banner-detik

haircare

Tips Perawatan Rambut Keriting Tipis

seo-img-article

Pernah nggak terpikir oleh kalian kalau perawatan rambut keriting dan rambut tipis itu terbalik 180 derajat? Nah, ini dia tips perawatan rambut keriting tipis yang bisa kamu pelajari kalau kamu memiliki permasalahan yang sama!

 

Tidak semua orang yang terlahir dengan rambut keriting memiliki rambut yang tebal dan bervolume. Ada beberapa orang juga yang memiliki rambut keriting tipis, yang helaian rambutnya memiliki tekstur keriting tetapi tipis. Memang kadang tidak terlalu terlihat karena tekstur keriting memberikan volume. Padahal, jenis rambut keriting dan tipis adalah salah satu tipe rambut yang paling menantang. Terlalu banyak produk dapat membuat rambut jadi lepek, tapi rambut keriting butuh banyak produk pelembap rambut agar tidak kehilangan bentuk dan prone to frizz!

 long-to-short-curly-hair

Hindari Rambut Panjang

Yup, saya selalu menyukai potongan rambut pendek pada rambut keriting tipis saya dibandingkan rambut panjang karena 1 hal: bentuk keriting akan terlihat lebih ‘matang’ jika potongan rambut saya pendek! Semakin panjang rambutmu, maka rambut keritingmu akan semakin jatuh ke bawah dan terlihat tipis.

fine-wavy-hair-600x315

 

Hindari Proses Kimiawi

Berbeda dengan rambut keriting yang biasanya tebal dan ‘kebal’ akan proses kimiawi seperti smoothing dan cat rambut, rambut keriting tipis memiliki helaian rambut yang tipis sehingga lebih mudah mengalami kerusakan. Nggak mau dong rambutmu kehilangan volume alami, flat, dan lifeless?

Screen Shot 2019-10-03 at 10.36.23 AM

Keramas Lebih Sering

Kalau rambut keriting tebal bisa saja keramas 1-2 kali seminggu, rambut keriting tipis justru harus sering-sering keramas untuk membersihkan rambut dari sisa produk rambut dan mencegah terjadinya product build-up. Takut rambut rusak? Ganti shampoo yang lebih lembut dan tidak mengandung SLS agar rambutmu nggak jadi kering!

Homemade Hair Conditioner

Pilih Conditioner dengan Tepat

When it comes to conditioner, less is more. Sah-sah saja kok menggunakan conditioner, hanya saja kamu harus memilih conditioner khusus rambut keriting tipis yang tidak membuat rambutmu flat dan lepek. Ingat, pakainya hanya dari tengah batang rambut sampai ke ujung rambut ya! Salah satu bahan conditioner yang harus kamu hindari adalah silicon dan turunannya karena gampang banget bikin rambutmu jadi lurus dan cepat lepek!

81BHr-pBQ0L

Keringkan Rambut dengan Tepat

Untuk menambah volume rambut, kamu bisa menggunakan hairdyer dan diffuser agar rambutmu tampak bervolume dan terdefinisi. Namun, jika kamu tidak memiliki diffuser, kamu bisa menggunakan teknik plopping atau menggunakan silk bonnet. Selain membantu membentuk keriting, kedua cara ini juga melindungi rambutmu dari kusut lho.

 

70207676_189802192051384_8586683447356873615_n

Gunakan Produk Rambut yang Bebas Silikon

Secara alami rambut keriting membutuhkan lebih banyak pelembap dibandingkan dengan rambut lurus agar telihat sehat dan berkilau. Nah, saya sarankan kamu untuk menggunakan produk bebas silikon seperti Living Proof Perfect hair Day™ Night Cap™ Overnight Perfector sebelum tidur dan Living Proof Perfect hair Day™ 5-in-1 Styling Treatment untuk menata rambutmu.

 

Itu dia 6 tips untuk rambut keriting tipis yang bisa saya bagikan untuk kalian. Percaya deh, saya juga kebingungan di awalnya karena tipe rambut keriting tipis itu termasuk jarang dibahas! Semoga tips dari saya bisa membantu ya! Good luck!

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment