banner-detik

20s

Mengenal Bahaya Hate Comments Terhadap Kesehatan Mental

seo-img-article

Komentar kebencian tentu menjadi hal yang ‘wajar’ kita lihat di dunia maya, tapi apakah kita sadar bahwa tulisan-tulisan ‘jahat’ tersebut dapat mempengaruhi kondisi mental seseorang?

Menyakiti perasaan seseorang secara verbal saat ini menjadi hal yang, sayangnya, lumrah dilakukan. Apalagi setelah social media semakin berkembang dan memudahkan para penggunanya untuk berbagi pendapat di kolom komentar, baik itu di Instagram, Twitter, dan social media lainnya. Kemudahan berkomentar dengan bersembunyi dibalik akun social media membuat banyak orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengutarakan kebencian mereka terhadap orang lain dengan anggapan bahwa apa yang mereka tulis adalah hal yang wajar. Tapi, apakah hal itu benar wajar?

 FD Babes Bacain Hate Comment di Youtube!-2

Your Mean Words Can Ruin Someone’s Day, Even Lives.

Kebayang gak sih, suatu pagi yang seharusnya penuh semangat untuk memulai hari tiba-tiba rusak dengan komentar yang tidak mengenakan di social media-mu. Sedih? Kesal? Mood kita tentu langsung rusak begitu membaca komentar jelek yang ditujukan pada kita. Mungkin sepele, tapi efek yang diberikan dari komentar yang ditulis hanya beberapa detik ternyata berdampak besar pada kehidupan seseorang. Kita gak pernah tau seberapa stabil kesehatan mental seseorang untuk menerima komentar buruk semacam itu, bisa jadi kehidupan mereka turut hancur karena tulisan jahat yang semula ditulis tanpa pikir panjang. 

Abaikan Aja Komentar Buruk Itu, Toh Gak Ganggu Kehidupan Kamu!

Anggapan satu ini memang tidak salah sepenuhnya, tapi kembali lagi ke awal, apakah kita bisa menjamin setiap orang bisa menerima hate comments? Perlu diingat bahwa bullying secara verbal memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental seseorang, beban dan cercaan berlebih pasti bisa membuat mereka ‘jatuh’. Kendalikan jari untuk tidak memberi komentar buruk ya! 

Mengenal Bahaya Hate Comments Terhadap Kesehatan Mental

Words Can Take Someone’s Life

Cyber Bullying menjadi salah satu ‘tragedi’ memilukan yang sangat nyata terjadi. Beberapa hari lalu, salah satu idola ternama Korea Selatan yaitu Sulli juga menjadi salah satu korban keganasan komentar buruk yang beberapa tahun terakhir menimpa dirinya tanpa henti. Belajar dari kejadian ini, seharusnya kita semua lebih aware terhadap cyber bullying, karena masih banyak yang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang sepele karena tidak ada kontak secara fisik yang menyakiti korban. Apa kamu yakin tulisan yang kamu buat tidak menyakiti mereka? 

Every Words You Wrote, Carry Weight

Jadilah pengguna social media yang cerdas dan berempati. Setiap kata yang ditulis tentu memberi pengaruh baik itu positif maupun negatif, nggak ada salahnya untuk be nice to each other, jika kamu gak punya hal baik untuk kamu bagikan dalam platform social media seseorang, lebih baik jangan memberi komentar apapun. Just keep it to your self, karena setiap tulisan yang kita tulis memiliki tanggung jawab besar lho! Saya juga ingat perkataan seorang vokalis favorit saya mengenai hate comments yang memang marak dan menjamur di dunia maya, every words we wrote carry weight, pasti akan dipertanggung jawabkan kelak.

Tulisan ini saya harap bisa mengurangi cyber bullying dan komentar jahat yang bisa mempengaruhi hidup setiap orang. Yuk! be nice to each other, dan lebih aware dengan sekitarmu, pastikan gak ada lagi yang tersiksa karena perkataan dan komentar buruk, jadilah pengguna social media yang cerdas, dan tentunya penuh empati.

 

Spread love and kindness!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment