banner-detik

lifestyle

Lamaran On Budget, Why Not?

seo-img-article

Meskipun tidak wajib, lamaran merupakan salah satu tahap yang pasti dilewati oleh semua perempuan. Bisa nggak ya merancang lamaran dengan budget minimal tetapi hasil maksimal? 

 

Bisa, kok! Apalagi, sebenarnya sekarang ini tren pernikahan juga mengarah pada gaya yang lebih simpel. Plus, dana yang dimiliki juga bisa dialokasikan lebih ke acara pernikahannya dan kehidupan setelahnya. Jadi, sebenarnya, ada banyak alasan untuk bikin lamaran sederhana tapi tetap “kamu banget” dan nggak kehilangan maknanya. Berikut ini saya berikan beberapa tips untuk mempersiapkan !

Tentukan Anggaran Budget

LAMARAN ON BUDGET 8

Foto: Freepik.com

Sebelum memikirkan konsep dan jumlah tamu, segeralah tentukan siapa yang akan membiayai lamaran ini. Apakah dari pihak perempuan atau pihak laki-laki? Lalu tentukan juga berapa budget yang disepakati. Lamaran on budget sangat memerlukan kepastian budget, sehingga dapat menentukan harga makanan, lokasi, fotografi, dan lainnya. Setelah anggaran telah disepakati, barulah kamu tentukan konsep lamaran.

Jumlah Tamu Sangat Krusial

LAMARAN ON BUDGET 9

 Foto: Freepik.com

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah jumlah tamu, karena ini sangat berpengaruh pada suasana dan juga jumlah katering yang harus dipesan. Tanyakan pada pasanganmu kira-kira berapa banyak anggota keluarga yang akan hadir. Lakukan seleksi dengan baik dan sebaiknya acara dibuat khusus hanya untuk keluarga agar lamaran on budget ini tidak kehilangan kesakralannya.

Tentukan Lokasi Acara

LAMARAN ON BUDGET 5

Foto: Freepik.com

Memang menggunakan rumah sebagai tempat lamaran on budget adalah pilihan yang terbaik. Namun, perlu dipikirkan bahwa lamaran di rumah juga dapat membuat budget-mu bengkak karena dekorasi, tenda, dan sound system! Saya pribadi memilih restoran yang memiliki bangunan unik di daerah Cikini sehingga dekorasi bisa minimalis!

Lakukan Dekorasi Sendiri

LAMARAN ON BUDGET 6

Foto: Freepik.com

Yup! Demi menghemat biaya, saya merangkai bunga saya sendiri. Saya dan pasangan pergi ke Pasar Rawa Belong yang merupakan sentra flora di Jakarta, lalu memesan hand bouquet, table flower, dan standing flower sebagai hiasan lamaran on budget. Jika dibandingkan dengan jasa dekorasi yang bisa mencapai 3 juta, dekor saya hanya menghabiskan sekitar Rp500.000.

Manfaatkan Jasa Keluarga

LAMARAN ON BUDGET 11

Foto: Freepik.com

Oom atau tantemu punya kemampuan public speaking yang oke? Tunjuk sebagai MC! Sepupu biasa mengurus event? Minta bantuan pembuatan rundown! Tetuamu aktif di rumah ibadah? Minta bantuan untuk memimpin doa! Adik sepupu jago fotografi? Minta fotoin! Kamu harus bisa mempercayai dan memanfaatkan skill yang dimiliki keluargamu agar kamu tidak perlu menggunakan jasa MC, Wedding Organizer, pemimpin ibadah, dan fotografer. Sebagai imbalannya, bantu juga saudaramu yang akan mengadakan hajatan!

Hias Seserahan Sendiri

SESERAHAN - THEBRIDEDEPT

Foto: Thebridedept.com

Begitu banyak jasa menghias seserahan yang juga bervariasi dari Rp60.000 hingga Rp200.000 pun ada. Namun, demi menghemat budget, tidak ada salahnya sih menghias sendiri. Toh, seserahan itu hanya digunakan beberapa saat. Kamu bisa menggunakan keranjang eceng gondok, tulle, dan kain satin, serta hias menggunakan dried flower agar seserahanmu terlihat cantik. Siapa bilang lamaran on budget tidak bisa tampil cantik?

Sewa Baju

LAMARAN ON BUDGET 10

Foto: Freepik.com

Mungkin hal ini cukup berat bagi saya yang bertubuh montok atau plus, tetapi untuk kalian yang memiliki tubuh langsing—coba deh cek penyewaan baju seperti Style Theory atau beberapa tempat lainnya. Begitu banyak pakaian formal yang dapat kamu sewa sebagai baju lamaranmu. Jangan lupa untuk mencari promo agar lebih banyak berhemat!

Dandan Sendiri 

LAMARAN ON BUDGET 7

Foto: Freepik.com

Saat ini Makeup Artist untuk lamaran memang sudah sangat banyak dan memiliki variasi harga yang nggak kalah beragam. Sayangnya, nggak semua orang punya budget berlebih untuk makeup di hari pertunangannya. Nggak apa-apa lho makeup sendiri! Kate Middleton pun makeup sendiri bahkan di hari pernikahannya. 😀

Selain bisa berhemat, kamu jadi “memaksa” diri untuk mengasah skill makeup. Kamu bisa belajar sambil nonton Youtube dan cari-cari referensi makeupnya di Instagram atau di Pinterest. Kalau kamu memang niat belajar, hasilnya bisa cantik juga kok! Kamu jadi menghemat budget, dan uangnya bisa ditabung untuk bayar MUA di hari utamanya, yaitu hari pernikahanmu.

 

Nah, ternyata nggak susah kan menyiapkan lamaran on budget sendiri? Memang sih harus mau sedikit repot karena semuanya dikerjakan sendiri. Namun percayalah, hasilnya pasti memuaskan hatimu! Good luck ya!

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment