banner-detik

skin care

Tranexamic Acid untuk Hiperpigmentasi Sampai Melasma | Beautypedia

seo-img-article

Ingin mengatasi hiperpigmentasi atau bahkan melasma? Bisa cari produk dengan kandungan tranexamic acid di dalamnya.

Hiperpigmentasi di kulit adalah salah satu masalah yang paling umum. Penyebabnya juga macam-macam, bisa karena sering terpapar sinar UV tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat atau biasa disebut Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH), tapi ada juga yang penyebab utamanya belum ditemukan secara pasti, yaitu melasma. Melasma biasanya terjadi pada ibu hamil, makanya nggak jarang yang menganggap melasma disebabkan oleh hormon. Meski belum jelas, faktor utamanya adalah melanosit yang memproduksi pigmen berlebih.

Untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi, tentunya sudah familiar kan sama glycolic acid, lactic acid, mandelic acid, atau azelaic acid? Kalau kamu sudah mencoba macam-macam acid yang saya sebutkan, namun belum berhasil menyamarkan hiperpigmentasi di wajah, kamu bisa coba cari produk yang mengandung tranexamic acid.

Baca juga: The Ordinary Alpha Lipoic Acid 5%: Serum Antioksidan Terjangkau

Maharis-Sunscreen

Bagaimana sih cara kerja tranexamic acid? Tranexamic acid memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dapat menekan aktivitas tirosinase yang memicu pembentukan melanin di kulit. Selain itu, kandungan ini juga memperlambat transfer pigmen dari melanosit ke keratinosit di epidermis. Tranexamic acid juga dapat memperbaiki skin barrier sehingga kulit lebih kuat menghadapi external stressors. Produk dengan tranexamic acid bisa mengatasi hiperpigmentasi yang sudah terjadi seperti PIH dan melasma, namun juga bisa mencegah kemunculannya. Karena bersifat anti-inflamasi, tranexamic acid biasanya juga diberikan untuk meredakan efek samping dari laser treatments. 

Dari jurnal yang saya baca di Journal of Research in Medical Sciences, melasma dapat berkurang jauh setelah pemakaian tranexamic acid selama 12 minggu yang dibarengi dengan penggunaan sunscreen secara rutin dan menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Berbeda dengan berbagai jenis acid lainnya yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap paparan sinar matahari, tranexamic acid justru nggak menimbulkan efek ini. Namun kerjanya memang akan lebih maksimal bila dibarengi dengan pemakaian sunscreen. Sama seperti kandungan yang mencerahkan kulit lainnya, tanpa sunscreen hasilnya bisa jadi sia-sia.

Baca juga: Bahaya Krim Pemutih Instan yang Wajib Kamu Tahu

Nah, kebetulan produk dengan tranexamic acid yang saya coba pertama kali juga berupa sunscreen, yaitu Maharis Skincare Sublime Sun Defense. Selain sunscreen, kandungan ini juga dapat ditemukan dalam bentuk serum, seperti SkinCeuticals Discoloration Defense dan Good Molecules Discoloration Correcting Serum.

Kamu sudah pernah pakai skincare dengan tranexamic acid?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment