banner-detik

acne blemishes

Apakah Kita Butuh Alat Ekstraksi Komedo? 

seo-img-article

Perlu nggak sih kita punya alat untuk mengangkat komedo? Atau malah, ini jadi bahaya untuk kulit kita?

Kebiasaan memencet atau mencabut komedo atau dinamakan ekstraksi komedo, adalah tindakan yang sebenarnya nggak boleh dilakukan sembarangan. Tapi kebiasaan ekstraksi komedo ini emang susah banget untuk nggak dilakukan ya, apalagi kalau sedang berkaca di cermin. Ditambah lagi sekarang ini alat ekstraksi komedo semakin banyak di pasaran dan memancing rasa penasaran kita untuk mengangkat sisa “dosa-dosa makeup dan polusi” hehehehe. Yang jadi pertanyaan, sebenarnya apakah kita butuh alat ekstraksi komedo, dan bagaimana sih cara memakainya agar tetap aman bagi wajah? 

Apa itu alat ekstraksi komedo?

Pada dasarnya alat ekstraksi komedo ini terbuat dari besi atau stainless steel dan bentuknya sendiri menyerupai pinset. Biasanya alat ini memiliki dua sisi berbeda, yaitu sisi lingkaran kecil dan besar. Ujung kecil biasanya dimanfaatkan untuk mengambil komedo kecil dan blackhead. Sementara yang lingkaran besar dimanfaatkan untuk mengambil komedo yang agak besar. Ada juga alat lain yang bentuknya seperti tombak (pinset) yang ditujukan untuk menusuk whitehead dan mencabutnya.

alat ekstraksi komedo

Gimana fungsi dan cara kerja alat ekstraksi komedo?

Alat ini membantu proses ekstraksi komedo  yang pada dasarnya menghilangkan penyumbatan dari pori-pori kamu. Bagian lingkaran di ujung dirancang untuk memberikan tekanan ke bawah sehingga mengangkat komedo yang menyumbat di kulit. Adapun yang bentuknya seperti tombak, para ahli estetika wajah nggak menyarankan kamu untuk melakukannya sendiri di rumah. Karena biasanya mereka menggunakan jarum khusus saat membuat lubang untuk mengangkat komedo. Mengekstraksi komedo dengan cara mencungkilnya ini bisa menusuk kulit dan menyebabkan kerugian yang lebih besar lagi kalau kamu nggak melakukannya dengan benar. 

Lalu, Apakah Kita Butuh Alat Ekstraksi Komedo?

Sebagian besar dokter kulit, akan menyarankan untuk menyerahkan proses ekstraksi komedo pada para profesional , termasuk proses ekstraksi yang menggunakan alat. Karena bisa saja kamu nggak melakukannya dengan benar, sehingga berakhir membuat kulit jadi rusak, infeksi dan parahnya meninggalkan bekas luka yang nggak bisa hilang. 

Opsi lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan dua kapas. Letakkan kedua kapas di kedua sisi dan berikan tekanan lembut. Namun menurut Dr. Joshua Zeichner, seorang ahli kulit di New York, menyarankan untuk nggak memaksa komedo yang susah keluar, dan move on ke yang lain. 

KEBIASAAN YANG BIKIN JERAWAT SUSAH SEMBUH

Metode ekstraksi komedo apa pun yang kamu pilih, pastikan kamu mencuci muka sebelumnya dan jangan lupa cuci tangan sebelum melakukannya. Karena jari-jari yang kotor dapat memindahkan bakteri ke kulit yang dapat memperburuk atau menyebabkan lebih banyak jerawat. Oh ya, pastikan untuk mendisinfeksi alat dengan benar setelah setiap kali digunakan.

Semoga dengan penjelasan di atas, kalian jadi lebih hati-hari ya, saat ingin memencet komedo pada wajah. Nggak ada salahnya lho, mengeluarkan uang ekstra untuk mengangkat komedo yang membandel ini, dibanding melakukan sendiri dan malah bikin kulit rusak. Atau kamu bisa juga menggunakan exfoliating toner untuk mengatasi komedo pada wajah.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment