banner-detik

haircare

Wabah Kebotakan Rambut Dini Membuat Warga Cina Gentar

seo-img-article

Rambut adalah mahkota setiap orang, terutama buat perempuan. Rasanya kalau sehari saja ngalamin bad hair day, bisa mempengaruhi mood seharian, apalagi kalau mengalami kebotakan? Total nightmare!

Well, bagi cowok mungkin beberapa bisa mengalami kebotakan ketika usianya menjelang tua. Tapi, berbeda dengan di Cina, warga Cina sedang mengalami wabah kebotakan di usia yang masih muda. Penasaran dengan ceritanya? Yuk, simak artikel ini!

hair-loss-students-china-min

Tahun lalu sebuah survey dilakukan oleh China Association of Health Promotion and Education, menyatakan bahwa 1 dari 4 cowok di Cina berusia 20 hingga 40 tahun mengalami kerontokan rambut. Sedangkan untuk pria yang berusia 30an mengalami kerontokan berlebih dibandingkan dengan usia lainnya. Setahun sebelumnya, ternyata Tsinghua University di Beijing sudah melakukan penelitian serupa, dan mendapati 60% dari 4000 murid yang disurvey, telah mengalami kerontokan rambut. Hmm.. Apa yah yang jadi penyebabnya?

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok untuk Pengguna Hijab

Berdasarkan South China Morning Post, ternyata salah satu faktor terbesar yang menyebabkan kerontokan warga Cina meliputi stress, kekurangan tidur, serta gaya hidup yang nggak sehat. Pernyataan ini ternyata didukung oleh para ahli yang juga mengatakan bahwa insomnia, pattern hidup yang nggak teratur, serta tingkat stress yang tinggi sangat mempengaruhi kerontokan rambut dini.

Yang Shuxia, salah satu dokter di Peking University First Hospital menjelaskan kalau kondisi cemas dan kelelahan yang berlebihan dapat memicu pertumbuhan rambut yang normal. Kondisi ini merupakan kelainan pada kulit kepala yang disebut dengan “telogen effluvium”. Tapi ternyata, nggak semua jenis kerontokan sama. Misanya pattern hair loss, biasanya disebabkan oleh kondisi genetik atau keturunan. Sedangkan Alopecia, biasanya disebabkan oleh kondisi imun.

ce909c4f-5d5c-4b5a-b109-5bf9fff7e6dd_tcm990-290549_w828_h466

Foto: Alopecia Areata

Tapi yang namanya rambut rontok, tentu ada solusinya. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah rambut rontok dini:

1. Healthy Lifestyle

Sekarang tahu kan, kalau salah satu pemicu rambut rontok dini adalah karena gaya hidup yang nggak sehat? Jadi, kalau nggak mau rambutmu rontok, jalanilah hidup yang sehat dengan berolahraga secara rutin, tidur yang cukup, makanan yang bergizi, dan yang terakhir, be happy!

2. Hindari Menguncir Terlalu Erat

Baik low ponytail, cornrows, maupun braids memang bagus sih. Tapi berbagai jenis hairstyle yang dapat menarik rambut terlalu kencang dapat memicu rambut cepat rontok. Jadi kalau memang mau dikuncir, hindari mengikat kencang-kencang hingga rambut kamu terasa ‘ketarik’.

ellips hair vitamin

Baca juga: Tips Anti Rambut Rontok After Workout

3. Jangan Terlalu Sering Mencatok Rambut

Mencatok rambut dengan menggunakan alat pemanas bisa membuat rambut jadi bercabang dan rontok. Kalau memang mau mencatok, hindari penggunaan derajat panas yang paling tinggi, serta pindahkan catokan setiap 10 detik untuk menghindari over-heat di area yang sama.

4. Hati-hati Dengan Cat Rambut

Sama dengan catokan, kamu juga perlu berhati-hati dengan berbagai macam treatment yang kamu lakukan di salon. Treatment seperti bleaching, straightening, atau cat rambut bisa menyebabkan rambut jadi lemah, mudah patah, dan gampang rontok. Kalau memang mau banget ubah gaya rambut, jangan lupa untuk rajin melakukan after-treatment-nya juga untuk menghindari rambut yang rusak. Buat kamu yang bleaching dan cat rambut seperti saya, saya anjurkan menggunakan Olaplex No. 3 untuk membuat rambut tetap kuat.

FD Youtube Thumbnail (6 Produk Haircare Lokal Terbaik)

Baca juga: 6 Produk Haircare Lokal Terbaik | FD Insight

5. Gunakan Essential Oils dan Produk Penumbuh Rambut

Beberapa essential oil seperti wortel, cypress, lavender, dan rosemary memiliki kemampuan regenerative, soothing, dan balancing yang dapat meningkatkan kondisi kulit kepala, sehingga memicu pertumbuhan rambut. Kamu juga bisa menggunakan berbagi shampoo atau produk-produk penumbuh rambut yang bisa kamu pakai!

So, itu dia beberapa tips untuk mencegah rambut rontok. Gimana dengan kalian, apakah ada yang mengalami kerontokan rambut? Bagaimana cara kamu mengatasinya? Share di komen yuk!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment