banner-detik

skin care

Review Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet

seo-img-article

texture-botanic farm-grain ferment-cleansing sherbet

Dua bulan lalu saya kenalan dengan cleansing balm asal Korea ini. Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet merupakan cleansing balm keluaran brand indie Korea yang berhasil mencuri perhatian saya dan berhasil jadi favorit saya. Simak yuk, review selengkapnya! 

 

Cleansing dan moisturizing menjadi dua hal yang sangat saya perhatikan untuk merawat kulit. Soalnya, kulit saya memang reaktif dan gampang dehidrasi kalau proses pembersihannya kurang maksimal. Makanya, cleanser yang paling cocok di kulit saya biasanya yang punya kemampuan membersihkan dengan maksimal sekaligus harus punya efek melembapkan. Misalnya, cleansing balm.

Perjalanan saya mencoba cleansing balm sebenarnya cukup panjang. Setelah mencoba cleansing oil dan kulit menunjukkan reaksi negatif, akhirnya saya memberanikan diri untuk mencoba cleanser yang satu ini. Cleansing balm pertama saya berasal dari brand indie skincare Korea, Botanic Farm yang merupakan anak dari perusahaan Emily Co yang mengusung konsep natural dan organik.

Baca juga: Apa Perbedaan Cleansing Oil & Cleansing Balm

Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet merupakan cleansing balm yang mengandung key ingredients rice, rice bran, and soybeans. Sejak pertama kali mencobanya, saya langsung dibuat jatuh cinta. Setidaknya hingga 2 bulan pemakaian, saya belum tertarik untuk mencoba cleansing balm lain. Kira-kira apa saja yang membuat saya terkesan dengan produk ini? Yuk, baca sampai tuntas review produknya kali ini! 

Packaging

grain ferment cleansing sherbet-ernykurnia

Seperti cleansing balm lainnya, Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet ini juga hadir dengan kemasan berbentuk jar. Dari segi packaging-nya sangat sederhana dengan paduan warna cokelat muda di bagian tubuh jar-nya dan cokelat tua pada bagian penutupnya. Di kemasannya disertai keterangan singkat tentang produk dan tetap terkesan simpel. 

Sayangnya, keterangan pada packaging Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet ini semuanya menggunakan hangeul sehingga saya kesulitan memahami informasinya. Alih-alih memahami info pada kemasannya, saya justru googling review beauty blogger di belahan dunia lainnya karena jauh lebih mudah untuk dipahami. 

Baca juga: Double Cleansing Bikin Breakout?

Walau begitu, dari segi packaging ini ada beberapa poin yang saya suka. Salah satunya setelah tutup ulirnya kita buka, masih ada stopper atau tutup di dalam yang berfungsi menjaga balm di dalam jar agar lebih higienis dan tidak langsung menyentuh tutup ulirnya. Ada spatula kecil juga di dalamnya yang sangat membantu saya saat ingin mengambil balm di dalam jar untuk diaplikasikan ke seluruh bagian muka. 

Aroma dan Tekstur

texture-botanic farm-grain ferment-cleansing sherbet

Sudah refleks kalau pertama kali mencoba skincare pasti saya langsung cium dulu aromanya. Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet punya aroma wangi lembut yang tidak mengganggu sama sekali. Wajar karena cleansing balm ini memang mengandung parfum. Untungnya, kandungan parfum pada produk ini nggak memicu reaksi negatif di kulit saya selama dua bulan ini. Aroma wangi lembutnya langsung lenyap saat cleansing balm ini diaplikasikan ke seluruh kulit wajah. Which is good karena umumnya aroma wangi berlebihan pada skincare bisa memicu masalah kulit. 

Untuk teksturnya sendiri cukup thick, tetapi begitu diaplikasikan ke kulit wajah teksturnya langsung berubah mencair menjadi oily. Perubahan tekstur ini mempermudah saya untuk membersihkan kulit dari makeup yang menghiasi wajah seharian. Kemampuannya yang bagus untuk mengangkat makeup memang menjadi andalan saya untuk menghapus complexion di kulit wajah hingga sisa-sisa makeup di sekitar mata. 

Baca juga: Review The Ordinary Squalane Cleanser. Bagus Nggak Sih?

