Apa sih Perbedaan Cleansing Oil dan Cleansing Balm?  

Apa sih Perbedaan Cleansing Oil dan Cleansing Balm?   

Pembersih wajah berbasis minyak atau cleansing oil emang ampuh banget untuk membersihkan wajah dari sunscreen, makeup, sebum berlebih. Bentuknya sendiri ada dua, yakni liquid cleansing oil dan cleansing balm. Pernah nggak kamu bertanya-tanya apa sih perbedaan cleansing oil dan cleansing balm? Saya akan membahasnya di sini.

Baca juga: Cara Double Cleansing Yang Tepat Buat Kulit Sehat

Jika ingin jawaban singkatnya, perbedaan sederhana antara cleansing oil dan cleansing balm adalah dari tekstur dan kemasannya. That’s it. Cleansing oil biasanya hadir dalam bentuk botol dengan atau tanpa pompa. Sementara cleansing balm adalah seperti zat padat dengan tekstur buttery dalam kemasan jar/tub dan dilengkapi spatula untuk mempermudah pemakaian. Kalau bahas dari segi formula, biasanya cleansing balm itu punya tekstur yang lebih rich dibandingkan cleansing oil. Biasanya cleansing balm akan banyak dipilih oleh orang yang pingin melakukan deep cleansing tapi kulit tetap terasa lembap, punya kulit normal, very dry ataupun eczema-sensitive skin, dan biasanya akan terasa terlalu berat kalau dipakai sama orang-orang dengan kulit berminyak atau acne-prone.

Baca juga: Cleansing Oil v Cleansing Balm

Kalau kalian bertanya baiknya pilih yang mana, Sebenarnya tergantung pada preferensi dan kebutuhan kulit masing-masing. Untuk bantu kamu memutuskan satu pilihan, saya rincikan di sini apa sih kelebihan dan kekurangannya masing-masing. FYI, saya ambil dari beberapa informasi yang teman yang memakainya yaa.

Kelebihan dan Kekurangan dari Cleansing Oil

Kelebihan #1: Cleansing oil lebih higienis

Seperti disebutkan di atas tadi, cleasing oil biasanya hadir dalam kemasan botol. Ini berarti formula tersebut tidak terkespos pada udara, tidak seperti cleansing balm yang mana kamu harus memasukkan spatula / jari ke dalam untuk mengambil isinya. Apalagi kadang spatula yang bentuknya kecil itu mudah hilang yaa (let’s face the reality).

Kelebihan #2: Cleansing oil bisa digunakan jadi pembersih kuas makeup

Ya, teman saya pernah menggunakan cleansing oil favoritnya untuk membersihkan kuas makeup dan beauty blender-nya. Hasilnya? Berhasil dan konsisten bersihnya.

Baca juga: DIY Cleansing Oil Yang Harus Dihindari

double-cleansing-products

Kekurangan #1: Cleasing oil gampang tumpah/berantakan

Tergantung dari bagaimana rapinya kamu dalam menata meja dandan yaa. Namun, nggak sedikit orang yang mengeluhkan kalau cleansing oil mereka gampang tumpah jika nggak sengaja ditutup rapat. Alhasil, makeup shelf jadi basah dengan minyak.

Kekurangan #2: Terlalu berminyak

Jika kamu nggak terbiasa mengaplikasikan minyak langsung kulit, pastinya cleansing oil bukan pilihan yang tepat untuk kamu. Oleh sebab itu, cleansing balm adalah pilihan pembersih yang menarik.

clinique-take-the-day-off-cleansing-balm

Kelebihan dan Kekurangan dari Cleansing Balm 

Kelebihan #1: Cleansing balm lebih mudah dibawa bepergian

Formula cleansing balm pastinya nggak bakal menyulitkan kamu ketika traveling dengan cabin bag saat bepergian naik pesawat. Nggak akan ada deh rasa khawatir kosmetik akan disita di bandara. Oh ya, banyak yang menyukai formula cleansing balm karena ia gampang banget dipindahkan ke jar (wadah) kecil saat traveling.

Baca juga: Cleansing Oil Buat Kulit Berjerawat

cleansing balm mudah dibawa traveling

Kelebihan #2: Cleansing balm efektif banget menghilangkan makeup

Yup, secuil cleansing balm di kedua sisi pipi dan dahi bahkan cukup untuk meluruhkan makeup dalam waktu singkat, lho.  Semakin kamu tambahkan dengan cairan, ia bisa beremulsi dan menghilangkan riasan dalam waktu singkat!

Kekurangan #1: Memakai cleansing balm banyak usaha

Hehehe.. kendengarannya malas yaa. Tapi usaha dari mulai buka wadah, menyendok produk dan memijatnya di kulit sampai emulsi kayaknya bikin produk ini kesannya lebih ribet dibandingkan cleansing oil ya. Itulah sebabnya produk ini masih kurang populer dipakai dan kebanyakan masih terbiasa memilih cleasing oil. But trust me, cleansing balm also works like magic!