Persiapan Pernikahan Dari Ujung Kepala Ke Ujung Kaki

Kamu sedang di tengah kesibukan persiapan pernikahan? Yaaaay! Selamat! Ini dia hal-hal yang perlu kamu persiapkan untuk tampil prima di hari pentingmu!

6 Bulan Sebelum Hari H

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mulailah mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B kompleks, C, dan sayuran hijau. Makanan yang kaya akan vitamin B kompleks seperti ikan, kacang, dan telur akan membantu membuat rambutmu tampak sehat dan berkilau alami, sedangkan sayuran hijau membantu melancarkan pencernaanmu dan tentunya memiliki manfaat bagi kulitmu. Vitamin C sebaiknya dikonsumsi 500mg/hari agar kamu terhindar dari flu. Ada baiknya juga kamu mulai rutin berolahraga 3 kali dalam seminggu. Jika tujuanmu adalah menurunkan berat badan, tambahkan intensitas olahraga hingga 5 kali seminggu.

3 Bulan Sebelum Hari H

PERSIAPAN PERNIKAHAN2

Jika kamu memiliki masalah dengan kulit yang cukup kompleks, inilah waktunya untuk kamu mengunjungi dokter kulit. Utarakan harapanmu pada dokter kulit dan beri tahu bahwa kamu akan melangsungkan pernikahan sebentar lagi, sehingga kamu menghindari obat yang mengandung roccutane dan membuat kulit jadi ‘bersih kesat’. Kalau punya budget lebih sih, ada baiknya memulai perawatan kulit di klinik kecantikan terpercaya seperti laser, microdermabrasi, HIFU, dll. Treatment seperti itu butuh waktu dan tentunya nggak bisa instan!

Sebenarnya tidak wajib sih, tapi saya menyarankan para brides-to-be untuk melakukan pijat dan luluran dua minggu sekali untuk membantu meratakan warna kulit. Ngaku deh, pasti ada kan bagian tubuh yang belang karena penggunaan jam tangan, baju lengan pendek, atau bahkan bikini line?

2 Bulan Sebelum Hari H

PERSIAPAN PERNIKAHAN 11

Kamu akan menikah dengan menggunakan selop atau sepatu terbuka? Yuk, mulai rawat kulit tumitmu dengan pumice stone atau foot scrub! Ada baiknya juga menggunakan krim pelembap seperti Viva Cosmetics Skin Food di seluruh kakimu, kemudian tutup dengan kaus kaki, dan biarkan semalaman.

Oh iya, daerah leher dan dada atas juga tidak boleh terlewatkan ya. Gunakan face scrub untuk menggosok area leher dan dada atas setiap dua hari sekali. Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen di kedua area tersebut!

1 Bulan Sebelum Hari H

PERSIAPAN PERNIKAHAN 3

Hari H sudah semakin dekat dan kamu harus semakin rutin melakukan perawatan pra-nikah! Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan facial dengan ekstraksi. Yup, H-30 adalah waktu terakhir untukmu melakukan facial dengan proses ekstraksi. Boleh-boleh aja sih facial setelah itu, tetapi pastikan kamu melakukan facial yang gentle, misalnya hydradermabrasion facial di Surface Skin Habit.

Sisakan waktu untuk melakukan perawatan kulit kepala dan deep hair conditioning treatment menggunakan minyak kelapa dan essential oil. Kamu bisa memilih rosemary essential oil untuk membantu regenerasi rambut baru atau tea tree essential oil untuk membantu mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

Beberapa orang juga memilih mengikuti paket pre-wedding di salon. Mulailah melakukan treatment tersebut setiap minggunya, daripada dikebut setiap hari sebelum hari H.

Kamu juga harus menyiapkan waktu tidur yang rutin. Biasakan tidur 8 jam sehari agar kamu terbebas dari masalah seperti kantung mata dan stres!

3 Minggu Sebelum Hari H

PERSIAPAN PERNIKAHAN 12

Berhenti menggunakan skincare baru! Stick to you holy grail supaya tidak ada muncul masalah baru di kulitmu. Jangan lupa untuk mengonsumsi banyak cairan, tapi yang pasti bukan boba ya! Kamu juga bisa menggunakan sheet mask secara rutin agar kulitmu berada pada titik primanya.

2 Minggu Sebelum Hari H

PERSIAPAN PERNIKAHAN 4

Ingin memutihkan gigi? Inilah saatnya! Kunjungi dokter gigimu dan mintalah untuk melakukan pembersihan karang gigi dan proses pemutihan gigi. Namun, setelah melakukan pemutihan gigi, pastikan kamu tidak mengonsumsi makanan dan minuman berwarna secara berlebih seperti teh dan kopi.

Break in to your shoes is also important! Gunakan sepatu yang akan kamu gunakan di hari H di dalam rumah agar kamu terhindar dari blisters atau lecet di hari H.

1 Minggu Sebelum Hari H

PERSIAPAN PERNIKAHAN 10

Sebaiknya beri jeda 2 hari setelah dan 3 hari sebelum body scrubbing untuk waxing. Saya sih prefer mengambil paket full body di Wax Haus dan menghilangkan semua bulu-bulu di tubuh saya, termasuk threading alis! Setelah waxing, jangan lupa untuk menggunakan aloe vera gel untuk menenangkan kulit dan hindari mandi menggunakan air hangat ya!

Di kepercayaan Sunda dan Jawa, ada ritual yang mungkin bisa kamu ikuti yaitu puasa mutih. Puasa mutih yang dimaksud di sini adalah hanya mengonsumsi nasi putih dan air putih. Itupun nasi hanya boleh 1 genggam tangan. Kalau air putih ya silakan minum secukupnya. Puasa mutih dipercaya dapat membuat auramu lebih terpancar. Ada yang melakukan puasa mutih 3 hari, 7 hari, bahkan 40 hari sebelum acara. Kalau saya sih menyarankan 3 hari saja agar kebutuhan gizi kamu tetap terpenuhi. Nggak mau dong, pas nikah malah tumbang?

Mulai Deg-degan? Ini Yang Harus Kamu Lakukan di H-1!

PERSIAPAN PERNIKAHAN 5

Pertama adalah melakukan manicure dan pedicure! Lebih baik lagi kalau kamu berniat menggunakan nail art. Jangan lakukan manicure, pedicure, dan nail art terlalu jauh dari hari H karena risiko rusak lebih tinggi.

Ada baiknya juga kamu tidur lebih cepat karena besok akan sangat melelahkan terutama kalau kamu harus bangun pagi-pagi untuk makeup!

Hari H

PERSIAPAN PERNIKAHAN 6

Setelah kamu mandi, gunakan sheet mask dengan kandungan pelembap seperti SK-II Facial Treatment Mask sebelum berdandan agar makeup kamu benar-benar menempel sempurna! Sisanya? Serahkan pada MUA dan ahlinya, kamu tinggal menikmati kerja kerasmu selama 6 bulan ini deh!

Selain perawatan-perawatan di atas, kamu juga sebaiknya rutin melakukan meditasi atau kegiatan lainnya yang membantu melepaskan penat. Persiapan pernikahan itu nggak mudah, terutama kalau kamu tidak menggunakan wedding organizer. I wish you all the best of luck for your weddings!