Berhubung Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet merupakan cleansing balm pertama saya, jadi saya nggak bisa membandingkan dari segi aroma dan teksturnya dengan cleansing balm lain seperti Banila maupun Pond’s.

Formula dan Klaim 

botanic farm-grain ferment cleansing sherbet-ernykurnia

Dari segi formula, Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet ini punya tiga kandungan utama yaitu rice, rice bran, and soybeans sebagai key ingredients-nya. Ketiga key ingredients tersebut berfungsi untuk memaksimalkan proses pembersihan sehingga merevitalisasi kulit sekaligus sebagai agen pencerah kulit alami. 

Klaimnya, Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet ini tak hanya membantu membersihkan kulit dengan maksimal. Namun juga membantu mencerahkan, melembapkan, dan membuat kulit tetap terasa kenyal. Nah, selama dua menggunakan cleansing balm ini saya memang menyadari kalau kulit jadi lebih terjaga kelembapannya. Apalagi tipe kulit saya ini cenderung reaktif dengan cleanser dan menunjukkan efek kulit jadi kering kalau nggak cocok. Selama dua bulan pemakaian, reaksi kulit saya sangat baik seusai menggunakan cleansing balm ini. 

Ingredients

Cetyl Ethylhexanoate, Caprylic/Capric Triglyceride, PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Polyethylene, PEG-10 Isostearate, Trihydroxystearin, Fragrance (Parfum), Tocopheryl Acetate, Rice Ferment Filtrate (Sake), Saccharomyces/Rice Bran Ferment, Lactobacillus/Soybean Ferment Extract, Butylene Glycol, Phenoxyethanol

Penggunaan

erny kurnia-botanic farm-grain ferment cleansing sherbet

Karena saya tidak setiap hari menggunakan makeup full di wajah, jadi saya menggunakan cleansing balm ini hanya sesekali ketika merasa kulit membutuhkannya. Soalnya Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet ini punya kemampuan membersihkan makeup dengan baik dan agak sayang kalau digunakan pada kulit bare face. 

Baca juga: Jenis-Jenis Cleanser Yang Harus Kamu Tahu

Cara menggunakan cleansing balm ini cukup praktis: ambil sedikit dengan spatula dan aplikasikan ke seluruh wajah dengan tangan. Lalu pijat lembut dan bersihkan dengan handuk lembut, facial wipes, atau kapas yang sudah dibasahi dengan micellar water. Paling maksimal bila saya membersihkannya dengan washlap yang sudah dibasahi air hangat. Setelah itu tinggal cuci muka seperti biasa dengan facial wash. 

Membersihkan kulit wajah dengan cleansing balm ini menurut saya benar-benar bersih hasilnya tanpa meninggalkan efek kulit kering. Saya seneng banget karena kulit berasa bersih, tapi tetap lembap dan bouncy!

Final Verdict

BOTANIC FARM CLEANSING BALM

Sebagai pemilik kulit yang kurang cocok dengan oil cleanser, saya sebenarnya nggak menaruh ekspektasi tinggi pada cleansing balm ini. Tapi justru Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet ini disambut baik oleh kulit saya. Teksturnya yang thick dan melted saat menyentuh kulit sangat mild, tetapi hasilnya kotoran di wajah terangkat sempurna.

Yang terpenting satu kali pembersihan, makeup atau kotoran di wajah langsung luntur. Praktis banget digunakan ketika kita butuh membersihkan sisa makeup waterproof atau full coverage lainnya. After taste dari penggunaan cleansing balm ini juga nyaman karena meninggalkan efek lembap dan bouncy di kulit tanpa terasa greasy. 

Baca juga: Mengenal Surfactan Dalam Cleanser

Saya belum punya alasan untuk nggak menyukai cleansing balm yang satu ini. Dan rupanya nggak hanya saya, tetapi banyak user Female Daily apps juga menyukai produk ini lho! Saat saya cek ingredients produknya di skincarisma.com pun sama, banyak review positif tentang Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet.

Bagi kamu yang pengen nyobain Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet, saat ini mereka belum officially hadir di Indonesia. Tetapi udah banyak kok seller di marketplace yang menjualnya. Untuk kisaran harganya sendiri sekitar Rp200.000,- – Rp400.o00,-. Worth the price? For me, yes!

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment