Mengulik Ifan Rivaldi, si Jagoan Effortless Beauty

Kadang semesta tuh bekerja dengan cara yang tidak terduga. Berawal dari lihat-lihat counter make-up yang identik dengan baju seragam hitam, Ifan Rivaldi iseng melamar kerja di MAC Cosmetics dan sekarang berhasil menjadi salah satu makeup artist yang disegani!

IFAN RIVALDI 2

Ifan Rivaldi Bicara Karir

Di awal bekerja di MAC Cosmetics, saya memang suka dengan simple & easy make-up, yang bikin klien terlihat effortless. Pokoknya makeup sederhana yang tidak terlihat adanya peralihan dari wajah tanpa makeup ke wajah bermakeup. It became my DNA and it made who I am today. Siapa yang sangka sih dari makeup artist di counter mall bisa jadi makeup artist seperti sekarang? Konsistensi akhirnya membawa saya ke titik sekarang. Oh iya, saat ini saya juga mulai membagikan tips efforless beauty ala Ifan Rivaldi di YouTube lho. Banyak sekali tips & tricks yang bisa kalian lihat dan ikuti di channel YouTube saya. Semoga aja sih bisa mengubah pola pikir kebanyak orang mengenai beauty standard yang ada, lebih bagus lagi kalau bisa mengubah mindset orang-orang untuk lebih rutin menggunakan skincare daripada menutupi kekurangan dengan make-up!

Kata Ifan Rivaldi Soal Beauty Standard

Saya sendiri suka bingung dengan beauty standard yang ada seperti contour harus terlihat tegas, alis harus rapi dan kembar, kantung mata harus tertutup sempurna. Sangat disayangkan sih, kenapa sih nggak embrace kekurangan di wajah? Padahal sejatinya nggak ada lho sosok manusia sempurna di muka bumi ini, pasti ada saja kekurangannya, dan menurut saya pribadi, kekurangan itu bikin kita terlihat one of a kind.

upacara-lamaran-pasangan-ayla-dimitri-dan-rama-sofyan-yang-indah-3

Ifan Rivaldi Ngobrol Tentang Gaya Makeup 

Indonesia tuh memiliki banyak banget style makeup, ada yang bold dan soft. Semua punya pangsa pasar masing-masing dan nggak perlu lah shaming gaya makeup orang. Kalau kamu suka bold, cari makeup artist dan inspirasi makeup bold, nggak perlu ngomong “ih gak manglingi” ke penyuka makeup soft. Begitu juga sebaliknya. Namun satu hal yang perli diingat, make-up adalah seni sehingga kalau kamu mau terjun ke dunia makeup artistry, carilah keunikan di karya kamu. Jangan seragam semua, hal kaya gini yang bikin kamu nggak berkembang.

745

Kata Ifan Rivaldi Soal Putri Marino

Can we just skip this topic? Sudah dua tahun tapi kayanya masih banyak yang penasaran ya! Hahahahaha! Satu hal yang bisa saya bilang adalah, saya di hari pernikahan Putri itu mengamati semuanya, wedding dress-nya dan suasana hati si pengantin, sehingga saya memilih untuk membuat Putri Marino as Putri Marino on her wedding. Beda pengantin ya beda gaya, misalnya Ayla Dimitri saya buat lebih bold dengan fokus di bibir. Jadi nggak ada makeup pengantin ala Ifan Rivaldi itu soft semua! Semua disesuaikan dengan si bride-nya itu sendiri. Cuma ya yang paling heboh memang makeup Putri Marino saja, padahal saya nggak expect akan seheboh itu apalagi sampai steal the spotlight!

Ifan Rivaldi Bicara Skincare Routine

Saya percaya banget kalau makeup yang bagus dimulai dari kulit wajah yang sehat. Skincare itu penting banget untuk merawat dan mempersiapkan wajah kalian. Nggak harus muluk-muluk, skincare itu yang penting konsisten. Saya tipe orang yang jarang gonta-ganti skincare, terutama skincare yang sudah cocok di kulit. Setiap hari saya cuci wajah menggunakan Smooth-E Baby Face, facial wash dari Thailand, yang sudah saya gunakan selama 5 tahun. Dilanjutkan toner dari Son & Park Cleansing Beauty Water atau Whamisa Organic Flowers Essence Toner. I do a little experiment on serum department, favorit saya La Mer atau Dr. Barbara Sturm. Sunscreen is a must! Saya menggunakan sunblock dari Erha Clinic yang sudah saya gunakan sejak 12 tahun lalu!

Body Care Favorit Ifan Rivaldi

Berbanding terbalik dari skincare, saya suka banget experiment dengan body care! Menurut saya, penting banget menggunakan body moisturizer seperti body butter karena kulit yang kering itu memberikan kesan kusam. Semua merk sudah saya coba sih, dari Herborist, The Body Shop, hingga Jo Malone yang paling mahal sekalipun. Pokoknya jangan skip body moisturizer!

 

Sayangnya saya tidak mendapatkan cukup waktu untuk berbincang mengenai produk makeup andalan Ifan Rivaldi, tapi beberapa kali pertemuan dengan Ifan cukup memberikan saya insight mengenai produk-produk makeup he swears by. Pertama, Dior Backstage Face & Body Foundation adalah foundation andalan Ifan Rivaldi untuk membuat tampilan kulit yang flawless dan tetap terlihat seperti kulit. Saya sih setuju banget kalau foundation ini memang works like a magic dan harganya juga cukup terjangkau. Selain itu, Ifan juga lagi suka banget dengan full coverage concealer dari Chantecaille yang katanya bisa menutupi noda apapun dengan sempurna.

Gimana menurut kamu tentang makeup Ifan Rivaldi? Tertarik untuk mengikuti jejaknya?