banner-detik

lip stain

Battle of The Week: YSL Lip Tatouage VS Laneige Lip Tattoo

seo-img-article

Siapa sih yang nggak tau YSL Lip Tatouage? Lip stain yang harganya lumayan menguras kantung ini memiliki performa yang luar biasa! Tapi ternyata ada dupe dengan harga yang lebih terjangkau!

Di pertengahan tahun lalu, saya membeli produk bibir yang sold out di mana-mana yaitu YSL Lip Tatouage #16 Nude Emblem. Saya jatuh cinta banget sejak di-review oleh Tati dan ingin sekali mempunyai produk ini. Setelah punya satu pun, saya ingin nambah lagi karena segitu jatuh cintanya! Sayangnya, harganya yang mahal bikin saya maju mundur untuk beli warna lain. Baru-baru ini, tanpa sengaja saya menemukan satu produk lain yang menurut saya performanya sama bagusnya dengan YSL Lip Tatouage, yaitu Laneige Lip Tattoo #8 Sand Rose. Yuk, kita coba bandingkan!

YSL-L7079900-main

 

 

laneige-4397-898729-1

Ingredients

YSL Lip Tatouage

AQUA / WATER ● DIMETHICONE ● OCTYLDODECANOL ● ISODODECANE ● BUTYLENE GLYCOL ● ALCOHOL ● ACRYLATES/POLYTRIMETHYLSILOXYMETHACRYLATE COPOLYMER ● CETYL PEG/PPG-10/1 DIMETHICONE ● TRIMETHYL PENTAPHENYL TRISILOXANE ● DISTEARDIMONIUM HECTORITE ● POLYGLYCERYL-4 ISOSTEARATE ● MAGNESIUM SULFATE ● PHENOXYETHANOL ● ALUMINA ● PROPYLENE CARBONATE ● PEG/PPG-18/18 DIMETHICONE ● SYNTHETIC FLUORPHLOGOPITE ● DISODIUM STEAROYL GLUTAMATE ● CALCIUM SODIUM BOROSILICATE ● ALUMINUM HYDROXIDE ● NIGELLA SATIVA SEED OIL ● CALCIUM ALUMINUM BOROSILICATE ● BENZYL ALCOHOL ● COLOPHONIUM / ROSIN ● MAGNESIUM SILICATE ● SILICA ● ANISE ALCOHOL ● PENTAERYTHRITYL TETRA-DI-T-BUTYL HYDROXYHYDROCINNAMATE ● TOCOPHEROL ● PARFUM / FRAGRANCE ●

Laneige Lip Tattoo

WATER / AQUA / EAU, DIMETHICONE, ISODODECANE, OCTYLDODECANOL, TRISILOXANE, BUTYLENE GLYCOL, CETYL PEG/PPG-10/1 DIMETHICONE, POLYGLYCERYL-2 DIISOSTEARATE, DISTEARDIMONIUM HECTORITE, ACRYLATES/POLYTRIMETHYLSILOXYMETHACRYLATE COPOLYMER, DIISOSTEARYL MALATE, 1,2-HEXANEDIOL, POLYGLYCERYL-2 TRIISOSTEARATE, CAPRYLYL GLYCOL, ETHYLHEXYLGLYCERIN, DISODIUM EDTA, POLYHYDROXYSTEARIC ACID, PENTAERYTHRITYL TETRA-DI-T-BUTYL HYDROXYHYDROCINNAMATE, TOCOPHEROL, FRAGRANCE / PARFUM

Kedua ingredients list di atas diambil dari website masing-masing produk dan saya bisa menyimpulkan bahwa kedua produk ini mengandung bahan yang hampir sama satu dengan lainnya. Di bagian tengah terdapat beberapa perbedaan yang pada akhirnya membuat tekstur YSL dan Laneige terasa berbeda, meskipun diakhirnya ya sama-sama matte.

 

Tekstur

WhatsApp Image 2019-10-01 at 22.49.32

Nah, melihat ingredient list di atas rasanya gak lengkap kalau tidak membahas tekstur keduanya. YSL Lip Tatouage memiliki tekstur cair yang mudah meresap dan cenderung lebih tipis. Ketika dipulas ke bibir, langsung meresap, menjadi kering, dan nggak patchy. Oh iya, aroma khas YSL lipstick juga ada di produk ini lho, yaitu aroma mango.

Laneige Lip Tattoo sendiri bertekstur cair yang cenderung sedikit lebih kental seperti gel. Jika dibayangkan teksturnya seperti Peri Pera Lip Ink dicairkan—sedikit moussey tapi juga tidak sekental mousse. Hal ini membuat Laneige Lip Tattoo cenerung lebih mudah dibaurkan seperti lip gloss dan patchy, blending is a must!

Dari tekstur ini sendiri saya bisa menyimpulkan:

  1. YSL Lip Tatouage memberikan hasil yang lebih sheer tetapi mudah meresap dan memberikan kesan matte lebih lama.
  2. Laneige Lip Tattoo dapat digunakan di bibir, pipi, dan mata sebagai eyeshadow karena lebih mudah dibaur. Selain itu juga Laneige Lip Tattoo dapat dibuat seperti lip tint maupun liquid lipstick.

Packaging

YSL sih nggak perlu ditanya lagi mengenai packaging, sudah pasti terlihat luxurious sesuai dengan harganya! Kenapa? Satu, YSL terbuat dari plastik yang doff dan tutup emas. Dua, YSL tidak perlu menampilkan tulisan apapun tapi semua orang sudah tau bahwa itu adalah produk YSL! Plus, kemasannya bikin kamu langsung tahu warna produknya.

Sedangkan Laneige memiliki packaging yang mirip dengan YSL tetapi terbuat dari plastik berwarna merah. Sebenarnya sih nggak kalah luxurious, hanya saja warna gold vs merah tentunya lebih terlihat mahal warna gold ya? Di bagian bawahnya terdapat plastik doff yang membuat kita bisa melihat warna produk di dalamnya.

Winner: YSL Lip Tatouage

Applicator

WhatsApp Image 2019-10-01 at 22.49.32 (2)

 

 

WhatsApp Image 2019-10-01 at 22.49.32 (1)Dibekali dengan aplikator yang unik, kedua lip tattoo ini memiliki perbedaan aplikator yang jauh beda. YSL hanya menyebutkan YSL’s exclusive applicator yang memiliki high point of the tip yang mempermudah pembuatan garis bibir dan bagian sebaliknya untuk mengisi bibir. Sedangkan Laneige Lip Tattoo memberi nama aplikatornya “Lip Knife” yang presisi dalam mengaplikasikan produk ke bibir. To be frank, saya lebih suka Lip Knife karena menampung lebih banyak produk. Gak perlu tuh saya bolak balik dip aplikator ke produk untuk mengisi satu bibir. Padahal dari segi presisi, YSL Lip Tatouage lebih baik daripada Laneige.

Winner: Laneige Lip Tattoo

Pigmentation

Urusan pigmentasi, kedua produk ini sama-sama bikin saya tergila-gila sih! YSL Lip Tatouage sukses menutupi warna bibir saya yang tidak merata hanya dengan satu kali pulas. YSL Lip Tatouage juga lebih cepat kering dibandingkan dengan Laneige Lip Tattoo. YSL Lip Tatouage juga meninggalkan stain di bibir.

Sebaliknya, Laneige Lip Tattoo memiliki play time yang lebih panjang daripada YSL sehingga saya bisa berkreasi membuat ombre lips ataupun gradient lips menggunakan produk ini. Sedangkan untuk pigmentasi, produk ini dapat menutupi warna bibir yang tidak rata dengan satu kali puas, Namun, jika kamu ingin mendapatkan full color lips, kayaknya sih kamu harus pulas 2 kali. Untuk warna-warna tertentu, Lip Tattoo ini akan meninggalkan stain. Sedangkan untuk warna #8 Sand Rose yang saya miliki tidak meminggalkan stain apapun.

Winner: YSL Lip Tatouage

Longevity

 WhatsApp Image 2019-10-01 at 22.49.32 (4)WhatsApp Image 2019-10-01 at 22.49.32 (3)

 

Dalih Lip Tattoo, harusnya sih kedua produk ini dapat bertahan lama di bibir. Di kedua website juga berani mengklaim bahwa produk bibir ini dapat bertahan untuk waktu yang cukup lama. YSL Lip Tatouage sendiri bertahan sekitar 4-6 jam tanpa membuat bibir saya terasa kering. YSL biasanya pudar di area tengah bibir terlebih dahulu dan menyisakan produk di bagian pinggir bibir.

Laneige sendiri memiliki tekstur yang unik sehingga saya bisa jamin produk ini tidak bertahan terlalu lama. Terutama karena saya memilih warna yang cukup terang. Saya sih nggak masalah dengan re-apply, tapi setelah seharian menggunakan lip tattoo ini bibir saya langsung pecah-pecah!

Winner: YSL Lip Tatouage

Final Verdict

Bisa disimpulkan dari battle di atas bahwa ada harga ada barang, memang YSL Lip Tatouage memiliki kualitas di atas Laneige Lip Tattoo. Namun, bukan berarti Laneige Lip Tattoo jelek ya! Saya sih prefer membeli Laneige Lip Tattoo lagi, terutama warna Acai Bowl Red untuk membuat ombre lips karena harganya yang lebih terjangkau yaitu sekitar Rp320.000. Pssst! Kamu bisa mendapatkan harga lebih murah di aneka e-commerce sih. Singkat cerita, saya sih menobatkan Laneige Lip Tattoo sebagai affordable dupe dari YSL Lip Tatouage dan boleh banget kalian coba sebelum membeli YSL Lip Tatouage.

See you next time!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment