banner-detik

skin care

Kulitmu Kering? Coba Deh Lirik Manfaat Squalane!

seo-img-article

tentang squalane

Setelah berada di luar ruangan beberapa waktu, alih-alih mengambil botol gel aloe vera, saya justru menggunakan produk yang bantu menenangkan kulit yakni yang mengandung squalane. Penasaran apa manfaat squalane?

Matahari musim panas belakangan ini kok tega banget ya? Sadar nggak sih, beberapa hari lalu suhu panas di Jakarta bisa menebus 41 derajat Celcius lho. Walaupun kelihatannya nggak terlalu terik atau mendung, nggak berarti kamu bisa skip pakai sunscreen. Setelah berada di luar ruangan beberapa waktu, alih-alih mengambil botol gel aloe vera, saya justru menggunakan produk yang bantu menenangkan kulit yakni yang mengandung squalane. Apa saja sih manfaat squalane? Berikut ini hal-hal yang perlu kamu tahu tentang squalane

Apa itu squalane, dan dari mana asalnya?

Squalane adalah bahan alami yang tidak berwarna yang biasanya berasal dari dua sumber: minyak hati ikan hiu dan minyak nabati. Jika kedengarannya janggal dan nggak pengen kamu pakai di wajah, jangan khawatir. Sebagai contoh, squalane dalam produk Biossance yang mengambil ekstraknya dari tanaman tebu. Merek lain seperti The Ordinary dan Indie Lee juga menggunakan squalane yang berasal dari tumbuhan.

BIOSSANCE SQUALANE VITAMIN C ROSE OIL

INDIE LEE SQUALANE FACE OIL

THE ORDINARY SQUALANE

Bahkan kulit manusia sendiri menghasilkan squalane juga lho, yang digunakan tubuh untuk mengunci kelembapan agar tetap sehat dan terhidrasi. 

“Ini adalah salah satu dari banyak zat lemak alami yang diproduksi tubuh untuk melumasi dan melindungi kulit,” kata dokter kulit Dr. Gretchen Frieling.

Bagaimana cara pemakaian squalane?

Sekarang kamu udah tau kan dari mana asalnya squalane, lalu gimana sih cara pemakaiannya?  Pertama dan terpenting, manfaat squalane adalah melembapkan wajah dan tubuh dengan sangat baik karena ia sendiri bersifat antioksidan dan emolien. 

“Karena kulit sudah membuat versi squalane sendiri, maka produk yang mengandung squalane bisa dengan mudah menembus dan mengisi kembali penghalang kelembapan alami,” ujar Caroline Hadfield, presiden Pipette, merek perawatan bayi dan perawatan kulit bersertifikasi yang menggunakan squalane di banyak produknya. 

PIPETTE BABY BALM

 

Squalane juga cukup lembut untuk digunakan pada berbagai jenis kulit dan ditujukan untuk kulit segala usia lho!

Manfaat squalane juga bagus untuk menenangkan eksim, dermatitis, dan psoriasis, serta melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.

Kamu  juga bisa banget menggunakannya pada kuku karena bagus banget untuk merawat kutikula. Selain itu juga bisa diaplikasikan pada area bawah mata dan bibir untuk bantu menyembuhkan luka pecah-pecah (bahkan lebih baik daripada banyak lip balm). Nggak cuma itu aja, squalane juga dapat membantu mengembalikan vitalitas pada rambut kering.

Jika kamu tinggal di daerah dengan cuaca ekstrem, menggunakan squalane sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban dan mempertahankan kelembutan alami rambut.

Nah, sepertinya beauty shelf kamu perlu kehadiran “bintang baru” nih! Atau kamu selama ini sudah pernah merasakan manfaat squalane? Jangan lupa share di comment ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment