banner-detik

beauty school

Skincare Cowok Nggak Harus Ribet!

seo-img-article

Sudah bukan hal yang perlu diperdebatkan lagi kalau skincare itu penting. Nggak hanya untuk Siti, Gendis, dan Ayu, tapi juga untuk Bambang, Michael, Rizky, dan Ahmad. Namun, kenapa ya kaum Adam ini memang default-nya malas untuk urusan yang satu ini. Ribet, mahal, makan waktu, menjadi sedikit dari banyak alasan untuk tidak mengurus kulit, apalagi kulit muka.

 

Padahal kalau ditilik-tilik, mas-mas kaya saya ini katanya lebih aktif berkegiatan dari mba-mba. Katanya lho ya! Cowok lebih mudah berkeringat, hasilnya, kotoran lebih mudah melekat ke kulit. Cowok juga sering beraktivitas di luar ruangan, artinya, paparan sinar UV langsung menerpa kulit. Cowok naik motor gede, yang kalau lupa pakai helm, selesailah sudah. Kebayang deh debu dan kotoran yang nempel di muka. 

Tapi kan cuci muka. Yang penting pulang kerja cuci muka, bersih deh. 

Kok tahu bersih? Iya, minyaknya hilang… muka terasa bersih dan “kencang.”

Saya paham betul bahwa kebanyakan cowok pengen segala sesuatu yang serba simple. Cepat, nggak pake repot. Lalu pertanyaannya, apa bisa skincare cowok dibikin nggak ribet? Jawabannya: bisa!

Baca juga: Ilmu Skincare Menarik Dari Cowok

Cowok Cobain 10 Step Skincare Korea| #FDDudes-2

Master The Basic

Oke, kita balik lagi dulu ke basic ya. Doing the basic worked for me. Karena saya pisahkan, mana yang harus saya prioritaskan dan mana yang nice to have. Perawatan kulit dasar itu bisa dibagi menjadi tiga: cleansing, moisturizing, and protecting

Tenang, ketiga aspek ini bisa dibikin nggak ribet kok. Dengan makin berkembangnya teknologi dan semakin tingginya kesadaran orang untuk merawat kulit, brands di luar sana juga berlomba-lomba menggaet segala jenis pasar; termasuk juga pasar orang-orang yang mungkin secara budget sudah mampu, tapi mereka #menolakribet.

Baca juga: 5 Rekomendasi Lip Balm Untuk Cowok

Salah satu alternatifnya adalah menggunakan produk dengan aplikator spray atau semprot. Ini juga merupakan salah satu tipe produk favorit saya. Karena hanya tinggal buka botol, semprot, puk-puk, and you’re done. Selamat tinggal lengket-lengket di tangan paska aplikasi produk.

skincare cowok

Jangan Lupa Bersihkan Muka

Namun sebelumya saya mau buat pengecualian ya. Yaitu untuk cleansing products. Please… kalau yang ini jangan didiskon yah. Please use proper facial wash, karena ini bisa dibilang step yang paling penting. Setelah seharian di luar ruangan, berkeringat, debu, sisa sunscreen.. semua harus dihempas bersih dengan cleanser yang baik.

Salah satu favorit saya adalah Innisfree Green Tea Foam Cleanser. Produk ini bisa dengan maksimal membersihkan kotoran tanpa membuat kulit kering dan sensasi “ketarik”. Produk lain yang “enteng” tapi efektif mengangkat kotoran buat saya adalah Sukin Foaming Facial Cleanser. Sukin ini memang terkenal dengan claim all natural mereka. Sabun muka yang satu ini mengandung chamomile, aloe vera, dan green tea. Bahan-bahan yang cocok kalau kamu punya kulit sensitif, bagus untuk menenangkan kulit, dan bisa digunakan setiap hari.

Baca juga: Apa Aja Sih Skincare Buat Cowok?

Cari Pelembap Yang Nggak Ribet

Nah, setelah cuci muka, kalau memang belum mau mainan toner, essence dan serum, please jangan skip moisturizer. Kelembapan adalah koentji dari kulit yang sehat. 

“Ah tapi kan kulit gue berminyak… pakai moisturizer ntar tambah lengket dan minyakan”

Nah ini salah satu mitos yang harus diluruskan. Keeping your skin moist will actually reduce oil production in your skin. Karena kulit akan “merasa” bahwa kondisinya sudah lembap sehingga mereka tidak akan memproduksi minyak berlebihan.

sioris

Buat yang masih suka malas oles-oles moisturizer cream, ada produk andalan saya nih. Namanya Sioris Time is Running Out Mist. Dari namanya aja udah kebayang kalo ini produk andalan buat yang ngerasa nggak punya waktu atau lagi buru-buru karena ngejar meeting. Diperkenalkan sebagai face mist, produk tinggal semprot ini ampuh banget buat memberikan kelembapan untuk kulit. Kalau diperhatikan, cairan didalamnya seperti terpisah, ada air dan ada minyak. Ini karena memang di dalam produk ini ada komposisi air, namun banyak oil juga seperti jojoba seed oil. Kocok dulu ya sebelum digunakan.

Baca juga: Kenapa Cowok Gampang Jerawatan Di Dagu

sunscreen 2

Protection Juga Masuk Ke Step Skincare Cowok

Langkah wajib terakhir dalm basic skincare adalah protecting. I cannot stress this enough… protecting your skin from UV A and UV B is essential. Namun kembali, banyak sekali yang merasa mengaplikasikan sunscreen itu lengket, berminyak, dan bahkan ada yang meninggalkan kesan warna putih (white cast). 

supergoop

Buat saya, ada satu andalan produk spray-on sunscreen. Defense Refresh Setting Mist Broad Spectrum SPF 50 dari brand Supergoop. Enaknya lagi, mereka sedia travel size yang praktis dan enak buat di bawa traveling. Sunscreen ini sama sekali nggak meninggalkan white cast dan nggak lengket. Yes, there is a slight moisturizing feeling, tapi sama sekali nggak mengganggu. Ada juga beberapa pilihan brand lain seperti Biore UV dan L’Oreal, jadi tinggal disesuaikan saja dengan budget dan ketersediaannya di toko-toko terdekat kamu. Atau, ada juga nih rekomendasi sunscreen nggak lengket buat cowok yang pernah dibahas sama Arinda beberapa waktu lalu.

 

The bottom line is taking care of your skin is important. Nggak usah 10 step Korean skincare, nggak usah seven skin method. Kembali ke basic aja dulu. Trust me, those small three steps I have shared will change the way you project yourself. Ketika kita memberikan perhatian yang cukup buat diri kita sendiri, saya yakin kita akan dapat lebih baik memberikan perhatian ke orang lain.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment