banner-detik

bath n body

Yogalates, Olahraga Kombinasi yang Sedang Naik Daun

seo-img-article

Tahun ini sepertinya kelas-kelas olahraga yang menggabungkan satu teknik olahraga dengan olahraga lain kian menjamur. Sebut saja piloxing, kombinasi pilates dan boxing, yogabarre, kombinasi yoga dan barre, hingga yang kini makin banyak digemari, yogalates.

Ya, seperti namanya, yogalates merupakan olahraga yang menggabungkan gerakan-gerakan pada pilates dan yoga. Jika mengikuti olahraga ini, kamu akan merasakan manfaat dari gerakan strengthen ala pilates, serta flexibility yang biasa didapatkan pada gerakan yoga. Tertarik mencoba? Yuk, ketahui dulu serba-serbi yogalates berikut ini.

Apa itu Yogalates?

yogalates

Yoguilates, atau yang lebih dikenal sebagai yogalates, pertama diciptakan tahun 1997 oleh seorang instrukrtur bernama Jonathan Urla dan selanjutnya dikembangkan oleh Louise solomon. Setiap sesi yogalates didesain untuk meningkatkan kekuatan dan elastisitas tubuh. Olahraga ini sangat dianjurkan untuk orang yang sedang mengalami stres dan aman pula untuk dilakukan oleh orang yang mengalami gangguan tulang seperti osteoporosis.

Baca juga: Berbagai Jenis Yoga untuk Kondisi Tubuh

Dalam satu sesi yogalates, yang biasanya memakan waktu 30-60 menit, gerakan tubuhmu akan banyak berfokus pada area abdominal, bokong, serta bagian lower back tubuh kita. Sesi yogalates dimulai dengan gerakan yoga tradisional berupa warming up, peregangan otot, meditasi ringan serta latihan pernapasan. Selanjutnya intensitas gerakan akan meningkat perlahan menjadi gerakan pilates tanpa menggunakan alat.

Manfaat yogalates

POWER YOGA

Yogalates memanfaatkan koneksi antara tubuh dan pikiran untuk memperbaiki postur, emosi, serta level spiritual dari seseorang. Dengan gerakannya, yogalates ampuh untuk meregangkan otot tubuh, membuat badan lebih kencang, memperbaiki postur hingga melancarkan peredaran darah. Selain itu, olahraga ini juga dipercaya untuk memperlancar proses metabolisme, sehingga apabila dikombinasikan dengan nutrisi yang baik sangat efektif untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Tak hanya soal fisik, penggiat yogalates juga merasakan perubahan signifikan pada mentalnya. Karena gerakannya membutuhkan konsentrasi serta kontrol penuh pada setiap tarikan napas dan gerak tubuh, penggiat yogalates dapat merasakan perasaan rileks yang instan pada tubuhnya setiap menuntaskan suatu gerakan. Peredaran oksigen pada darah pun terbukti lebih lancar setelah mengikuti kelas ini, sehingga sangat bermanfaat untukmu yang memiliki kesulitan untuk tidur.

Baca juga: Asyiknya Berlatih Yoga Bersama Yogi Ternama Langganan Selebriti

Pada akhirnya, yogalates merupakan alternatif menarik yang patut dicoba bagi kamu yang ingin mencoba olahraga yoga serta pilates. Beberapa pakar seperti Urla sendiri, merasa bahwa proses menggabungkan yoga dan pilates tak akan mendapatkan hasil maksimal yang diharapkan dari kedua olahraga tersebut. Namun menurutnya, yogalates bisa jadi olahraga yang cocok bagi mereka yang pemula maupun yang memiliki keterbatasan untuk melakukan yoga dan pilates secara terpisah. Asal dilakukan dengan pengawasan instruktur yang ahli dalam bidangnya, yogalates pasti akan membawa pengaruh baik pada tubuhmu. Selamat mencoba!

 

 

 

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment