Langkah Simpel Agar Makeup Tahan Panas dan Keringat

Tim naik ojek online atau transportasi umum lainnya? Pernah ngalamin makeup luntur karena kepanasan di jalan? Kali ini saya punya tips simpel agar makeup awet walau pun kena keringat dan panas.

Keluhan orang-orang yang harus menggunakan transportasi umum seperti KRL, ojek online atau bis adalah bikin makeup cepat luntur karena panas dan keringat. Tapi, saya punya tips agar makeup tetap awet walau pun keliling Jakarta menggunakan ojek online! Mau tahu caranya? Let’s check this out!

Langkah Simpel Agar Makeup Tahan Panas dan Keringat

Iya! Sampai sekarang saya masih memanfaatkan motor sebagai transportasi utama saya. Baik ke kantor maupun sekadar hang out. Biasanya, saya ke kantor tanpa menggunakan makeup dan baru mengaplikasikannya di kantor. Namun, hal tersebut nggak bisa saya lakukan jika saya pergi-pergi di akhir pekan. Mau ke mall, ke pesta pernikahan, bahkan foto pre-wedding pun saya jabani dengan menggunakan motor. Nggak mungkin dong, saya makeup-an di mall atau pesta? Ini dia  langkah simpel yang saya lakukan untuk membuat makeup tahan panas dan keringat saat mengendarai motor.

Biarkan Skincare Meresap

Kesalahan beberapa orang adalah menggunakan makeup saat skincare (terutama sunscreen) masih basah dan lembap. Saya justru membiarkan skincare saya terserap dengan baik, menyemprotkan sedikit Studio Tropik Balance Priming Water, barulah menggunakan makeup. Cara ini membuat kulit wajah tidak terasa berat dan cakey setelah menggunakan makeup.

Make Over Velvet Mattifying Primer-3

Pilih Formula Primer dan Foundation yang Sama

Salah satu penyebab wajah terasa cakey adalah menggunakan formula primer dan foundation yang berbeda. Pastikan kamu menggunakan primer water-based jika menggunakan foundation water-based, atau menggunakan primer silicon-based saat menggunakan foundation silicon-based. Percaya deh, blending rasanya lebih mudah dan mampu tahan lebih lama. Kombinasi favorit saya adalah Dior Backstage Face & Body Primer – Dior Backstage Face & Body Foundation, Hourglass Mineral Veil PrimerEstee Lauder Double Wear Foundation, Tatcha Silk CanvasMAC Face & Body.

MEMAKAI BEDAK-4

Gunakan Powder di Bagian Yang Berminyak dengan Puff

Pengaplikasian powder menggunakan brush memang akan memberikan efek natural, tapi gunakanlah puff untuk bagian yang mudah berminyak seperti dahi, hidung, dan dagu. Tekan perlahan untuk membantu penyerapan minyak. Sisanya? Bolehlah menggunakan brush, tetapi gunakan powder di bagian yang akan tertutup dengan masker agar tidak migrasi ke masker itu sendiri. Favorit saya? Tentunya Chanel Poudre Universelle Libre yang tahan seharian!

FACE MIST

Kunci Menggunakan Setting Mist untuk Mengunci Makeup 

Rasanya kerja keras kita akan sia-sia jika tidak menggunakan setting spray di akhir makeup. Saya menyemprotkan Studio Tropik DreamSetter Setting Spray hingga basah kuyup lalu segera saya keringkan. Setting spray yang didiamkan cenderung membuat makeup rusak, better to have mini fan on your hand! Oh iya, khusus Studio Tropik DreamSetter, saya membawanya dalam ukuran kecil untuk touch up nanti karena menggunakan Studio Tropik varian lain justru akan men-un-lock DreamSetter lho!

POLUSI

Jangan Lupakan Masker!

Yup, gunakan masker untuk menutupi makeup dari kotoran! Ada baiknya memilih masker dengan bahan yang ringan dan membuatmu tetap bernapas. Saya memilih menggunakan masker berbahan kain daripada masker sekali pakai karena lebih nyaman dan gak bikin gerah meskipun akan terkena makeup.

Jadi gak ada alasan untuk skip makeup karena menggunakan motor, ya! Good luck!