Cara Agar Kulit Tetap Sehat di Cuaca Panas

Sudah menjelang November, tapi Indonesia sama sekali tidak terasa teduh, apalagi dingin karena hujan. Cuaca panas terus menyerang sehingga tubuh jadi mudah sakit dan kulit pun gampang lengket, gerah, bahkan bisa sampai terasa perih.

Selain karena kemarau panjang, global warming juga menjadi faktor penyebab Indonesia punya cuaca panas yang mengerikan akhir-akhir ini. Bahkan di 20 Oktober lalu, suhu di Jakarta mencapai 38 derajat!

Ada banyak kok yang bisa kita lakukan dalam mengatasi hal ini, baik untuk kenyamanan diri sendiri maupun bersama. Pertama, pastikan kita nggak kekurangan asupan air putih karena air putih sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh dan kulit. Minimal 8 gelas sehari ya, supaya bebas dari dehidrasi! Lalu, selalu gunakan pakaian yang menyerap keringat agar lebih nyaman melakukan kegiatan sehari-hari. Jangan lupa juga untuk melakukan tindakan-tindakan yang ramah lingkungan untuk membantu menyelamatkan bumi, misalnya buang sampah di tempatnya, membawa botol minum supaya nggak sering beli air minum kemasan, mendaur ulang pakaian bekas, membawa tas belanja sendiri, dan sebagainya. Meskipun terasa “kecil” tapi impact-nya bisa besar lho!

Nah, kalau cara spesifik untuk menjaga kulit tetap sehat gimana ya? Kamu bisa simak beberapa tips di bawah ini:

1. Gunakan moisturizer yang ringan

Setiap pagi dan malam, aplikasikan moisturizer yang teksturnya ringan dan mudah meresap. Misalnya, yang teksturnya gel atau water-based. Jadi, kulitmu tetap lembap tapi nggak akan terasa lengket atau berminyak, jerawat pun nggak mudah muncul.

Ada banyak kok moisturizer seperti ini, contohnya Clinique Moisture Surge 72 Hour Aut0-Replenishing Hydrator, Kiehl’s Calendula Serum Infused Water Cream, Neutrogena Hydro Boost Water Gel, Hada Labo Perfect 3D Gel, atau Joylab Moisture Bomb Pudding Gel Creme.

CLINIQUE MOISTURE SURGE

KIEHL'S CALENDULA SERUM-INFUSED WATER CREAM

2. Sunscreen nggak boleh ketinggalan

Pakai sunscreen setelah mengaplikasikan moisturizer di pagi hari adalah sebuah kewajiban. Pilih yang mengandung SPF minimal 30, dan juga punya PA+++ atau broad spectrum sunscreen, sehingga bisa melindungi kulit kamu dari efek buruk sinar UVA dan UVB. Sama seperti memilih moisturizer, kamu juga bisa membeli sunscreen yang teksturnya gel dan mudah menyerap, contohnya Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50/PA+++ atau Skin Aqua UV Super Moisture Gel SPF 50/PA++++.

Skin Aqua UV Sun Care

Sebaiknya, re-apply sunscreen setiap 2-3 jam sekali. Biar praktis dan nggak perlu menghapus makeup lagi, kamu disarankan punya sunscreen spray untuk dibawa ke mana-mana, seperti Kose Cosmeport Suncut UV Protect Spray SPF 50 atau The Body Shop Skin Defence Multi Protection Face Mist.

KOSE SUNCUT UV PROTECT SPRAY

The Body Shop Skin Defence Multi-Protection Face Mist SPF45 PA++

3. Asupan dari dalam

Selain minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter per hari, kamu juga bisa memperbanyak makan buah yang mengandung air seperti semangka, nanas, kiwi, jeruk, melon, dan pepaya. Makan buah-buahan ini akan menyejukkan tubuhmu dari dalam, menyuplai vitamin dan mineral, bikin pencernaan lancar dan kulit tetap kenyal.

KONSUMSI AIR PUTIH - ANTI DEHIDRASI

Kamu juga bisa lebih rutin mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah beri, rumput laut, kale, dan kacang-kacangan, supaya kulit dan tubuh punya proteksi dari radikal bebas.

PERBANYAK SAYUR DAN BUAH - ANTI DEHIDRASI

Kurangi minum soda, kopi, bubble tea, atau es krim yang justru bikin kamu makin haus dan punya banyak kandungan gula. Ingat, gula itu memicu peradangan pada kulit lho. Kelebihan asupan gula bisa bikin kulitmu jadi lebih kusam dan berjerawat.

Oh iya, jangan minum air yang terlalu dingin ya! Memang sih nggak ada yang mengalahkan kesegaran minum minuman dingin saat matahari di atas kepala, tapi ternyata ini bisa bikin tubuh “kaget”, tenggorokan bisa sakit, dan berbahaya bagi organ-organ tubuh kita. Jadi, pilih air putih dengan suhu biasa saja, sambil duduk dan minumlah perlahan-lahan.

Baca juga: 7 Makanan Penting untuk Melindungi Diri dari Polusi

4. Siapkan face mist

Sebagai penggemar face mist, saya juga ingin meracuni kamu untuk suka dengan produk beauty satu ini! Selain ampuh untuk menyegarkan kulit saat cuaca panas, face mist juga bikin kulit lebih lembap, bikin kita lebih rileks dan membantu mengurangi stres, complexion pun jadi lebih dewy dan terlihat segar.

Saya suka banget dengan Sulwhasoo Hydro-Aid Moisturizing Soothing Mist, Sensatia Botanical Aloe & Cucumber Face Mist, dan Caudalie Beauty Elixir karena aromanya nggak berlebihan dan menenangkan, nggak perih di kulit, dan bikin kulit jadi bercahaya sehat.

SULWHASOO HYDRO-AID MOISTURIZING SOOTHING MIST
SENSATIA BOTANICALS ALOE AND CUCUMBER FACE MIST

5. Perhatikan juga kulit tubuh

Kulit tubuh nggak boleh dilupakan. Jangan sampai kulit wajahmu saja yang glowing tapi kulit tubuhmu kering dan kusam. Sama seperti kulit wajah, kulit tubuh juga butuh moisturizer dan perlindungan dari sinar matahari. Mau yang praktis? Pakai body lotion dengan kandungan SPF yang cukup, seperti Vaseline Healthy White SPF 24 Lotion atau Nivea Extra White Firming Body Lotion SPF 30. Saat malam menjelang tidur, aplikasikan body lotion tanpa SPF, body gel, atau body cream yang teksturnya nggak lengket.

NIVEA EXTRA WHITE FIRMING BODY LOTION

VASELINE HEALTHY WHITE SPF 24

Aplikasikan juga body scrub 1-2 kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk, dan sesekali perlakukan kakimu dengan lebih penuh kasih sayang, misalnya rendam di air hangat, pakai foot scrub dan foot cream, atau ke salon untuk foot spa dan pedicure. Ini penting sekali kalau kamu sering pakai alas kaki terbuka yang bikin kakimu terpapar cuaca panas dan polusi. Kakimu sudah membawa kamu ke berbagai tempat lho. Saatnya berterimakasih!

6. Istirahat dari makeup

FACE CONTOURING MAKEUP

Ada sekian banyak produk untuk bikin makeup kamu lebih tahan lama di cuaca panas, misalnya face primer dan setting spray. Tapi, perlu banget lho kasih jeda bagi kulit wajahmu. Sesekali tampil dengan bare face ke kantor atau ke kampus nggak ada salahnya kan? Kalau kamu weekend di rumah saja, itu saat yang tepat untuk tampil polos dan memanjakan diri dengan masker.

Ingat, skincare first, karena skincare sifatnya menyerap dan menutrisi kulit, sementara makeup sifatnya dekoratif, hanya di luar wajah saja.

Mengistirahatkan wajah dari makeup sangat baik supaya kulitmu tetap bernapas dan nggak mudah berkomedo atau berjerawat. Bayangkan kalau setiap saat pakai makeup berlapis-lapis dan selalu diterpa cuaca panas yang menggila.. Wah, kalau bisa bersuara, kulitmu pasti akan berteriak.

Baca juga: Rekomendasi Parfum Segar untuk Cuaca Panas

7. Pakai lip balm dengan SPF

Kulit bibir termasuk kulit juga, kan? Jadi jangan lupakan si kecil yang penuh manfaat ini. Biar nggak cuma melembapkan, pilih lip balm yang mengandung SPF supaya bibirmu juga terlindungi dari cuaca panas. Kamu bisa pakai juga yang tinted yang bikin bibir tampil lebih merona, dan bisa dipakai saat kamu lagi ingin istirahat dari matte lipstick. Kiehl’s Butterstick Lip Treatment SPF 25 atau Fresh Sugar Lip Treatment SPF 15 adalah opsi yang tepat!

KIEHL'S BUTTERSTICK LIP TREATMENT SPF 25

FRESH SUGAR LIP TREATMENT SPF 15

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sambil berharap hujan segera turun dan cuaca lebih teduh. Goodluck!