banner-detik

haircare

Trik Styling Rambut 3 Hari

seo-img-article

Dengan jadwal cuci rambut tiga hari sekali, trik styling selama tiga hari ini bikin rambut terlihat fresh terus.

Tentu sudah banyak yang tahu, bahwa sebaiknya tidak mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut setiap hari akan merusak kelembapan alami dari rambut dan kulit kepala, sehingga rambut jadi kering dan tidak sehat. Saya sudah lama menghentikan kebiasaan mencuci rambut setiap hari, dan saat ini jadwal keramas saya adalah 3 hari sekali.

Tapi kalau nggak keramas setiap hari, rambut lepek dan penampilan jadi tidak menarik dong? Apalagi buat yang setiap hari harus keluar rumah atau kerja kantoran. Rasanya nggak pede kan, kalau rambut lepek dan berminyak? Saya sendiri menyiasati hal itu dengan tehnik styling rambut yang tepat. Styling ala saya ini mudah, cepat, dan bisa menyamarkan rambut yang lepek.

 

Hari Pertama

Hari pertama atau hari ketika keramas, tentu nggak perlu banyak effort ya. Setelah keramas, rambut tentunya lebih mudah diatur, nggak lepek, dan sudah pasti wangi. Jadi setelah keramas, saya biasanya hanya melakukan blow dry saja dengan hair dryer dan sisir blow.

Atau bahkan kalau rambutmu adalah tipe rambut yang lurus dan mudah di atur dari sananya, nggak perlu blow juga sudah bisa rapih. Habis keramas, cukup pakaikan hair serum, lalu sisir rambut dengan detangling hair brush.

 catok awet (3)

Hari Kedua

Nah, hari kedua ini biasanya sih rambut mulai sedikit “kempes”, namun masih rapi. Untuk memberikan kesan lebih ber-volume, pada hari kedua ini biasanya saya mencatok ikal bagian ujung-ujung rambut saya. Cara tersebut sudah secara instan memberikan kesan rambut lebih tebal. Mencatok rambut di hari kedua begini juga lebih mudah dibandingkan langsung dicatok di hari pertama. Biasanya rambut lebih mudah dibentuk dengan catokan, dan anak rambut juga nggak terlalu banyak yang berdiri. Oh iya, jangan lupa untuk menyemprotkan heat protector dulu pada bagian batang rambut yang akan di catok ya.

Baca juga: Gimana Cara Merawat rambut Yang sering Dicatok?

Bila merasa bagian akar juga butuh tambahan volume, ada triknya juga. Caranya tundukkan kepala agar rambut tergerai terbalik. Sisir sedikit bagian akar menggunakan jari, lalu balikkan kembali kepala, dan rapikan rambut dengan menggunakan jari lagi.

Kalau sudah hari kedua begini, sebaiknya hindari penggunaan sisir yang terlalu sering pada bagian akar rambut. Terlalu sering menyisir rambut akan merangsang kelenjar minyak di kulit kepala, sehingga bagian akar rambut jadi terlihat berminyak.

 

Hari Ketiga

Hari ketiga adalah saat rambut sedang lepek-lepeknya, atau bisa dibilang bad hair day. Tapi tenang saja, bisa disiasati kok. Hari ketiga begini adalah saat yang tepat untuk menata rambut dengan gaya poni tail, cepol, atau kepang. Kalau kamu punya poni (bang), bagian poni ini bisa di-blow out atau di-rol ke arah luar agar tetap rapi dan ber-volume.

Tapi kalau mau effort dikit dan memang ingin tetap menggerai rambut, kamu bisa menggunakan dry shampo dan catok genteng untuk memberikan ekstra volume di bagian akar rambut saja. Dry shampo juga ngasih aroma yang enak di rambutmu, karena tentunya hari ketiga, aroma sampo sudah menghilang dari rambut. Untuk ujung rambut, biasanya sih rambut saya masih ber-volume karena hari kedua sudah dicatok ikal. Paling cuma sedikit merapikan beberapa bagian yang loss saja.

Baca juga: Tips Catokan Awet Tanpa Hair Spray

Body Dry Shampoo

Biasanya begitu sih “jadwal” styling rambut ala saya. Pengaturan ini juga membantu saya agar rambut nggak terlalu sering dicatok dan pakai dry shampoo. Saya kalau pakai dry shampoo nggak bisa dibawa tidur, karena besoknya pasti kulit kepala saya gatal-gatal. Makanya pakai dry shampoo di hari ketiga saja, pas jadwalnya saya sudah mau keramas.

Semoga cara styling rambut ala saya ini bisa membantu ya.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment