banner-detik

haircare

Tips Agar Warna Rambut Lebih Awet

seo-img-article

Punya warna rambut fashion memang seru, tapi sebalnya adalah warna rambut fashion ini mudah sekali pudar. Nah, kali ini saya akan share beberapa cara supaya warnanya lebih awet.

Rambut dengan warna-warna unik memang terkenal sebagai rambut yang high maintenance! Selain perlu menggunakan serangkaian perawatan rambut untuk membantu melembapkan batang rambut yang kering akibat bleaching, kita perlu melakukan touch up warna dua minggu sekali dan touch up akar rambut dua hingga tiga bulan sekali.

Baca juga : 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mewarnai Rambut

Tips Agar Warna Rambut Lebih Awet

Baca juga: Jenis-jenis Pewarna Rambut

Hal yang menyebabkan warna rambut seperti ini cepat pudar ada dua faktor, pertama batang rambut kita yang sudah rusak akibat bleaching, sehingga nggak bisa mengikat warna/pigment dari hair coloring. Kedua, jenis pewarna yang dipakai untuk warna rambut fashion adalah semi-permanent hair dye, yang sifatnya nggak permanen.

Maka dari itu, saat kita memiliki warna rambut fashion, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar warnanya lebih awet. Berikut tipsnya:

Kurangi Frekuensi Keramas

Hal yang paling cepat bikin warnanya pudar adalah keramas. Sebaiknya frekuensi keramas dikurangi menjadi dua atau tiga kali dalam seminggu dan diselingi dengan menggunakan dry shampoo. Namun selain mengurangi frekuensi keramas, perlu diperhatikan juga jenis shampoo yang akan digunakan. Pilih shampoo dengan kandungan SLS sedikit atau shampoo khusus untuk rambut diwarnai. Walau pun tetap ada kandungan SLS di dalamnya, setidaknya kadar SLS ini lebih mild dibandingkan shampoo basic lainnya.

Cat Rambut Warna cepat dan mudah deep dye hair

Deep Dye

Ada baiknya kamu punya stok semi-permanent hair dyeuntuk touch up warna rambut sendiri di rumah. Kalau tujuannya hanya untuk kembali mempertegas warnanya, kamu bisa menggunakan teknik deep dye/ mencampur semi-permanent hair dye kamu ke dalam air, seperti yang pernah saya lakukan di FD Experiment : Campur Cat Rambut dengan Air. Dengan cara ini kita jadi lebhi hemat menggunakan hair coloring dan proses touch up  jauh lebih cepat, paling hanya memakan waktu 10-15 menit saja kok.

Tips Agar Warna Rambut Lebih Awet

Color Conditioner

Kalau memang ingin warnanya konsisten setiap hari, kamu bisa menggunakan colour conditioner. Memang sih, untuk produk ini masih jarang terdengar, karena brand yang punya produk seperti ini juga masih sedikit banget, dan yang paling terkenal adalah Overtone asal Amerika ini. Basically, ini adalah hair conditioner biasa yang di dalamnya sudah ada pigment warna. Jadi ketika menggunakan produk ini, secara instant rambut akan fresh lagi warnanya seperti baru di cat. Penggunaannya sendiri bisa setiap habis kita keramas, layaknya pakai conditioner biasa. Kalau kamu tertarik ingin membeli Overtone ini, kamu bisa PO di Beauty Haul Indo.

Namun, kalau memang on budget banget, sebenarnya kamu bisa kok bikin color conditioner sendiri dengan mencampurkan semi-permanent hair dye dengan hair mask atau conditioner biasa yang kamu miliki di rumah.

Selamat mencoba tiga cara ini ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment