Maskara Moko-Moko VS Sis2Sis, Mana yang Lebih Bagus?

Butuh maskara kemasan kecil? Coba baca perbandingan maskara Moko-Moko dengan Sis2Sis ini terlebih dahulu!

Maskara adalah produk makeup yang paling jarang saya pakai. Bulu mata saya tipis dan pendek, menyedihkan banget deh. Jadi saya lebih suka langsung pakai bulu mata palsu saja kalau sedang full makeup. Dan sebelum pakai bulu mata palsu, saya jarang sekali pakai maskara, soalnya beneran deh, bulu mata saya tipis banget, jadi nggak kelihatan misah dengan bulu mata palsu yang sedang saya pakai. Lalu, saya juga nggak terlalu suka pakai maskara karena saya khawatir proses pembersihan maskara bikin bulu mata asli saya yang sudah tipis ini jadi makin rontok atau tercabut.

maskara sachet-Arum (4) - Copy

Tapi tetap saja, saya punya produk maskara di rumah. Just in case saya lagi butuh, saya punya produknya. Tapi tahu sendiri kan, maskara adalah produk makeup yang masa PAO-nya paling cepat, yaitu 3-5 bulan saja. Dan untuk orang yang jarang pakai maskara seperti saya, rasanya sayang saja kalau saya harus membeli maskara dengan ukuran full size yang besar. Karena biasanya, maskara tersebut cuma saya pakai 4-5 kali, sudah harus dibuang dan diganti dengan yang baru. Makanya, saya senang ketika ada produk maskara yang dikemas dalam kemasan sachet.

Cara Untuk Selalu Sadar Dengan PAO Produk Makeup

Saya sebisa mungkin memang membeli produk makeup ukuran full size dan menghabiskannya kok. Tapi untuk produk maskara, ini pengecualian karena alasan yang sudah saya jelaskan di atas.

Nah, waktu hunting maskara di Indomart, saya menemukan dua produk maskara dengan kemasan sachet, yaitu Sis2Sis Volumizing Mascara 01 Jet Black dan Moko-Moko My Precious Mascara Midnight Black. Jadi saya terpikir untuk membandingkannya. Siapa tahu bisa membantu teman-teman memutuskan mau membeli produk yang mana.

 maskara sachet-Arum (2) - Copy

Packaging

Bentuk kemasannya dan ukurannya sama persis, hanya beda desain gambar dan tulisan saja. Aplikatornya juga hampir mirip, hanya saja aplikator Sis2Sis sedikit lebih panjang dari Moko-Moko. Namun perbedaannya tidak terlalu signifikan dan tidak mempengaruhi performa masing-masing produk.

Saya sempat mengira kedua produk ini mungkin dibuat oleh perusahaan yang sama. Namun ternyata berbeda. Sis2Sis adalah produk lokal Indonesia, sedangkan Moko-Moko adalah brand China.

maskara sachet-Arum (3) - Copy

Formula

Tekstur tinta Moko-Moko sedikit lebih cair daripada Sis2Sis. Namun, perbedaannya lagi-lagi nggak terlalu signifikan kok. Baru benar-benar terasa karena saya memang sengaja memperhatikan dengan seksama, untuk membuat artikel perbandingan ini. Namun kalau nggak diperhatikan, sebenarnya perbedaannya nggak terlalu terasa juga. Lalu untuk warna tintanya, Moko-Moko sedikit lebih hitam pekat dibandingkan Sis2Sis.

Keduanya sama-sama tipe maskara yang ber-fiber, sehingga bisa memberi efek bulu mata terlihat lebih tebal dan ber-volume. Serat-serat fiber pada maskara Sis2Sis ini sedikit lebih banyak daripada Moko-Moko. Jadi efek volumizing-nya lebih bagus Sis2Sis, namun efek sampingnya Sis2Sis lebih gampang clumpy.

Tipe brush aplikatornya benar-benar mirip, walau ada sedikit perbedaan ukuran. Sikat kedua maskara ini bikin keduanya kurang nyaman bila dipakai di bulu mata bagian bawah. Kalau saya sih solusinya, pakai alat bantu berupa kartu bening, untuk mempermudah pemakaian kedua maskara ini.

Baca juga: DIY Alat Bantu Memakai Maskara

Daya Tahan

Keduanya sama-sama waterproof dan tahan lama. Saya pakai dari pagi hingga sore, kedua maskara ini nggak nyeplak ke area bawah mata dan nggak bikin mata panda, asal selama pemakaian nggak dikucek-kucek matanya. Ketika dibersihkan juga sama susahnya :D.

Ingredient

IMG_3701 - Copy

Saya langsung fotokan dari kemasannya saja ya, barangkali ada yang butuh untuk tahu ingredient-nya. Sekilas lihat, ingredient kedua maskara ini berbeda.

Pilih mana?

Jujur saja, maskara ini nyaris serupa. Bukan hanya kemasannya namun juga performa produk dan daya tahannya. Ada sih perbedaannya, tapi kecil sekali dan nggak signifikan. Harganya sama-sama Rp.25.000 saja. Namun Moko-Moko punya isi produk yang lebih banyak yaitu 2,5 ml, dibandingkan Sis2Sis yang hanya 2 ml.

Saya sendiri nggak masalah menggunakan produk yang mana saja. Jadi menurut saya, manapun yang sedang tersedia di Indomart atau Alfamart saat saya sedang mencarinya, ya itu yang akan saya beli.

Tapi sebenarnya, botol maskara ukuran normal juga tidak terlalu besar dan masih tergolong travel friendly lho. Jadi kalau kamu termasuk sering atau selalu pakai maskara, tidak ada alasan sih untuk mencari maskara kemasan sachet, dan sebaiknya beli maskara dengan kemasan botol yang full size saja.