banner-detik

makeup

Haruskah Mengaplikasikan Makeup Sesuai dengan Tutorial?

seo-img-article

Saya selalu mengatakan kalau makeup itu adalah soal selera dan kenyamanan, jadi personal banget. Apa yang cocok di saya, belum tentu cocok di orang lain, dan sebaliknya. Ini bukan cuma soal style atau pilihan produk ya, tapi juga teknik pengaplikasian.

Dulu saya pernah menulis trend makeup yang nggak saya ikuti. Sekarang saya akan share, teknik-teknik aplikasi makeup apa saja yang banyak disarankan, namun malah membuat pemakaiannya semakin susah untuk saya. Bukan untuk menunjukan bahwa cara tersebut salah ya. Teknik pengaplikasian makeup apapun nggak ada yang salah kok. Saya hanya ingin menunjukkan, bahwa nggak semua teknik aplikasi makeup yang banyak ditampilkan di tutorial itu harus dilakukan. Dan balik lagi, bahwa makeup adalah sesuatu yang personal. Nggak masalah dan nggak perlu bingung kok, kalau cara kita nggak cocok dengan cara yang dipakai banyak orang.

Baca juga: 3 Tips Makeup Beauty Vlogger Yang Tidak Semua Orang Bisa Pakai

Nah, ini dia beberapa teknik aplikasi makeup yang malah mempersulit, menurut saya:

tutorial makeup menyusahkan - Arum (1)

1. Memasang bulu mata dengan pinset.

Ketika pertama kali belajar memasang bulu mata, saya melihat beberapa tutorial dari beauty guru dan makeup artist. Tutorial-tutorial yang saya lihat tersebut, menggunakan pinset sebagai alat bantu untuk memasang fake lashes. Dan sebagai orang yang baru belajar, tentu saya awalnya saya mengikuti cara tersebut.

Jujur, saya belajar memasang bulu mata palsu ini selama berbulan-bulan lamanya, dan nggak pernah bisa. Saya sempat berniat melakukan eyelash extension karena putus asa nggak bisa-bisa memasang falshies. Tapi suatu hari, saya iseng-iseng memasang bulu mata palsu dengan menggunakan tangan saja, tanpa bantuan pinset. Dan, voila! Ternyata saya malah bisa memasang bulu mata palsu dengan rapi dan mudah, ketika saya tidak menggunakan alat bantu berupa pinset.

Hal ini juga berlaku untuk softlens. Saya juga merasa, memasang softlens dengan menggunakan jari tangan yang bersih, jauh lebih mudah dan nggak rawan kecolok daripada menggunakan alat bantu.

Baca juga: 5 Tips Memasang Bulu Mata Palsu Untuk Pemula

 

tutorial makeup menyusahkan - Arum (2)

2. Membaurkan cream blush on dengan beauty sponge.

Iya, saya tahu hampir semua orang memakai beauty sponge mini untuk membaurkan cream blush on. Tapi saya sendiri, lebih suka memakai jari saja untuk membaurkan cream blush on. Membaurkan cream blush on dengan jari akan memberikan hasil yang lebih merata, halus, dan pigmentasi produk juga nggak begitu banyak turun.

Saya sudah mencoba membaurkan banyak cream blush on, dengan berbagai merk beauty sponge. Namun hasilnya nggak ada yang sebaik bila dibaurkan dengan menggunakan jari tangan. Jadi sampai saat ini, saya masih bertahan membaurkan cream blush on dengan jari tangan.

3. Mengaplikasikan brow mascara sebelum pensil alis.

Saya sering melihat beauty guru melakukan hal ini. Di antaranya adalah Desi Perkins yang saya suka banget. Waktu menggunakan sabun batang untuk maskara alis tengah booming, beberapa tutorial pemakaiannya juga menyarankan untuk membuat kaku rambut alis dulu dengan sabun batang, baru kemudian menggambar rambut alis dengan pensil. Tapi saya berkali-kali mencoba cara ini dan nggak pernah berhasil.

Sampai sekarang, yang saya lakukan saat menggambar alis adalah, saya menggambar alis dulu dengan menggunakan pensil alis atau brow pomade, baru setelahnya saya menyisir rambut alis saya sesuai arah yang saya inginkan dengan menggunakan brow mascara atau sabun batang.

Baca juga: Cara Membuat Alis Natural Dengan Pensil Alis

 

Ada nggak makeup tertentu yang belum kamu kuasai cara penggunaannya? Mungkin yang perlu kamu lakukan adalah mengubah cara pengaplikasiannya, dan nggak terlalu terpatok pada tutorial-tutorial yang ada. Barangkali kamu akan menemukan teknik makeup-mu sendiri yang lebih nyaman, mudah, dan sesuai dengan seleramu.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment