banner-detik

eco friendly

50+ Brand Kecantikan Tanpa Microplastic

seo-img-article

Seberapa akrab kita dengan sertifikasi di industri beauty yang umum kita lihat di kemasan produk kecantikan? Sekilas seperti stempel sertifikasi biasa, namun pernah nggak kamu benar-benar kepoin artinya?

Saya sendiri cuma hafal beberapa saja, EWG, PETA, Vegan, ECOCERT-COSMOS. Di antara ratusan sertifikasi, ada satu label yang menarik perhatian saya yang berhubungan dengan eco-friendly beauty, yaitu Look For The Zero.

Zero Plastic Inside

Apa itu Look For The Zero?

Sertifikasi ini memiliki arti bahwa produsen menjamin produknya 100% bebas microplastic. Hal ini diinisiasi oleh Beat The Microbead sebuah lembaga non profit yang didukung oleh UNEP (United Nation Environment Programme) sejak tahun 2015 lalu. Nah, yang menarik sertifikasi ini gratis lho untuk cosmetic & personal care brands, jika mampu membuktikan bahwa ingredients atau bahan yang digunakan bebas microplastic dan menandatangani pernyataan:

“We as a producer declare that all of our products from the brand […] are 100% microplastic free”. 

Zero-Plastic-Inside-Female-Daily-1

Ingredients apa saja yang termasuk microplastic?

In general, microplastic sering disamakan dengan the classic microbeads yaitu butiran yang tidak dapat terurai dengan ukuran kurang dari 5mm terbuat dari plastik, yang sering terdapat di produk scrub, odol, facial wash, dan masker. Namun, ternyata masih ada ratusan jenis microplastic tidak kasat mata yang dapat bermuara dan menjadi polutan di lautan. Nama-namanya juga sering kita jumpai di balik label ingredients skincare kita juga lho, ini beberapa yang umum kita jumpai:

Polyethylene (PE), Polypropylene (PP), Polyethylene terephthalate (PET), Polymethyl methacrylate (PMMA) or Nylon, Polyurethane, and Acrylates Copolymer.

Segini saja? Oh, tentu tidak. Ada lebih dari 500 jenis microplastic yang sudah dalam kategori red flag (termasuk dimethicone, carbomer, oh no!) dan ratusan lagi masih dalam kategori skeptical karena masih dalam proses pengumpulan data.

Lalu, brand apa yang benar-benar bebas microplastic?

Nah, berikut ini adalah brand yang memiliki sertifikasi Zero Plastic Inside yang bisa kamu kepoin produknya. Psstt.. ada Trilogy, lho!

Zero Certified Brands

Gimana, ada brand favorit kamu nggak? Walaupun belum disiplin dalam hal bebas microplastic tapi saya sudah mulai memberi limit microplastic kepada produk skincare yang saya gunakan. Menurut saya tidak ada produk yang 100% sempurna, sama seperti manusia nobody’s perfect.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment