. Saat sampai di kantor Pos, kalian langsung waiting list dan tuliskan e-billing kalian di loket pertama. Selanjutnya tinggal tunggu panggilan ke loket ke-2 untuk memberikan bukti pembayaran.

4. Setelah memberikan bukti pembayaran, surat kalian akan di cap lunas dan kalian akan diminta untuk langsung ke loket 3, untuk diambilkan barangnya.

5. Barang akan langsung diberikan ke kalian dalam jangka waktu 10 menit.

 

N
Itu tadi pengalaman saya bayar pajak masuk import ke Indonesia. Sebagai first timer, saya merasa ini experience yang menyenangkan, karena prosesnya yang mudah, cepat dan nggak bikin stres sama sekali. Jadi, kalau kalian mau impor barang ke Indonesia, sudah nggak perlu takut lagi, karena menurut saya sistem impor di Indonesia sudah jauh lebih membaik kok. :)