banner-detik

skin care

Skincare Mana yang Sebaiknya Mahal dan Murah?

seo-img-article

Merawat kulit memang butuh dana! Semua pasti setuju kan? Sayangnya, skincare incaran yang kasih klaim menyempurnakan kulit seringnya nggak sanggup dibeli karena harganya selangit. Mau beli yang murah tapi nggak yakin bisa kasih efek bagus? Jadi gimana dong caranya biar satu rangkaian skincare yang dipakai sehari-hari nggak bikin kantong bolong?

Menurut saya, semua cewek memang harus pintar-pintar menentukan anggaran buat perawatan kulitnya. Nggak semua skincare yang kita punya harus mahal atau keluaran desainer kok! Banyak sekali skincare lokal atu drugstore yang bisa bikin kulit jadi lebih kinclong. Tapi, nggak bisa dipungkiri juga kalau banyak skincare mahal yang worthy dan menunjukkan hasil memuaskan.

Nah, biar kamu nggak langsung bokek dan menangis sedih setiap kali selesai berbelanja skincare, kamu sebaiknya mix and match saja. Fleksibel! Jangan anti sama skincare yang murah, tapi juga bisa akrab dengan skincare yang mahal. Ini dia tipsnya!

Skincare Mewah yang Bisa Jadi Investasi

1. Serum

DIOR CAPTURE YOUTH GLOW BOOSTER SERUM

Menurut saya, setiap perempuan rasanya harus punya atau pernah coba, paling tidak satu serum mahal dalam hidupnya. Kalau dibandrol dengan harga tinggi, sebenarnya cukup wajar, karena serum berbentuk concentrate, yang kandungan bahan utamanya tentu lebih banyak dibandingkan moisturizer biasa. Biasanya ada teknologi canggih dan bahan-bahan yang mampu menyulap kulit jadi lebih kenyal, segar, cerah, bahkan bisa menipiskan garis-garis halus. Jadi, kalau kamu sampai harus menabung demi sebotol serum idaman, it’s okay!

Lagipula serum biasanya berbentuk pump atau pipet, sehingga lebih higienis – yang artinya, kalau kamu di tengah jalan ingin menjualnya lagi ke orang lain karena menyesal atau nggak cocok, rasaya tetap sah-sah saja dan nggak jorok.

Tapi, biar nggak menyesal ya sebaiknya baca ingredient dan review baik-baik ya sebelum membeli, biar kamu bisa menyesuaikan dengan jenis kulitmu.

Baca juga: Cara Menghemat Pengeluaran untuk Kebutuhan Kecantikan

2. Cleansing tools

FOREO LUNA 2 FACIAL BRUSH

Membeli cleansing brush mahal dari brand terpercaya wajar untuk dilakukan karena secara kualitas, teknologi, dan bahan pembuatnya pasti akan berbeda dengan yang lebih murah.

Meskipun sudah banyak alat sejenis yang tampak mirip dan dijual bebas bahkan bukan di toko kecantikan, tapi saya sih nggak menyarankan untuk membelinya. Kulit yang kita punya cuma satu lho! Kalau kamu pakai sembarang alat, kulit bukannya jadi bersih dan mulus tapi malah bisa jadi iritasi atau pori-pori jadi makin tampak besar.

3. Produk Anti-Aging

SUNDAY RILEY A+ HIGH DOSE RETINOID SERUM

Buat produk-produk dengan manfaat anti-aging misalnya dengan kandungan retinol atau peptide, kamu bisa beli yang memang benar-benar “serius”, sebagai investasi. Kandungan retinol, peptide, dan antioksidan itu cukup tricky, baik secara penyimpanan dan pengolahan. Produk-produk dengan harga sangat murah tapi mengklaim punya kandungan-kandungan tersebut bisa saja nggak akan terlalu efektif di kulitmu karena sebenarnya konsentrasinya hanya sedikit. Jadi kalau kamu benar-benar serius mencar produk untuk mengurangi kerutan, garis-garis halus, dan noda gelap, kamu bisa beli produk mahal terpercaya.

4. Facial Scrub

FRESH SUGAR FACE POLISH

Facial scrub yang ada di drugstore biasanya kasar di kulit dan mengandung microbeads dari plastik. Selain bahaya bagi kulitmu, juga bahaya untuk lingkungan. Facial scrub dari brand high-end cenderung punya formulasi yang lebih mild dan canggih, misalnya mengolah tumbuh-tumbuhan seperti jojoba seeds, strawberry seeds atau bahan lain untuk jadi scrub alami yang halus dan efektif mengangkat sel kulit mati.

Skincare yang Nggak Perlu Terlalu Mahal

1. Facial Wash

CERAVE HYDRATING FACIAL CLEANSER

Saya sudah coba banyak facial wash yang harganya selangit dan memang hasilnya bikin kulit halusss banget, terasa ringan, wanginya nggak berlebihan, dan nggak bikin kulit kering. Pokoknya sesuai dengan kriteria cleanser idaman saya.

Tapi sayangnya faktor harga tetap nggak bisa dilupakan. Bagi saya facial wash adalah produk skincare yang paling sering dipakai dan cepat habis, jadi frekuensi membelinya juga paling sering. Makanya nggak perlu mahal-mahal biar nggak boros. Banyak kok facial wash bagus yang bisa dibeli di supermarket, drugstore atau mall, bukan di department store mewah. Dalam keadaan darurat misalnya sedang traveling kehabisan facial wash dan harus beli, kamu jadi nggak susah mengeluarkan uangnya. Yang penting, pilih sesuai dengan jenis kulitmu!

2.  Sunscreen

KOSE SUNCUT UV PROTECTION SPRAY

Sama seperti cleanser, ini juga skincare wajib yang penggunaannya amat sering. Senang lho rasanya kalau punya sunscreen yang cocok tapi harganya nggak mahal. Ada banyak sekali pilihan sunscreen bagus di drugstore yang bisa kamu coba. Harganya tentu nggak lebih dari 500ribu! Kamu bisa pilih yang teksturnya gel dan ringan, sehingga terasa nyaman dipakai sehari-hari di cuaca terik dan humid seperti Indonesia.

3. Moisturizer

NEUTROGENA HYDRO-BOOST GEL CREAM

Skincare lainnya yang bisa dihemat adalah moisturizer. Jangan sampai kamu skip pakai produk ini hanya karena kamu belum sempat beli yang mahal dan holy grail kamu. Moisturizer itu sangat basic, harus dipakai sehari-hari biar skin barrier tetap terlindungi dan kulit tetap lembap. Asalkan nggak bikin kamu jerawatan atau bruntusan, sebenarnya sudah bagus. Lebih bagus lagi kalau berhasil bikin kulit terasa lebih halus, lembut, tampak cerah, dan mencegah penuaan dini. Dan saya yakin, pasti kita bisa menemukan beberapa yang cocok di antara barisan moisturizer di drugstore.

4. Sheet Mask

GARNIER SERUM MASK LEMON

Kalau kamu tipe yang suka pakai masker, biasanya kamu juga akan dengan mudah menjadi kolektor sheet mask. Kebayang kan senangnya beli sheet mask sekaligus banyak buat stok di rumah?

Nah, karena hal itulah, bagi saya sheet mask nggak harus mahal. Ada sekian banyak pilihan sheet mask affordable yang harganya nggak sampai 50ribu yang bisa kamu pilih. Kamu bisa membelinya secara teratur dan merasakan hasilnya! Memang sih sheet mask mewah itu rasanya sangat memanjakan kulit dan bikin kulit plumpy secara instan, tapi kalau kamu cuma pakai sekali saja ya nggak akan signifikan kan hasilnya?

 

Semoga setelah membaca tips di atas kamu bisa terbantu dalam mengatur pengeluaran untuk skincare ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment