Semua Pertanyaan Tentang Serum Wajah

Dari banyak pertanyaan tentang perawatan kulit, ada beberapa pertanyaan yang sepertinya selalu muncul. Nah, di sini kami menjawab tentang semua pertanyaan tentang serum wajah. Ya, ritual beauty yang belakangan ini menjadi paling penting dalam perawatan wajah.

Punya masalah tertentu pada kulit wajah atau tidak, serum wajah adalah salah satu produk yang harus dimasukan ke dalam rangkaian skincare kamu. Serum wajah nggak mengandung emulsifier atau emolien, melainkan fokus pada bahan aktif yang membuat skin goals kamu jadi kenyataan. Entah itu ingin menghilangkan dark spot, mempermulus garis-garis halus, mencerahkan kulit kusam, atau memperbaiki skin barrier, jawabannya ada pada serum.

Punya pertanyaan? Di sini kami coba menjawab semua pertanyaan tentang serum wajah yang ingin kamu tahu. Baca terus untuk mengetahui apa, bagaimana, kapan, dan mengapa serum.

fss retinol serum

Baca juga: Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid

Kapan sih sebaiknya menggunakan serum?

Saat menerapkan ritual perawatan kulit, biasanya dimulai dari tekstur yang paling tipis hingga ke yang paling tebal. Oleh karena itu pemakaian serum wajah sebaiknya dilakukan setelah menggunakan produk berair seperti toner dan essence, dan sebeleum produk yang lebih berat seperti pelembab dan sunscreen.

Apa perbedaan antara serum wajah dan ampul?

Secara teknis, ampul lebih terkonsentrasi daripada serum dan bertujuan untuk memberi kulit dorongan penuh ketika membutuhkan perbaikan dan nggak harus digunakan setiap hari. Jadi kalau kamu ingin menggunakan ampul dan serum wajah bersamaan, kamu bisa menggunakan ampul lebih dulu dan serum wajah kemudian.

BSKIN Serum

Apa perbedaan antara serum wajah dan essence?

Perbedaan yang paling mencolok adalah tekstur. Essence formulanya ringan dan cair, sedangkan serum lebih kental. Pembedanya, bisa dilihat dari tujuannya: Tujuan utama essence adalah untuk memberikan lapisan hidrasi ekstra serta mempersiapkan kulit menyerap produk yang bertujuan khusus untuk treatment seperti serum.

Baca juga: 3 Rekomendasi Serum Vitamin C

Apa perbedaan antara serum wajah dan face oil?

Karena biasanya dikemas dalam botol, maka keduanya terlihat serupa. Tetapi ini sebenarnya dua produk ini adalah dua langkah berbeda dalam rutinitas skincare lho. Seperti yang disebutkan sebelumnya, serum nggak mengandung emolien. Face oil, di sisi lain, seringkali terdiri dari sebagian besar bahan emolien. Plus, karena molekul minyak cenderung besar, maka face oil nggak bisa menembus ke dalam wajahm seperti serum. Inilah sebabnya mengapa face oil sangat bagus untuk “menyegel” kebaikan serum.

Kamu bisa mengoleskan face oil sebagai pengganti pelembab (post-serum), atau dengan mencampurnya dengan pelembab kamu untuk perawatan yang lebih intentif.

MS GLOW PEELING SERUM 2

Gimana cara me-layer serum seperti vitamin C?

Kamu mungkin bertanya-tanya, “Gimana kalau saya memiliki lebih dari satu masalah kulit dan ingin memakai serum yang berbeda?” Tenang, sebagian besar serum wajah dapat di-layer dan disatukan, tetapi ada beberapa pengecualian penting.

Ada beberapa bahan aktif yang cenderung kuat pengaruhnya bagi kulit, termasuk vitamin C, retinol, dan pengelupas (AHA dan BHA) yang nggak boleh dicampur atau dilapisi satu sama lain. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakannya secara bergantian. Misalnya, kamu bisa memakai vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari, atau vitamin C pada hari Senin dan AHA di hari Selasa. Nah, ingredients ini sangat cocok dikombinasikan dengan bahan-bahan yang melembapkan dan menenangkan seperti hyaluronic acid, snail mucin, vitamin E, dan centella asiatica.

Berapa lama sih hasil serum wajah dapat terlihat?

Serum wajah yang bekerja baik dapat membuat kulit terasa lebih terhidrasi dan lebih halus, dan terlihat lebih cerah dalam semalam. Tetapi untuk mengatasi skin concern lain seperti hiperpigmentasi dan mengurangi tanda-tanda penuaan butuh sedikit kesabaran. Mungkin diperlukan waktu hingga 2 bulan untuk melihat hasil terbaik dari serum vitamin C, atau hingga 6 bulan untuk melihat kerutan berkurang sejak menggunakan serum anti-aging. Please remember, skin care is a journey.

Apakah worth it ngeluarin uang untuk beli serum wajah?

Serum wajah bisa lebih mahal dari pada pembersih, toner, dan essence. Ini disebabkan karena ia memiliki bahan aktif yang lebih tinggi. Bisa dibilang, ada harga, ada “barang”. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pertimbangkan lebih dulu masalah kulit apa sih, yang ingin kamu selesaikan lebih dulu sehingga kamu bisa menemukan serum wajah yang sesuai dengan masalah tersebut.