banner-detik

beauty school

Karotenoid dan Vitamin E, Sumber Antioksidan yang Bagus Buat Tubuh dan Kulit

seo-img-article

antioksidan

Buat yang masih belum paham kenapa antioksidan itu penting, mungkin saya akan bercerita sedikit soal hal ini.

Nah, supaya lebih bisa memahami, mari kita sama-sama mengenal dulu yang namanya radikal bebas kali ya. Jadi, radikal bebas ini memang merupakan hasil dari proses oksidasi yang terjadi di dalam tubuh. Tapi, radikal bebas juga juga bisa dihasilkan dari agresi eksternal, seperti polusi, sinar UV, asap rokok, hingga cuaca yang kurang baik, sehingga bisa memicu kerusakan pada sebagian sel dan DNA, menghadirkan banyak penyakit kronis, hingga memicu penuaan dini pada kulit. Inilah yang menjadi alasan kuat mengapa kita membutuhkan antioksidan. Long story short, antioksidan lah yang bisa membantu menetralisir radikal bebas sebelum proses oksidasi terjadi sehingga kerusakan tersebut bisa dihindari.

Vitamin E

Kalau vitamin C sudah bukan sumber yang asing lagi saat kita membahas soal antioksidan, maka sekarang saya akan cerita soal beberapa sumber lainnya yang juga bisa kita gunakan untuk melindungi tubuh atau melawan efek buruk radikal bebas. Kalau dari beberapa jurnal yang sempat saya baca, ternyata v­­itamin C itu akan berfungsi dengan lebih optimal saat dikombinasikan dengan sumber antioksidan lainnya, yaitu vitamin E. Pada dasarnya, vitamin E memang bisa kita konsumsi secara natural ataupun olahan (dalam bentuk suplemen) tapi memang beberapa dokter lebih merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin E dalam bentuk alami, yang tentunya gampang juga untuk diperoleh. Beberapa di antaranya adalah, kuning telur, tahu, bayam, kacang tanah, kedelai, almond, strawberry, raspberry, alpukat, udang, labu, brokoli, wheatgerm oil, sampai biji bunga matahari.

antioksidan

Lalu fungsi utamanya apa sih? Jadi, vitamin E itu akan membantu melindungi sel tubuh kita dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, hingga penyakit mata. Kombinasi antara vitamin C dan E yang dikonsumsi secara bersamaan juga bisa membantu mencegah beragam penyakit degeneratif, lho. Nggak cuma itu saja, vitamin E juga bisa membantu melindungi kulit kita dengan efek antioksidannya. Seperti misalnya, wheatgerm oil dan raspberry extract yang diformulasikan ke dalam skincare. Kandungan antioksidan yang tinggi dari bahan-bahan tersebut juga ternyata ampuh banget buat membantu menetralisir dan melindungi kulit dari radikal bebas dan tentunya membuat kulit menua dengan lebih baik.

antioksidan

Supaya kalian lebih gampang cari skincare yang punya kandungan tersebut, ada rangkaian Vitamin E dari The Body Shop® yang super lengkap buat dicoba. Mulai dari Gentle Facial Wash, Cream Cleanser, Gentle Cleansing Facial Wipes, Hydrating Toner, Gel Moisture Cream, Day Lotion SPF 30, Moisture Cream, Night Cream, dan juga Quench Sheet Mask.

Selain punya manfaat antioksidan, rangkaian Vitamin E ini juga bisa membantu melembapkan dan menutrisi kulit kita dengan baik, serta memaksimalkan kadar air pada kulit. Untuk pelembap di siang hari, kalian juga punya tiga macam formula untuk dipilih, Gel Moisture Cream yang teksturnya lebih ringan dan nggak terasa berat, Day Lotion SPF 30 buat kalian yang suka sama cream bertekstur milky dengan kandungan SPF di dalamnya, serta Moisture Cream untuk tekstur yang lebih thick sehingga pas banget buat kamu yang punya kulit lebih kering.

antioksidan

Karotenoid

Sebenarnya, karotenoid itu merupakan sebuah senyawa kimia yang memberi warna alami pada buah dan sayuran. Biasanya, warna yang diihasilkan adalah oranye, merah dan kuning cerah. Kalau dihitung-hitung, karotenoid itu memiliki sekitar 600 jenis. Tapi tentunya saya nggak akan bahas satu persatu. Nah, yang paling umum kita ketahui adalah, alpha karoten, beta karoten, lutein, zeaxanthin dan lycopene yang banyak mengandung antioksidan di dalamnya.

Selain memang terkenal untuk menjaga kesehatan penglihatan kita, karotenoid yang mengandung vitamin A ini juga dipercaya bisa membantu mencegah hadirnya penyakit degeneratif karena bisa mempertahankan fungsi sistem imun tubuh dan punya kandungan antioksidan yang tinggi. Lalu, kalau kalian mengonsumsi betakaroten dengan dosis yang cukup, menurut jurnal yang saya baca, hal tersebut juga bisa membantu menghambat sel-sel kanker dan juga bantu melindungi arteri dari penyumbatan yang biasa menyebabkan stroke.

antioksidan

Lalu, ada juga nggak sih manfaatnya buat kesehatan kulit? Pastinya! Karena seperti saya ceritakan sebelumnya, karotenoid ini tuh mengandung banyak antioksidan yang memang bisa membantu mengatasi efek buruk radikal bebas pada kulit kita. Selain kita bisa mendapatkannya dari banyak banget makanan, seperti wortel, tomat, brokoli, kale, jeruk, ubi jalar, labu, jagung, hingga kubis, kita juga bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah dengan memilih skincare yang punya manfaat vitamin A di dalamnya.

Pas banget, hal tersebut dimiliki oleh The Body Shop® Carrot range. Terdiri dari Energising Face Cleanser dan Nature Rich Daily Moisturizer, rangkaian ini memanfaatkan kebaikan dari wortel yang memiliki sumber antioksidan dan vitamin A yang tinggi. Selain menggunakan organic carrot, produk ini juga mengandung Community Trade aloe vera dari Meksiko, untuk membuat kulit kita jadi terasa lebih lembap dan tenang. Facial cleanser-nya sendiri juga bisa digunakan untuk mengangkat kotoran dari pori wajah, tanpa bikin kulit kita terasa ketarik. Lalu, daily moisturiser-nya pun bisa melindungi kulit dari radikal bebas, membantu melembapkan wajah, serta menjadikannya terlihat lebih sehat dan glowing!

antioksidan

Nggak susah lagi kan sekarang buat cari sumber antioksidan di sekitar kita. Selain bisa melawan radikal bebas dengan mengonsumsi makanan dan vitamin, kalian juga sekarang punya opsi untuk melindungi kulit lebih mudah dengan aplikasi dua rangkaian produk The Body Shop® ini. Ada yang sudah pernah coba rangkaian Vitamin E dan Carrot belum?

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment