Another Drama! James Charles Tuntut Wet & Wild Cosmetics?

Setelah bebas dari drama selama beberapa bulan, lagi-lagi James Charles bikin sensasi baru! Kali ini dengan salah satu cosmetic brand, Wet n Wild!

Feud besar-besaran antara James Charles dan Tati Westbrook sudah lumayan lama mereda. Walau nampaknya keduanya tetap nggak on good terms saat ini, setidaknya damage control yang dilakukan oleh James Charles dengan video klarifikasi terakhirnya lumayan berhasil. Dirinya juga berhasil menjadi ‘anak baik’ selama beberapa bulan ini dan jauh-jauh dari drama. Bahkan subscribers-nya yang saat itu turun sebanyak kira-kira 3 juta subscribers, sekarang angkanya sudah mulai meningkat lagi secara stabil. Well done!

Drama selanjutnya yang dibuat oleh James Charles kali ini dimulai ketika Wet n Wild meng-upload tweet-nya sebagai berikut :

Kemudian tweet ini di-reply oleh James Charles :

Baca juga : Kronologi Drama Jeffree Star, Manny MUA, Gabriel Zamora, Laura Lee dan Nikita Dragun

“Ini gila, kenapa palet “BARU”-mu terlihat amat sangat mirip”, ujarnya dalam twitter dan sudah di retweet oleh lebih dari 3000 orang. Memang sih, saya waktu pertama kali liat tweet dari Wet n Wild nggak ‘ngeh’ sama sekali kalo ada yang janggal. Tapi kalau kamu penggemar James Charles, pasti sadar kalau palet terbaru Wet n Wild ini sangat mirip dengan palet kolaborasi James Charles dengan Morphe.  Para fans James Charles ikut me-reply tweet ini dan memberikan beberapa komentar mengatakan bahwa ini pada dasarnya adalah palet James Charles yang dibuat ulang. Bahkan beberapa membujuk James Charles untuk membuat tuntutan terhadap Wet n Wild. James Charles kemudian membuat tweet yang kembali meresponi hal ini sebagai berikut:   

“Ada banyak warna yang bisa dipilih ke dalam sebuah palet eyeshadow, dan saya tidak klaim bahwa warna-warna ini adalah spesifik warna “pribadi” saya. TAPI kalian meng-copy warna dan layout yang sama persis tanpa mencoba menyembunyikannya…? ????????”

Penasaran sama kemiripannya, saya coba googling dan take a close look kesamaan antara palet terbaru Wet n Wild dengan palet Morphe x James Charles yang jadi perdebatan ini. Bahkan ternyata banyak meme-meme yang keluar gara-gara kasus ini. Coba kita liat, kira-kira mirip nggak kedua palet ini? Kalau secara sekilas sih memang mirip banget ya. Bahkan hampir sama warna-warnanya, dan packagingnya-pun mirip! No wonder James Charles lash out karena kasus ini. Balik lagi ke pertanyaan, apakah ini sekedar copycat atau terinspirasi? Untuk merespon segala tweet James Charles dan para fans-nya terhadap tuntutan ‘copycat‘ mereka, Wet n Wild, kalau menurut saya menjawab dengan agak ‘nyeleneh': 

“Yang jelas kami tidak meng-copy harganya :)”

Baca juga: Brand dan Influencer Kontroversial, Masih Mau Dukung?

Jawaban dari Wet n Wild membuatnya seolah-olah mengkonfirmasi bahwa mereka meng-copy palet Morphe x James Charles, tapi dengan harga yang lebih murah. Wet n Wild berlanjut membela diri mereka dengan mengatakan kalau produk yang mereka buat hanya merupakan ‘dupe‘, bukan berarti copy-cat. Tentunya hal ini juga dibantah oleh banyak orang yang mengatakan kalaupun mereka mau membuat yang namanya ‘dupe‘, setidaknya lakukan sedikit perubahan dalam packaging-nya atau urutan warna shade-nya. Ini malah sama persis! Tapi, Wet n Wild bisa-bisanya kembali membantah kalau produk mereka belum launch, jadi belum ada kepastian apakah packaging-nya akan sama dengan palet Morphe x James Charles.

Dalam drama kali ini, banyak yang support James Charles, tapi ada juga yang mengatakan kalau ini hanyalah sebuah karma bagi James. Beberapa bilang dahulu James juga sering mengambil karya orang lain, jadi James nggak berhak marah kalau ada yang gantian mencuri karyanya. Well, kayaknya drama copy meng-copy nggak ada habisnya yah. Some say sekarang sudah nggak ada lagi sih yang namanya originality. Karena pada dasarnya kita membuat segala sesuatunya selalu ‘terinspirasi’ dari hal-hal yang lain. Kasus seperti inipun sudah sering ditemui di beauty industry luar maupun di Indonesia sendiri.

Kalau menurut kalian gimana? Share di komen ya!