banner-detik

acne blemishes

6 Tips Mengendalikan Produksi Minyak di Wajah

seo-img-article

Kalau kamu malas bergantung lagi sama mattifying powder dan blotting paper, ini saatnya untuk membuat perubahan. Baca terus untuk melihat tips mengendalikan produksi minyak di wajah, untuk jangka waktu lama.

Buat kamu yang terlahir dengan jenis kulit berminyak, jangan khawatir, karena kamu nggak selalu berhadapan dengan itu selamanya. Tips mengendalikan produksi minyak di wajah ini mungkin bisa kamu coba segera untuk menjaga kelebihan minyak di wajah.

Cleansing Oil

1. Mulai gunakan oil cleanser

Jika kamu belum beralih, ini bisa jadi momen yang pas untuk menginvestasi ke oil cleanser. Tahu nggak sih, kebanyakan orang yang memiliki kulit berminyak cenderung menghindari oil cleanser karena mereka percaya kalau menggunakan produk berbasis minyak akan membuat kulit mereka lebih berminyak.

Tapi coba deh pikirkan seperti ini: Air menarik air, dan minyak menarik minyak. Kamu membutuhkan minyak untuk memecah minyak dengan benar. Nah, menggunakan oil cleanser akan menghilangkan minyak berlebih tanpa membuat kulit kamu jadi kering dan kencang.

Baca juga: Moisturizer Untuk Kulit Berminyak Harus Ringan?

Facial-Scrub

2. Hindari pembersih yang keras

Rata-rata orang yang memiliki kulit berminyak condong memilih pembersih yang bikin wajah terasa bersih dan kesat. Namun sebenarnya, pemilik kulit berminyak perlu melakukan hal yang sebaliknya. Jika kamu menggunakan pembersih semacam ini, terutama yang mengandung SLS alias sodium lauryl sulfate, minyak berlebih di wajah memang akan hilang untuk sementara waktu. Namun hal ini bisa membuat kulit dehidrasi dan kehilangan kelembaban esensialnya.

Menurut informasi yang saya kumpulkan nih, menggunakan produk perawatan kulit yang terlalu kering justru dapat meningkatkan produksi minyak. Nah, gunakan pembersih lembut yang memberi nutrisi pada kulit sehingga bisa menjaga minyak tetap terkendali sambil melembabkan kulit.

Baca juga: Produk Terbaik Untuk Kulit Berminyak

Stop Eksfoliasi Kulit Jika Muncul 3 Tanda-tanda Ini 3

3. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Jika kamu memiliki kulit berminyak, penting untuk melakukan eksfoliasi kulit secara teratur. Kelebihan sel kulit mati nggak hanya akan menyumbat pori-pori tetapi juga membuat kulit dehidrasi. Ini bisa terjadi karena penumpukan sel kulit mati mencegah produk perawatan kulit kamu menembus kulit secara efektif. Akibatnya, kulit jadi kusam dan kering, kemudian minyak alami yang bertugas untuk melumasi kulit jadi nggak menjalankan “tugasnya” dengan baik. Itu sebabnya kulit kamu jadi nggak glowing.

Baca juga: Foundation High-End Untuk Kulit Berminyak

 

4. Jaga Hidrasi Kulit

Tips paling penting dalam daftar ini adalah yang ini: keep oily skin hydrated. Semakin kering kulit kamu, semakin banyak minyak yang dihasilkannya. Jadi, alih-alih menggunakan produk-produk yang terlalu “keras” (yang bikin kulit jadi kesat tadi), atau yang dapat menghilangkan kelembaban pada kulit, pilihlah pembersih wajah yang memberikan hidrasi pada kulit.

Ren Clean Skincare Blemishes Be Gone Set

5. Tambahkan linoleic acid ke dalam rutinitas

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kulit berminyak dan acne-prone skin cenderung memiliki linoleic acid yang lebih rendah di kulit. Linoleic acid pada dasarnya adalah omega 6, asam lemak tak jenuh yang ditemukan di dalam lemak permukaan kulit. Ketika linoleic acid pada kulit rendah, maka minyak di kulit menjadi lebih tebal dan cenderung menyumbat pori-pori. Ini yang jadi penyebab peningkatan produksi minyak dan jerawat. Oleh sebab itu menjaga keseimbangan linoleic acid di kulit akan menyeimbangkan produksi minyak dan membantu mencegah jerawat.

6. Gunakan clay mask setiap minggu

Salah satu produk yang bisa dicoba: Ren Clean Skincare Blemishes Be Gone Set. Satu set anti jerawat ini mencakup clay cleanser dan gel moisturizer yang ringan, menjadikannya cocok untuk siapa pun yang berurusan dengan jerawat atau kulit berminyak. Ia dapat melembabkan, memelihara, dan dan mencerahkan kulit sambil merawat jerawat.

Baca juga: 5 Aturan Memakai Clay Mask

rajin pakai clay mask

Pemilik kulit berminyak perlu mulai mempertimbangkan untuk menggunakan clay mask atau clay foaming cleanser lebih teratur lagi. Clay dapat mengeluarkan minyak dan kotoran serta mengurangi produksi minyak untuk membersihkan kulit secara menyeluruh. Seperti biasa, pastikan untuk tetap menggunakan hydrating products setelahnya supaya kelembapan kulit kamu nggak gampang terkikis dan malah bisa bikin kulit kalian makin berminyak lagi.

Semoga bisa dicoba segera yaa tips mengendalikan produksi minyak di wajah ini. Good luck! 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment