banner-detik

eco friendly

Kosas, Eyeshadow Cantik Tanpa Menggunakan Mikroplastik

seo-img-article

Kosas, brand asal US ini meluncurkan produk eyeshadownya 2 bulan lalu. Diklaim memiliki formula yang clean, vegan, cruelty free, semua varian warnanya cantik dan cocok untuk beragam skin tone. Menariknya lagi, liquid eyeshadow ini tidak mengandalkan mikroplastik namun tetap bikin mata kamu kelihatan pop dan menarik!

Kosas-10-Second-Eyeshadow-Female-Daily-1b

Kalau biasanya saya menulis tentang topik skincare ramah lingkungan, kali ini saya lagi ketagihan eksplor brand makeup non-mainstream dengan preferensi yang sama. Salah satunya adalah Kosasbrand asal US yang memiliki klaim: free of parabens, phthalates, mineral oil, propylene glycol, phenoxyethanol, synthetic fragrance and never tested on animals.

10-Second Eyeshadow konsepnya water based, memiliki 8 warna funky namun wearable, hassle-free alias mudah digunakan cukup dengan jari (tim eyeshadow kosrek-kosrek mana suaranya?). Nah, disebut 10-Second karena cepat mengering namun nggak rawan creasing atau menyisakan garis kasar di area lipatan mata, malahan dapat di-build intensitas warnanya.

Swatches-Kosas-10-Second-Eyeshadow-Female-Daily

Biasanya efek bersinar dari gliter pada eyeshadow mengunakan mikroplastik (butiran plastik yang berukuran lebih kecil dari 5mm) yang terbuat dari PET (Polyethylene Terephthalate). Material ini sayangnya tidak dapat terurai secara alami dan  ketika terbilas air dapat bermuara dan mengendap di dasar laut. Kelihatannya sepele ya, karena ukurannya nyaris kasat mata, namun membawa dampak buruk untuk lingkungan. Lebih lanjut tentang mikroplastik, kamu bisa baca di artikel ini ya!

Eyeshadow dari Kosas ini memang nggak menggunakan gliter tapi tetap bisa shining, shimmering, splendid dengan menggunakan mineral powder dan pewarna iron oxide. Pada halaman website tentang ingredients Kosas dengan tegas menuliskan bahwa produknya mengandung bahan-bahan aman, dan juga non-toxic.

Kosas Eyeshadow Female Daily

Selain itu eyeshadow ini bisa merawat area mata lho dengan Jojoba Oil, Orange Flower Water, Galactoarabinan yang adalah ekstrak tanaman dari pohon Larch yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan mata. Nah yang perlu diperhatikan ketahanan produk ini terbilang so-so yaitu 4-6 jam jadi untuk hasil yang lebih tahan lama bisa mengggunakan eyeshadow primer, ya!

Dari kedelapan warna ini, hampir semuanya saya suka, walau saya nggak jago makeup tapi melihat formulanya yang ringan dan gampang diaplikasikan dengan jari, jadi pingin cobain deh – terutama yang shade Copper Halo, Fahrenheit – violet burgundy, dan 333 – cool lavender. Dibanderol seharga $28 brand ini bisa kamu beli di official website-nya atau bisa ikut PO di online shop yang spesifik hanya menjual produk clean beauty di Instagram. Selamat mencoba!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment